Cara Membuat Jurnal Penutup Pendapatan dan Beban Tahun Berjalan

Cara membuat jurnal penutup pendapatan dan beban tahun berjalan bertujuan agar entitas dapat mengetahui tingkat pertumbuhan ekuitas setiap periodenya

Konten [Tampil]

Cara membuat jurnal penutup pendapatan dan beban tahun berjalan bertujuan agar entitas dapat mengetahui tingkat pertumbuhan ekuitas setiap periodenya. Perusahaan perseorangan dan perseroan terbatas memiliki perbedaan dalam pemilikan modal yang disetorkan oleh investor dalam laporan posisi keuangannya.

Contoh soal jurnal penutup perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur akan melakukan penutupan terhadap akun nominal. Akun nominal adalah akun yang hanya dipergunakan pada periode berjalan untuk mengetahui tingkatkan profitabilitas dan solvabilitas sebelum pembagian dividen.

Jurnap penutup merupakan siklus akhir untuk memulai sebuah periode berikutnya dan dilaporkan sebagai aset perusahaan. Ayat jurnal penyesuaikan kembali atau jurnal pembalik dibuat karena entitas telah mengakui pendapatan dan biaya yang seharusnya menjadi hak dan kewajiban perusahaan ditahun sebelumnya.

Cara Membuat Jurnal Penutup Pendapatan dan Beban Tahun Berjalan

Apa itu Jurnal Penutup dan Jurnal Penyesuaian Kembali

Pengertian jurnal penutup dan jurnal penyesuaian kembali adalah pencatatan yang digunakan untuk menutup akun sementara atau akun nominal sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan. Akun Akun nominal berkaitan dengan transaksi pendapatan, biaya, harga pokok produksi dan pengambilan pribadi pemilik.

Cara membuat jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan diperlukan sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan. Ketika menyelenggarakan penutupan akun nominal, maka akan muncul akun baru untuk menampung sementara selisih laba dan rugi tahun berjalan yang disebut akun ikhtisar laba rugi.

Jurnal penutup dan jurnal pembalik perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur bertujuan agar perusahaan mengakhiri pencatatan akuntansi keuangan dengan memperhitungkan laba rugi serta prive pemilik modal. Akun riil tidak perlu dibuatkan transaksi penutupan akun pencatatan diperiode berjalan.

Baca Juga: Cara Menyusun Buku Besar Pembantu Hutang dan Piutang

Cara Membuat dan Contoh Soal Jurnal Penutup

Cara membuat dan contoh soal jurnal penutup diawali dengan membuat neraca lajur. Fungsi neraca lajur adalah memudahkan mencari dan memperhitungkan keuntungan dan kerugian ditahun berjalan. Akun prive termasuk akun nominal dan akun modal termasuk akun riil ketika melaporkan informasi keuangan.

Cara membuat jurnal penutup dari kertas kerja pemeriksaan harus dapat mengklasifikasikan akun nominal dan akun riil. Perbedaan akun nominal dan akun riil terletak pada dilanjutkan dan tidak dilanjutkan pencatatannya pada periode mendatang sesuai aturan ketentuan umum perpajakan.

Contoh soal jurnal penutup perusahaan dagang terjadi pada PT Kakraffi yang mendapatkan penghasilan sebesar Rp 41.000.000 dan harga pokok produksi Rp 10.000.000. Investor menarik kembali modalnya sebesar Rp 1.200.000. Bagaimana cara membuat jurnal penutup dari neraca saldo atau balance sheet tersebut?

Baca Juga: Contoh Perhitungan Pajak Impor PPh Pasal 22

Cara Membuat Jurnal Penutup dari Neraca Saldo

Cara membuat jurnal penutup dari neraca saldo setelah penutupan bermanfaat untuk menghasilkan laporan posisi keuangan untuk tujuan pelaporan spt tahunan badan. Penutupan pembukuan perusahaan dagang dan jasa dimulai dengan mengakhiri akun pendapatan, akun beban dan menutup akun prive.

Langkah-langkah membuat jurnal penutup dari neraca saldo bertujuan agar memudahkan akuntan mengetahui kelebihan sistem pengendalin internal perusahaan. Buku besar pembantu utang, piutang dan persediaan dimaksudkan agar entitas dapat melaporkan seluruh pelanggan dan pemasok setiap periodenya.

Cara buat jurnal penutup dan jurnal pembalik dilaksakan dengan memprioritaskan pembayaran kepada pihak eksternal ketika ingin melakukan konsolidasi. 4 langkah dalam proses penutupan pembukuan perusahaan perseorangan bertujuan agar akun ikhtisar laba rugi dapat diperiksa setiap periodenya.

Adapun jurnal penutup yang harus dibuat berdasarkan transaksi contoh soal neraca saldo setelah penutupan adalah

Baca Juga: Perbedaan Akun Nominal dan Akun Riil

Demikian cara membuat jurnal penutup pendapatan dan beban tahun berjalan pada perusahaan perseorangan berupa perusahaan jasa, dagang dan manufaktur. Sistem pengendalian internal memprioritaskan pembayaran tagihan kepada para pemasok dan pelanggan dalam buku besar pembantu piutang dan hutang.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Jurnal Penutup Pendapatan dan Beban Tahun Berjalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel