Contoh Soal Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Contoh soal beban sewa dan sewa dibayar dimuka menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah harus dapat diketahui perbedaannya

Konten [Tampil]

Contoh soal beban sewa dan sewa dibayar dimuka menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Sewa merupakan objek pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 dan pph pasal 23 bergantung pada jenis aset tersebut. Jika sewa selain tanah dan bangunan akan dikenakan pph pasal 23 sebesar 2%.

Perbedaan beban sewa dan sewa dibayar dimuka menjadi salah satu komponen laporan posisi keuangan. Beban dibayar dimuka termasuk akun aktiva yang bersaldo normal debit. Asuransi dibayar dimuka termasuk akun aktiva dan harus dilaporkan pada neraca saldo setelah penutupan untuk pembayaran pajak penghasilan badan.

Bedanya sewa dibayar dimuka dan beban sewa harus melibatkan pencatatan akuntansi keuangan menengah. Bukti transaksi terjadinya sewa tanah dan bangunan adalah akta sewa menyewa yang menyebutkan nominal pembayaran dan jangka waktu sewa guna usaha yang telah disepakati.

Contoh Soal Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Bedanya Sewa Dibayar Dimuka dan Beban Sewa

Bedanya sewa dibayar dimuka dan beban sewa terletak pada pengakuan aset yang belum terpakai. Beban sewa adalah akun untuk mencatat penggunaan aset yang telah digunakan selama satu periode. Sewa gedung termasuk akun nominal yang mengurangi jumlah penghasilan selama satu periode akuntansi yang berlaku.

Perbedaan beban sewa dan sewa dibayar dimuka adalah jangka waktu sewa yang belum selesai. Pada awalnya, sebuah transaksi sewa menyewa akan menggunakan akun sewa dibayar dimuka. Selama penggunaan aset, harus dibuatkan jurnal penyesuaian beban sewa selama masa penggunaannya sebelum neraca saldo diterbitkan.

Pengertian beban sewa adalah biaya penggunaan aset milik pihak ketiga untuk melaksakan transaksi sesuai rencana dari perusahaan. Sewa dibayar dimuka termasuk kredit atau debit bergantung pada asersi manajemen terhadap transaksi yang dilaksanakannya untuk mengetahui kebijakan akuntansi yang diterapkan.

Baca Juga: Unsur-Unsur Laporan Keuangan Syariah dan Konvensional

Contoh Soal Ayat Jurnal Penyesuaian untuk Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh soal ayat jurnal penyesuaian untuk perusahaan dagang dan jasa bertujuan agar transaksi perusahan menunjukkan kondisi sebenarnya. Prinsip akuntansi berterima umum mewajibkan perusahaan menggunakan akrual basis dan prinsip keberlangsungan usaha ketika menjalankan sebuah transaksi.

Ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan jasa melibatkan kelompok akrual dan kelompok deferal. Tujuan pembuatan jurnal penyesuaian adalah menunjukkan pendapatan dan beban yang harus diakui selama satu periode untuk memenuhi prinsip perbandingan yaitu matching cost again revenue.

Contoh soal ayat jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka telah terjadi pada PT Kakraffi yang membayarkan tagihan sewa gedung selama satu tahun sebesar Rp 48.650.000. Pembayaran sewa gedung dan pph pasal 4 ayat 2 dilakukan secara tunai pada bulan agustus. Buatlah jurnal penyesuaian beban sewa dan jurnal pembayaran sewa menyewa tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Pembalik Pendapatan yang Masih Harus Diterima

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Cara membuat jurnal penyesuaian beban sewa dan sewa dibayar dimuka harus mengetahui jumlah periode penggunaan sewa yang belum terpakai. Hal-hal apa saja yang dianggap sebagai biaya dibayar dimuka adalah transaksi dimana perusahaan membayarkan sejumlah kas tetapi masa pakainya beberapa periode.

Langkah-langkah menyusun jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan beban sewa harus menungkapkan seluruh informasi keuangan selama satu periode. Akta sewa menyewa dan bukti pembayaran sewa harus dilaporkan sebagai top schedule ketika menyusun kertas kerja pemeriksaan aset tetap.

Cara membuat jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan beban sewa dianjurkan untuk membedakan kategori aset menjadi kelompok deferal dan kelompok akrual. Adapun ayat jurnal pembayaran sewa dan jurnal penyesuaian pengakuan beban sewa selama satu periode akuntansi adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/08/2020Sewa Dibayar Dimuka Rp 48.650.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 4.865.000
Kas Rp 53.515.000
(Jurnal Pembayaran Sewa)
31/12/2020Beban Sewa Rp 16.216.667
Sewa Dibayar dimuka Rp 16.216.667
(Jurnal Penyesuaian Beban Sewa

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Rugi Selisih kurs Mata Uang Asing

Demikian contoh soal beban sewa dan sewa dibayar dimuka dalam materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Jurnal penyesuaian adalah jurnal mencatat penyesuaian saldo akun buku besar sejalan dengan masa pakai selama satu periode akuntansi yang berlaku di perusahaan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel