Cara Menghitung Harga Belum Termasuk PPN dan PPh

Konten [Tampil]

Cara menghitung harga belum termasuk ppn dan pph menjadi dasar pengenaan pajak yang harus dipotongkan pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan. POerhitungan ppn include dan exclude menjadi dasar berapakah hasil penjualan yang dimiliki perusahaan untuk mendapatkan laba periode berjalan.

Cara menghitung harga belum termasuk ppn dan pph dapat menentukan apakah termasuk PPN include atau PPn Exclude. Perhitungan pajak ppn dan pph pembelian barang akan dikenakan tarif sebesar 10% dari nilai DPP dan pajak penghasilan pasal 22 apabila termasuk pembelian barang mewah.

Cara menghitung ppn dan pph di excel akan menentukan jumlah yang terutang sebagai pajak dibayar dimuka. Contoh faktur pajak dengan potongan harga akan menentukan berapakah yang menjadi dasar pengenaan pajak dan diskon yang diberikan oleh supplier atau customer.

Cara Menghitung Harga Belum Termasuk PPN dan PPh


Contoh Soal Perhitungan DPP PPN

Contoh soal perhitungan DPP ppn berkaitan dengan penentuan berapa besar jumlah penjualan kotor yang dimiliki perusahaan. Include tax berarti total piutang dari pelanggan terdiri dari 10% pajak dan 90% penghasilan perusahaan. Eksclude pajak artinya total penjualan belum termasuk pembayaran pajak pertambahan nilai dari total penjualan.

Contoh soal perhitungan dpp ppn tentu berkaitan dengan berapa besar dasar pengenaan pajak atas penghasilan dan penjualan dari perusahaan. Contoh soal perhitungan ppn dengan dpp nilai lain akan memudahkan dalam proses pemotongan pajak pertambahan nilai dan pelaporannya pada akhir bulan.

Contoh soal perhitungan dpp ppn terjadi pada PT Rafinternet yang menjual produk masker dengan harga Rp 110.000.000 (include tax). DPP PPn yang menjadi dasar untuk menghitung pajak penghasilan adalah Rp 110.000.000 : 110 * 100 = Rp 100.000.000.

Baca Juga: Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Cara Menghitung PPN Include dan PPn Exclude

Cara menghitung ppn include dan ppn exclude terjadi ketika transaksi penjualan yang dilakukan marketing perusahaan dalam menentukan harga jual. Biasanya konsumen meminta harga termasuk pajak sehingga akan memudahkan dalam proses pembayaran yang dilakukan.

Perhitungan ppn include dan ppn exclude akan menyajikan data penjualan dimana include pajak artinya 10% dari total penjualan harus disetorkan ke negara. Pajak pertambahan nilai akan dilaporkan dalam spt masa ppn paling lambat akhir bulan setelah transaksi dilakukan. 

Cara menghitung pajak ppn dan pph pembelian barang berasal dari transaksi jual beli dengan perusahaan yang memiliki npwp. Syarat mendapatkan npwp adalah perusahaan telah mencapai batas minimal sebagai pengusaha kena pajak yaitu mendapatkan omzet sebesar Rp 4.8 miliar per tahun pajak.

Baca Juga: Tanggal Faktur Sebelum Tanggal Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Menghitung Harga Belum Termasuk PPN dan PPh

Cara menghitung harga belum termasuk ppn dan pph akan menentukan jumlah dasar pengenaan pajak yang menjadi basis memotong penghasilan orang lain. Pajak pertambahan nilai menggunakan sistem faktur pajak sehingga tidak akan menghasilan pemotongan ganda.

Cara menghitung harga belum termasuk ppn dan pph memudahkan pengusaha kena pajak dalam melaporkan pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai. Contoh faktur pajak dengan pemotongan harga memudahkan PKP penjual memberitahu pembeli bahwa telah terjadi diskon penjualan.

Cara menghitung harga belum termasuk ppn dan pph akan tercantum dalam faktur penjualan. Perhitungan harga termasuk ppn dan belum termasuk ppn akan menentukan jumlah penghasilan yang diterima oleh wajib pajak sebagai dasar melaporkan spt tahunan badan.

Baca Juga: Prosedur Audit Liabilitas Jangka Panjang

Demikianlah cara menghitung harga belum termasuk ppn dan pph semoga dapat memberikan pandangan bagaimana contoh faktur pajak dengan potongan harga 

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Harga Belum Termasuk PPN dan PPh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel