Contoh Soal Transaksi Entitas Induk dan Entitas Anak beserta Pertanyaannya

Contoh soal transaksi entitas induk dan entitas anak beserta pertanyaan akan berhubungan penjualan barang dagang induk perusahaan secara upstream

Konten [Tampil]

Contoh soal transaksi entitas induk dan entitas anak beserta pertanyaannya akan berhubungan dengan penjualan barang dagang induk perusahaan kepada anak perusahaan. Jurnal eliminasi adalah pencatatan yang digunakan untuk menghapus transaksi antar perusahaan afiliasi untuk menerapkan prinsip kesatuan usaha.

Contoh soal penjualan downstream dan upstream dalam akuntansi keuangan lanjutan menjadi pertimbangan ketika perusahaan ingin melakukan pembelian saham entitas lain. Penggabungan usaha akan menimbulkan adanya hak minoritas dan hak kontrol yang dicantumkan pada akta pendirian perusahaan.

Perusahaan yang memiliki laba belum terealisasi hendaknya melaporkan pencatatannya dalam catatan atas laporan keuangan. Contoh soal hubungan induk perusahaan dan anak perusahaan akan menimbulkan permasalahan pengakuan selisih antara investasi saham dengan aktiva bersih yang diterima perusahaan afiliasi.

Contoh Soal Transaksi Entitas Induk dan Entitas Anak beserta Pertanyaannya

Apa itu Transaksi Hulu dan Transaksi Hilir Beserta Contohnya

Transaksi hulu dalam akuntansi keuangan lanjutan adalah transaksi keuangan yang melibatkan penyerahan aktiva lancar dan aktiva tetap milik induk perusahaan kepada anak perusahaan. Transaksi hulu sering disebut dengan penjualan upstream karena entitas yang memiliki hak kontrol akan memberikan sebagai kekayaannya.

Transaksi hilir dalam perusahaan afiliasi adalah penyerahan aktiva lancar dan aset tetap milik anak perusahaan dengan tujuan perdagangan atau donasi. Transaksi hilir sering disebtu dengan penjualan downstream karena anak perusahaan memberikan sebagian kekayaan untuk membantu aktivitas bisnis induk perusahaan.

Perbedaan penjualan upstream dan downstream terdapat pada pihak yang menyerahkan barang kena pajak dan jasa kena pajak. Makalah transaksi entitas induk dan entitas anak harus mencantumkan total pemilikan saham yang telah dibeli baik berupa saham komulatif dan parsitipatif ataupun saham biasa.

Baca Juga: Contoh Kasus Kompensasi Kerugian Fiskal dan Pembahasannya

Pertanyaan Tentang Transaksi Entitas Induk dan Entitas Anak

Pertanyaan tentang transaksi entitas induk dan entitas anak wajib dibuatkan jurnal eliminasi ketika membuat kertas kerja konsolidasi. Laporan keuangan hubungan induk perusahaan dan anak perusahaan harus mencantumkan hak kontrol dan hak minoritas berdasarkan persentase penguasaan saham.

Mengapa transaksi antar perusahaan harus dilakukan eliminasi? hal ini mengikuti standar akuntansi keuangan yang mengganggap induk dan anak perusahaan sebagai satu kesatuan bisnis. Laba perusahaan yang belum terealiasasi harus segera dilakukan untuk mengetahui tingkat omzet tahun berjalan.

Contoh soal penjualan upstream dan downstream dalam akuntansi terjadi pada PT Kakraffi yang memperjualbelikan bahan baku masker dengan harga perolehan Rp 54.691.200 kepada CV dekraffi. Hak kontrol yang dimiliki induk perusahaan adalah 100% dan harga jual produk adalah Rp 60.111.000.

Bagaimana cara membuat jurnal eliminasi transaksi entitas induk dan entitas anak dalam hubungan afiliasi tersebut?

Baca Juga: Cara Mencari Fenomena Penelitian Akuntansi Keuangan dan Perpajakan

Contoh Soal Penjualan Downstream dan Upstream

Contoh soal penjualan downstream dan upstream dalam akuntansi perusahaan afiliasi harus membuktikan terjadinya hubungan istimewa. Pemilikan saham perusahaan lain berdampak pada persentase penguasaan dan hak minoritas dari entitas induk dan entitas anak yang hendak dibeli.

Perbedaan penjualan upstream dan downstream terjadi karena entitas telah membayarkan sejumlah biaya tertentu untuk pembelian saham perusahaan lain. Laba belum terealisasi menjadi hasil penjualan yang belum boleh diakui walaupun entitas telah menyerahkan persediaan dan jasa kepada lawan transaksi.

Cotoh soal penjualan downstream dan upstream harus dibuatkan jurnal eliminasi. Tujuan pembuatan jurnal eliminasi adalah mengurangi aktiva yang bukan menjadi hak perusahaan afiliasi. Laba ditahan dan persediaan barang hasil transaksi dengan anak perusahaan dapat dibuatkan jurnal eliminasi sebagai berikut:

Tanggal Keterangan Debit Kredit
05/08/2022Laba ditahan PT Kakraffi Rp 5.419.800
Persediaan Barang CV Dekraffi Rp 5.419.800
(Laba yang diakui sebesar Rp 54.941.200 - Rp 60.111.000)

Baca Juga: Contoh Soal PPh Pasal 22 Bendahawa Pemerintah dan PPn

Demikian contoh transaksi entitas induk dan entitas anak beserta pertanyaan penjualan upstrem dan downstrem dalam akuntansi keuangan lanjutan. Agar penggabungan usaha metode ekuitas dan metode cost dapat diterapkan maka perusahaan wajib melampirkan bukti merger, konsolidasi dan akuisis saham.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Transaksi Entitas Induk dan Entitas Anak beserta Pertanyaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel