Contoh Soal Deposito Berjangka dan Jurnal Pencatatan

Konten [Tampil]

Contoh soal deposito berjangka dan jurnal pencatatannya dilaksanakan dalam rangka menjalankan transaksi akuntansi keuangan lanjutan. Cara menghitung bunga deposito per bulan, pencairan dana deposito dan pembukaan rekening serta biaya pinalti harus ditanggung oleh nasabah di akhir periode.

Cara menentukan tanggal jatuh tempo deposito berjangka dan pendapatan bunga yang diperoleh dapat dilaksanakan untuk melaporkan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2. Berapa lama proses pencairan giro dan deposito bergantung pada kebijakan perbankan dalam memberikan dana bagi hasil investasi yang dilakukan.

Cara menghitung bunga deposito per bulan dan tarif pajak penghasilan yang dikenakan atas pendapatan bunga harus dilaporkan kepada negara paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya. Deposito 10 juta dapat bunga berapa tentu harus dipertanyakan ketika mengajukan pembuatan rekening giro dan deposito jangka pendek.

Contoh Soal Deposito Berjangka dan Jurnal Pencatatan

Apa yang Dimaksud Deposito Berjangka dan Contohnya

Apa yang dimaksud deposito berjangka dan contohnya dapat digunakan untuk menyelenggarakan pendapatan modal. Penghasilan yang berasal dari modal investor merupakan objek pajak karena terdapat tambahan manfaat ekonomis yang diterima oleh wajib pajak ketika akhir periode yang dilaporkan entitas.

Pengertian deposito berjangka menurut para ahli adalah simpanan di perbankan yang hanya dapat ditarik pada waktu yang ditentukan disertai dengan pemberian bunga deposito. Tingkat bunga pasar adalah besarnya bunga yang mau dibayarkan oleh peminjam dan diterima oleh pemberi pinjaman.

Jangka waktu pencarian dana deposito bergantung pada kebijakan yang telah disepakati oleh nasabah dan perbankan. Contoh deposito berjangka adalah memiliki jangka waktu kurang dari satu tahun seperti triwulan, semesteran bahkan 3 bulan. Deposito merupakan aktiva yang harus dicantumkan pada laporan posisi keuangan.

Baca Juga: Cara Download Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan

Contoh Soal dan Jawaban Deposito Berjangka

Contoh soal dan jawaban deposito berjangka termasuk materi akuntansi keuangan menengah tentang aktiva lancar. Pengertian aktiva lancar adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan yang bersifat mudah dicairkan dan dapat dikonversikan ke akun kas dan setara kas tanpa mengurangi nilai nominalnya.

Contoh soal deposito berjangka dan jawabannya brainly berkaitan dengan transaksi pembukaan rekening, biaya pinalti ketika menarik deposito sebelum masa jatuh tempo serta menentukan tanggal jatuh tempo dan pemberikan bukti pemotongan penghasilan pasal 4 ayat 2 yang diberikan oleh pihak perbankan.

Contoh kasus deposito jangka pendek akuntansi keuangan lanjutan harus dikaitkan dengan rumus bunga per tahun. Misalnya, brainly memiliki kas senilai Rp 15.000.000 yang ditukarkan dengan deposito berjangka selama 3 bulan dengan bunga  8% per tahun. Bagaimana jurnal transaksi yang harus dicatat?

Baca Juga: Contoh Kasus Penilaian Piutang Dagang

Cara Menghitung Bunga Deposito Per Bulan

Cara menghitung bunga deposito per bulan dilaksanakan dalam rangka memperoleh penghasilan bunga. Penghasilan pasif yang berasal dari investasi modal akan dibebankan pajak penghasilan karena adanya tambahan manfaat ekonomis yang diterima oleh wajib pajak atas objek pajak yang dikenakan tersebut.

Deposito 10 juta dapat bunga sebesar 8% tentu menjadi kelebihan dan kekurangan. Jurnal transaksi dapat dilakukan ketika pencatatan pembukaan rekening, pendapatan bunga per bulan dan pencairan dana investasi. Cara menghitung bunga deposito per bulan dapat dilakukan dengan rumus sebagai berikut:

Pendapatan bunga = Nilai Deposito x Tingkat Bunga x Jangka Waktu
Pendapatan bunga = Rp 15.000.000 x 8% x (1/12)
Pendapatan bunga = Rp 100.000

Contoh perhitungan deposito jangka pendek dan deposito jangka panjang memiliki perbedaan dengan sertifikat deposito. Berapa biaya pinalti deposito yaitu sekitar 0,3- 2% bergantung kebijakan perbankan. Adapun jurnal pencatatan contoh soal deposito berjangka sebagai berikut ini.

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/06/2022Investasi Deposito Berjangka Rp 15.000.000
Kas Rp 15.000.000
(Jurnal Pembukaan Rekening Deposito)
30/06/2022Piutang Bunga Deposito Rp 100.000
Pendapatan Bunga Deposito Rp 100.000
(Jurnal Pembayaran Bunga Deposito)
06/09/2022Kas Rp 15.300.000
Piutang Bunga Deposito Rp 200.000
Pendapatan Bunga Deposito Rp 100.000
Investasi Deposito Berjangk Rp 15.000.000
(Jurnal Pencairan Dana Deposito)

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 Kolom

Demikian contoh soal deposito berjangka dan jurnal pencatatannya akuntansi keuangan menengah. Deposito merupakan akun aktiva sehingga harus dilaporkan pada laporan posisi keuangan ketika akhir periode setelah pembayaran pajak penghasilan tahunan badan yang terutang.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Deposito Berjangka dan Jurnal Pencatatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel