Contoh Soal Laba yang Belum Terealisasi Perusahaan Berafiliasi

Contoh soal laba yang belum terealisasi dari penjualan upstream dan downstream perlu ditindaklanjuti untuk mengetahui tingkat piutang tak tertagih

Konten [Tampil]

Contoh soal laba yang belum terealisasi dari penjualan upstream dan downstream perlu ditindaklanjuti untuk mengetahui tingkat piutang tak tertagih. Cara membuat daftar umur piutang tak tertagih dapat disesuaikan untuk menentukan biaya kerugian yang harus ditanggung perusahaan dari penjualan kredit.

Contoh soal penjualan barang dagang dari anak perusahaan ke induk perusahaan mempertimbangkan hak kontrol yang dimilikinya. Hak minoritas menjadi bagian terkecil dari laporan posisi keuangan konsolidasi yang dilaporkan oleh entitas induk dan entitas anak dalam menjalankan transaksi arus kas masuk dan keluar.

Mengapa transaksi antar entitas induk dan entitas anak perlu dibuatkan jurnal eliminasi dalam menyusun kertas kerja konsolidasi? apa itu penjualan downstream dan penjualan upstream? bagaimana cara menghitung hak kontrol induk perusahaan dan hak minoritas anak perusahaan ketika terjadi penggabungan usaha?

Contoh Soal Laba yang Belum Terealisasi Perusahaan Berafiliasi

Apa itu Laba yang Belum Terealisasi

Laba yang belum terealiasi dari penjualan upstream diperuntukan bagi anak perusahaan yang melaksanakan transaksi penjualan barang dagang dengan induk perusahaan. Akuntansi kantor pusat, kantor cabang dan kantor agen harus menggunakan sistem imprest untuk memaksimalkan penggunaan kas kecil.

Pertanyaan tentang penjualan downstream dan upstream berkaitan dengan transaksi penjualan barang dagang oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan. Tujuan penggabungan usaha adalah memaksimalkan sumber daya dua perusahaan untuk mendapatkan keuntungan lebih tinggi dengan menekan biaya produksi.

Pengertian laba yang belum terealisasi adalah keuntungan perusahaan yang ditahan karena belum dilunasinya tagihan lawan transaksi setelah jatuh tempo. Pembayaran tagihan melewati masa jatuh tempo menandakan terjadinya kesulitan keuangan untuk membayarkan barang dengan termin kredit.

Contoh Soal Laba yang Belum Terealisasi Perusahaan Berafiliasi

Contoh soal laba yang belum teralisasi perusahaan berafiliasi hendaknya menyesuaikan aturan perpajakan untuk kemudahan koreksi fiskal. Koreksi fiskal adalah proses penyesuaikan biaya-biaya yang telah dikeluarkan perusahaan dengan aturan perpajakan untuk menghitung penghasilan kena pajak.

Contoh soal penjualan barang dagang oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan menjadi salah satu transaksi penjualan upstream. Mengapa transaksi antar perusahaan afiliasi harus dibuatkan jurnal eliminasi? sebab yang berkewajiban melaporkan pajak dan membuat laporan keuangan adalah induk perusahaan.

Contoh soal laba yang belum terealisasi dari penjualan upstream terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki persediaan sebesar Rp 55.200.000 dimana Rp 46.850.000 merupakan penjualan dari PT Dekraffi. Anak perusahaan dimiliki secara penuh dengan tingkat laba penjualan sebesar 25% dari hppnya. Bagaimana cara menghitung laba ditahan dan persediaan barang dagang yang perlu disesuaikan?

Pertanyaan Tentang Penjualan Upstream dan Downstream

Pertanyaan tentang penjualan upstream dan downstream diperuntukkan bagi entitas yang melaporkan kewajiban perpajakan diakhir periode. Kapan laba dari penjualan antar perusahaan dianggap terealiasi ketika entitas telah melaporkan laba ditahan dan rugi sebagai akibat menjalankan transaksi bisnisnya.

Laporan keuangan konsolidasi harus melaporkan penjualan barang dagang dan penjualan aktiva tetap diatas nilai perolehan. Contoh soal laba yang belum terealisasi penjualan downstream dan upstream perlu melibatkan pencatatan pihak eksternal terutama permasalahan hutang piutang selama satu periode.

Pertanyaan tentang penjualan downstream dan penjualan upstream harus memberlakukan akuntansi penggabungan usaha. Pembayaran pajak tahunan badan menjadi prioritas terutama ketika entitas memperoleh laba ditahun berjalan. Adapun jurnal eliminasi penjualan barang dagang dari anak perusahaan ke induk perusahaan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/01/2022Laba ditahan PT Dekraffi Rp 9.370.000
Laba ditahan PT Kakraffi Rp 9.370.000
Investasi saham PT Dekraffi Rp 9.370.000
Persediaan barang dagang PT Kakraffi Rp 9.370.000

Demikian contoh soal laba yang belum terealisasi dalam perusahaan afiliasi dalam materi entitas induk dan entitas anak. Cara menyusun laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan metode biaya diperlukan sebagai upaya mempertanggungjawabkan dana perusahaan ketika menjalankan aktivitas bisnisnya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Laba yang Belum Terealisasi Perusahaan Berafiliasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel