Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan dagang menjadi upaya mencapai tujuan perusahaan memperoleh laba. Laporan keuangan tidak dapat langsung dibuat dari neraca saldo, melainkan harus ditambahkan dengan adanya transaksi yang memerlukan penyesuaian agar sesuai dengan prinsip perbandingan.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo biasanya dilakukan agar dapat mengetahui jumlah yang harus disesuaikan dengan saldo akhir perusahaan. Contoh jurnal perusahaan jasa dan dagang seharusnya menggunakan dasar akrual, asumsi periode, prinsip konservatisme dan prinsip perbandingan.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang


Mengapa Jurnal Penyesuaian Diperlukan

Mengapa jurnal penyesuaian diperlukan dalam menyusun laporan keuangan sebab perusahaan harus dapat mengukur kinerja keuangan dalam perolehan pendapatan dan beban. Pengertian jurnal penyesuaian menurut para ahli adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi yang memerlukan penyesuaian atas penggunaan periode tersebut.

Mengapa perlu adanya jurnal penyesuaian sebab perusahaan harus menggunakan dasar akrual dalam menyusun laporan keuangan. Dasar akrual adalah prinsip akuntansi yang mencatat jurnal pada saat transaksi terjadi. Prinsip akrual akan mengukur kinerja keuangan berdasarkan periode terjadinya transaksi.

Mengapa jurnal penyesuaian dibuat pada akhir periode sebab ketika perusahaan selesai membuat jurnal umum maka transaksi harus disesuaikan dengan keadaan sebenarnya diperusahaan. Contoh pos laporan keuangan yang menggunakan dasar akrual adalah piutang usaha dan pendapatan diterima dimuka.

Jenis-Jenis Jurnal Penyesuaian

Jenis-jenis jurnal penyesuaian atas pendapatan dan beban tahun berjalan akan berdampak pada laporan posisi keuangan. Tujuan proses menyesuaikan transaksi adalah agar setiap akun nominal menunjukkan pendapatan dan beban yang seharusnya diakui dan akun riil menunjukkan total kekayaan perusahaan yang sebenarnya.

Jurnal penyesuaian dibuat dalam rangka menyesuaikan akun-akun yang telah dibuat perusahaan pada awal transaksi. Terdapat dua jenis jurnal penyesuaian yaitu kelompok deferal dan kelompok akrual. Berikut pengertian dan fungsi kelompok deferal dan kelompok akrual:

Kelompok Deferal

Kelompok deferal adalah pencatatan akuntansi yang terjadi dikarenakan adanya penundaan atas pengakuan beban dan pendapatan periode berjalan. Beban ditunda adalah pos laporan keuangan dimana pada awal transaksi diakui sebagai aset tetapi diharapkan menjadi beban pada waktu tertentu.

Kelompok deferal menjadi contoh jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang yang menjadi prioritas karena berpengaruh terhadap laporan laba rugi. Pendapatan ditunda adalah pos pendapatan yang diakui sebagai kewajiban tetapi akan menjadi kekayaan perusahaan pada akhir periode.

Kelompok Akrual

Kelompok akrual adalah pencatatan akuntansi yang terlambat sebab perusahaan belum mengakui adanya beban yang harus ditanggung dan pendapatan yang sudah menjadi hak perusahaan. Contoh kelompok akrual adalah beban masih harus dibayar dan pendapatan yang masih harus diterima.

Kelompok akrual menjadi penyesuaian yang harus dibuat perusahaan setiap periodenya untuk menandingkan pendapatan dan beban yang terjadi. Contoh biaya yang masih harus dibayar adalah beban gaji dan bunga pinjaman. Contoh pendapatan yang masih harus dibayar adalah piutang pendapatan.

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Perlengkapan

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Asuransi Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Contoh soal jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka dan jawabannya adalah pembayaran dimuka untuk berbagai macam kebutuhan perusahaan. Asuransi dibayar dimuka akan diakui sebagai aset perusahaan pada awal periode dan diharapkan menjadi beban ketika sudah dipakai di beberapa periode.

Contoh soal jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka perusahaaan dagang telah terjadi pada PT Kakraffi yang membayar premi asuransi sebesar Rp 73.000.000 untuk jangka waktu 2 tahun. Asuransi berlaku mulai dari juli 2020 sampai juni 2022. Bagaimana cara menghitung beban asuransi tahun berjalan?

Jurnal transaksi pembayaran premi asuransi yang harus diakui perusahaan sebagai aset yaitu:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/07/2020Asuransi Dibayar Dimuka Rp 73.000.000
Kas Rp 73.000.000

Cara menghitung beban asuransi tahun berjalan haruslah dilakukan secara proporsional bergantung jumlah yang telah digunakan perusahaan. Jumlah bulan yang telah dilalui perusahaan dalam menggunakan premi asuransi adalah 6 bulan dari 24 bulan kontrak. Maka, jumlah beban asuransi tahun 2020 adalah Rp 73.000.000/24*6 = Rp 18.250.000.

Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka yang harus dibuat perusahaan untuk mengakui beban premi asuransi yaitu:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Beban Asuransi Rp 18.250.000
Asuransi Dibayar Dimuka Rp 18.250.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan jasa semoga dapat membantu membuat laporan keuangan dari neraca saldo perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel