Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Mudharabah

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban akuntansi akad mudharabah adalah pembiayaan kerjasama antara pemilik dana dengan pengelola dana dimana bagi hasil atau nisbah akan disesuaikan presentase kesepakatan. Pertanyaan tentang akuntansi pengelolaan dana mudharabah dapat berguna sebagai dasar penetapan profit sharing dan revenue sharing.

Contoh soal perhitungan pembiayaan mudharabah adalah transaksi kerja sama dimana pemodal memberikan seluruh dana agar pengelola dana dapat menjalankan kegiatan produksi. Akuntansi mudharabah dan musyakarah adalah investasi syariah yang menggunakan dasar syariah ketika mengelola dana investor.

Makalah pembiayaan mudharabah berisi pertanyaan tentang pengertian akad mudharabah, rukun dan syarat mudharabah, ilustrasi akuntansi mudharabah dan contoh soal akuntansi akad mudharabah. Simulasi perhitungan transaksi investasi mudharabah akan berguna sebagai dasar bagi hasil nisbah pada akhir periode.

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Mudharabah


Pertanyaan Tentang Akuntansi Mudharabah Muthlaqah dan Mudharabah Muqayyadah

Pertanyaan tentang akuntansi mudharabah branly pada dasarnya terdiri dari dua jenis yaitu mudharabah muthlaqah dan mudharabah muqayyadah. Permasalahan akad mudharabah harus disesuaikan dengan prinsip syariah dan kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan syariah.

Contoh pertanyaan tentang syirkah dan mudharabah adalah jenis investasi yang dilakukan dimana pemodal tidak perlu terlibat dalam investasi tersebut. Pertanyaan tentang mudharabah muqayyadah adalah pengelola dana diberikan batasan dalam mengelola dana investasi agar sesuai dengan kehendak dari pemilik dana.

Tanya jawab tentang murabahah, mudharabah, musyarakah adalah jenis investasi dalam transaksi syariah yang diperbolehkan. Permasalahan akad mudharabah adalah pihak mana yang akan menanggung kerugian ketika hasil produksi tidak sesuai perjanjian. Nisbah atau bagi hasil dapat ditentukan dengan contoh profit sharing atau revenue sharing.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Nisbah Bagi Hasil Akad Musyarakah

Contoh Soal Perhitungan Pembiayaan Mudharabah

Contoh soal perhitungan pembiayaan mudharabah adalah transaksi investasi dimana investor tidak perlu terlibat dalam kegiatan produksi melainkan hanya memberikan modalnya saja. Studi kasus tentang mudharabah akan menghitung jumlah keuntungan dan kerugian yang dialami oleh pemilik dana atau pengelola dana.

Contoh soal transaksi akuntansi mudharabah dan jawabannya seharusnya menggunakan pertimbangan pembuatan laporan keuangan. Pertimbangan dalam membuat laporan keuangan syariah agar dapat menyusun dan penyajian sesuai standar akuntansi keuangan syariah yang berlaku adalah:

  • Penyajian secara wajar
  • Kebijakan akuntansi
  • Dasar Akrual
  • Keberlangsungan Usaha
  • Materialitas
  • Konsistensi penyajian
  • Saling hapus
  • Informasi perbandingan atau komperatif

Soal-soal tentang pembiayaan mudharabah terjadi ketika laporan laba rugi PT Kakraffi menunjukkan adanya penghasilan sebesar Rp 93.000.000, harga pokok penjualan Rp 23.800.000, dan beban administrasi sebesar Rp 14.900.000. Apabila bagi hasil nisbah pengelola dana mudharabah mendapatkan bagian 62%, berapakah keuntungan yang diperoleh?

Baca Juga: Contoh Kasus Akad Murabahah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Cara Menghitung Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah

Cara menghitung bagi hasil pembiayaan mudharabah harus mengetahui metode yang digunakan yaitu profit sharing dan revenue sharing. Profit sharing adalah pembagian nisbah berdasarkan laba bersih tahun berjalan. Revenue sharing adalah pembagian nisbah berdasarkan pendapatan yang diperoleh tahun berjalan.

Cara menghitung bagi hasil nisbah mudharabah dapat dibuatkan simulasi perhitungan pembiayaan mudharabah. Studi kasus tentang pembiayaan mudharabah dapat menyampaikan kewajiban jangka pendek sesuai dengan perkiraan dapat dilunasi dalam satu periode.

Soal-soal tentang pembiayaan mudharabah adalah transaksi kerjasama antara pemilik dana dan pengelola dana dalam rangka melakukan suatu usaha dimana pemilik dana hanya menyerahkan modal untuk kegiatan usaha. Buat simulasi perhitungan mudharabah yaitu:

Penjualan Rp 93.000.000
HPP Rp 23.800.000
Laba Kotor Rp 69.200.000
Beban Operasi Rp 14.900.000
Laba Bersih Rp 54.300.000
Nisbah62%
Bagi Hasil Rp 33.666.000

Jurnal akuntansi akad mudharabah harus dibuat sebagai bukti transaksi telah terjadinya kerja sama. Akuntansi pengelola dana mudharabah dapat membuat pencatatan yaitu:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Piutang Pendapatan Bagi Hasil Rp 33.666.000
Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah Rp 33.666.000
05/01/2022Kas Rp 33.666.000
Piutang Pendapatan Bagi Hasil Rp 33.666.000

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Syariah Transaksi Akad Salam

Demikian contoh soal dan jawaban akuntansi akad mudharabah semoga pertanyaan tentang transaksi syirkah mudharabah semoga dapat membantu alokasi bagi hasil profit sharing dan revenue sharing.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Mudharabah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel