Cara Menghitung Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah

Konten [Tampil]

Cara menghitung bagi hasil pembiayaan mudharabah adalah keuntungan yang didapatkan dari akad kerjasama mendirikan suatu usaha. Akuntansi pengelola dana mudharabah dapat digunakan untuk mencatat transaksi bagi pengelola dana atau pemilik dana.

Pertanyaan tentang akuntansi pengelola dana mudharabah biasanya terjadi ketika adanya penurunan nilai, pembentukan penyisihan kerugian investasi dan kerugian yang dialami pengelola dana akibat bencana alam. Soal-soal tentang pembiayaan mudharabah tentunya akan melibatkan siapakah yang menanggung kerugian atas usaha yang dilakukan.

Contoh pertanyaan tentang syirkah dan mudharabah menjadi transaksi kerjasama antarpihak yang sering dilakukan. Contoh soal perhitungan pembiayaan mudharabah akan berakhir ketika berakhirnya kontrak kerjasama atau adanya kejadian luar biasa seperti bencana alam. Rugi investasi mudharabah diakui sebagai beban usaha.

Cara Menghitung Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah


Pertanyaan Tentang Akuntansi Mudharabah Muqayyadah dan Muthlaqah

Pertanyaan tentang akuntansi mudharabah muqayyadah dan muthlaqah adalah salah salah satu jenis investasi yang diperbolehkan menurut prinsip syariah. Akuntansi mudharabah dan musyarakah adalah akad kerjasama untuk membuat suatu usaha seperti persekutuan firma.

Contoh pertanyaan tentang akuntansi mudharabah seperti bagaimana pengakuan investasi mudharabah ketika terjadi penurunan nilai? jawabnya apabila terjadi penurunan nilai sebelum usaha dilakukan maka pengelola dana dapat mengurangi jumlah investasi yang dilakukan oleh pemilik dana.

Pertanyaan tentang mudharabah branly dapat terjadi ketika pengelola dana mendapatkan kerugian pada tahun berjalan. Kerugian akan dianggap sebagai beban usaha dan harus dilaporkan dalam laporan kinerja keuangan. Nilai investasi mudharabah akan berkurang ketika mendapatkan kerugian dan bertambah ketika mendapatkan laba.

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Pembiayaan Musyarakah

Contoh Soal Transaksi Akuntansi Mudharabah

Contoh soal transaksi akuntansi mudharabah tentunya melibatkan akad perjanjian tentang pembagian nisbah atau bagi hasil pada akhir periode. Soal-soal tentnag pembiayaan mudharabah muqayyadah dimana dana investasi yang diterima harus disajikan menjadi laporan perubahan modal investasi setiap periodenya.

Contoh soal transaksi mudharabah muthlaqah bahwa investasi yang dilakukan akan diakui sebagai dana syirkah temporer dan akan dikembalikan bersamaan dengan distribusi bagi hasil. Apabila pengelolaan dana mudharabah mendapatkan kerugian akan ditanggung sepenuhnya oleh pemilik modal.

Contoh soal perhitungan bagi hasil pembiayaan mudharabah terjadi ketika PT Kakraffi mendapatkan laba tahun berjalan sebesar Rp 72.000.000. Nisbah bagi hasil akuntansi mudharabah sebesar 60% bagi pengelola dana dan 40% bagi pemodal. Berapakah keuntungan yang didistribusikan PT Kakraffi ke pemodal?

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Istishna

Contoh Soal Perhitungan Pembiayaan Mudharabah

Contoh soal perhitungan pembiayaan mudharabah adalah pembagian keuntungan antara pemilik dana dan pengelola dana yang ditentukan berdasarkan nisbah yang disepakati. Apabila terjadi kerugian ketika mengelola usaha akad tersebut, maka seluruh kerugian yang timbul akan ditanggung oleh pemodal.

Contoh soal dan jawaban akuntansi mudharabah akan membagikan keuntungan berdasarkan profit sharing atau revenue sharing. Dana kas mudharabah yang disetorkan akan diakui sebagai investasi mudharabah. Profit sharing akan menguntungkan pengelola dana karena kerugian akan ditanggung pemodal.

Cara menghitung pembiayaan mudharabah dilakukan dengan menghitung terlebih dahulu laba tahun berjalan kemudian dikalikan dengan nisbah bagi hasil yang disepakati. Berdasarkan contoh soal akuntansi mudharabah didapatkan nisbah sebesar Rp 72.000.000 * 40% = Rp 28.800.000. 

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Salam

Demikian cara menghitung bagi hasil pembiayaan mudharabah semoga dapat menjawab pertanyaan tentang akuntansi mudharabah muqayyadah atau mudharabah muthlaqah.


Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel