Contoh Soal Akuntansi Syariah Transaksi Akad Salam

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi syariah transaksi akad salam akan memberikan beberapa jenis jual beli yang berdasarkan prinsip syariah seperti ijarah, murabahah, musyarakah, mudharabah, salam dan istishna. Soal akuntansi transaksi salam dan salam paralel akan terjadi ketika nasabah meminjam uang ke perbankan.

Kelebihan dan kekurangan jual beli akad salam dan istishna akan mempertimbangkan harga jual sesuai perjanjian akad. Contoh soal akad salam akuntansi syariah dapat dipergunakan dalam rangka menyediakan barang sesuai pesanan dengan spesifikasi dan harga yang telah disepakati.

Soal pilihan ganda akad salam dan soal essay transaksi istishna dapat dipergunakan untuk mempertimbangkan isi perjanjian yang disepakati. Akad salam dalam transaksi syariah adalah jual beli barang yang akan diserahkan kemudian hari tetapi pembayarannya akan dilaksanakan sekarang secara tunai.

Contoh Soal Akuntansi Syariah Transaksi Akad Salam


Kelebihan dan Kekurangan Jual Beli Salam dan Istishna

Kelebihan dan kekurangan jual beli salam dan istishna adalah perusahaan akan mendapatkan kontrak penjualan barang sehingga omzet akan bertambah. Permasalahan dalam akad salam terjadi ketika harga pasar sekarang berbeda dengan harga barang sesuai perjanjian salam atau istishna.

Kelebihan dan kelemahan akad istishna dan akad salam adalah transaksi yang pembeli memberikan modal terlebih dahulu kepada penjual untuk melakukan produksi barang dagang. Barang yang diperjualbelikan dalam akad salam atau istishna harus sesuai dengan spesifikasi yang diminta dan harus diselesaikan pada waktu yang ditentukan.

Pertanyaan tentang akad salam akuntansi syariah dimana harga jual harus diukur sesuai dengan perjanjian sementara modal yang diberikan dapat diukur sesuai dengan nilai wajar. Pemberian modal kerja dalam bentuk aset non kas harus dinilai sesuai harga wajar sehingga akan menghasilkan keuntungan atau kerugian bagi pembeli atau penjual.

Baca Juga: Contoh Soal Mengelola Kas Kecil dan Jawabannya

Pertanyaan Tentang Akad Salam Akuntansi Syariah

Pertanyaan tentang akad salam akuntansi syariah terjadi ketika penjual membatalkan transaksi jualbeli salam atau istishna. Pembeli akan meminta jaminan agar memastikan transaksi salam dilakukan, apabila nilai jaminan lebih kecil maka perusahaan harus mengakui keuntungan piutang dagang.

Pertanyaan tentang akad salam dalam transaksi syariah dapat mengenakan denda kepada penjual yang tidak dapat menjalankan kewajibannya. Penjual yang tidak dapat menjalankan kewajiban karena terjadi bencana alam maka pembeli dapat mengakuinya sebagai dana kebajikan.

Permasalahan dalam akad salam dapat berlangsung ketika salah satu pihak tidak dapat menjalankan kewajibannya. Tantangan dan solusi akad salam akan menentukan permasalahan yang mungkin dihadapi oleh penjual dan pembeli. Rukun akad salam harus dipenuhi agar transaksi dapat dilakukan.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Istishna dan Penyelesaiannya

Contoh Kasus Akad Salam dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh soal akuntansi syariah transaksi akad salam akan mengakui barang salam sebagai barang persediaan sebelum dilakukannya perhitungan laba rugi salam. Kerugian penurunan nilai persediaan akan diakui seabagi beban operasi dan dilaporan dalam laporan laba rugi komprehensif.

Kelebihan dan kelemahan akad salam memungkinkan penjual dan pembeli sepakat dalam perjanjian. Contoh kasus akad salam dalam kehidupan sehari-hari harus dapat mempertanggungjawabkan kualitas produk yang dihasilkannya. Apabila tidak sesuai spesifikasi maka pembeli dapat meminta jaminan tertentu.

Contoh soal akad salam akuntansi syariah terjadi pada PT Kakraffi yang mengajuan pinjaman sebesar Rp 97.300.000. Pinjaman dapat menghasilkan produk dengan harga Rp 15.000. Apabila perjanjian salam menghendaki harga jual produk sebesar Rp 18.000. Berapakah keuntungan yang didapatkannya?

Total Pinjaman Rp 97.300.000
Total Beras Yang Didapatkan6.487
Harga Jual Beras Rp 18.000
Total Penjualan Rp 116.760.000
Keuntungan yang diperoleh Rp 19.460.000

Jurnal transaksi salam dalam akuntansi syariah bagi penjual dan pembeli sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
01/12/2021Kas Rp 116.760.000
Hutang Salam Rp 116.760.000
02/12/2021Piutang Salam Rp 97.300.000
Kas Rp 97.300.000
04/12/2021Persediaan Barang Salam Rp 97.300.000
Piutang Salam Rp 97.300.000
07/12/2021Hutang Salam Rp 116.760.000
Persediaan Barang Salam Rp 97.300.000
Laba Salam Rp 19.460.000

Baca Juga: Contoh Soal Murabahah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Demikian contoh soal akuntansi syariah transaksi akad salam semoga dapat membantu menjawab permasalahan serta kelebihan dan kekurangan jual beli akad salam dan akad istishna.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Akuntansi Syariah Transaksi Akad Salam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel