Contoh Soal Mengelola Kas Kecil dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal mengelola kas kecil dan jawabannya akan memperlihatkan mekanisme penetapan dan pengisian kembali dana kas pada akhir periode. Kas kecil metode imprest dan metode fluktuatif menjadi kebijakan akuntansi perusahaan yang dapat digunakan untuk menghindari penyalahgunaan uang diperusahaan.

Soal pilihan ganda mengelola kas kecil dan jawabannya dilakukan agar penilaian penerapan sistem pengendalian internal berjalan baik. Kas kecil adalah uang yang digunakan untuk membayar transaksi tunai tanpa harus melakukan transfer bank melalui cek atau internet banking.

Tujuan diadakannya kas kecil adalah sistem pencatatan kas kecil untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Pencatatan transaksi patty cash bagi perusahaan harus dilakukan sebab tidak seluruh pengeluaran kas perusahaan menggunakan cek atau transfer bank sebagai metode pembayaran.

Contoh Soal Mengelola Kas Kecil dan Jawabannya


Pengertian Kas Kecil, Fungsi dan Tujuannya

Pengertian kas kecil adalah uang yang digunakan perusahaan untuk membiayai transaksi bernominal rendah. Kas kecil disebut patty cash atau aset yang likuid. Likuiditas adalah kemampuan suatu aset untuk dipergunakan untuk membayar transaksi tanpa mengubah nilai aktiva tersebut.

Apa maksud diadakannya kas kecil adalah membiayai kegiatan perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Sistem pencatatan kas kecil dapat menggunakan metode kas tetap (imprest fund) dan kas berubah (fluktuatif fund) yang dapat menyesuaikan kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan.

Tujuan dan fungsi kas kecil adalah untuk membayar pengeluarkan kas tanpa harus mengeluarkan cek. Semakin besar perusahaan akan memperbesar transaksi pengeluarkan kas terutama yang berkaitan dengan dana kas kecil. Fungsi kas kecil dalam perusahaan adalah menghindari biaya administrasi bank sebab penggunaan cek.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh Soal Pilihan Ganda Mengelola Kas Kecil dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda mengelola kas kecil dan jawabannya dapat dilakukan guna menghindari adanya kehilangan kas sebab resiko bawaan. Asersi manajemen atas kas yang harus dibuktikan ketika akuntan publik datang adalah keterjadian, hak dan kewajiban, penyajian dalam laporan posisi keuangan.

Soal pilihan ganda mengelola kas kecil dan jawabannya berkaitan dengan pengakuan awal kas di laporan posisi keuangan. Kas merupakan aktiva tetap yang bersifat likuid sehingga adanya kemungkinan pencurian terhadap kas. Oleh sebab itu, sistem pengendalian internal terhadap kas harus diterapkan.

Soal dan jawaban pilihan ganda mengelola kas kecil tetap mempertimbangkan sistem pengendalian internal yang baik. Administrasi perkantoran seharusnya dapat mempertimbangkan pengeluaran dalam jumlah kecil menggunakan kas daripada mengeluarkan cek perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Penyesuaiannya

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest

Contoh soal kas kecil metode imprest akan dimulai dengan menetapkan dana kas sesuai kebijakan akuntansi. Setiap pengeluaran harus dibuatkan bukti transaksi tetapi perusahaan hanya akan menjurnalnya setiap akhir periode. Tujuan penjurnalan metode imprest pada akhir periode adalah memastikan jumlah kas yang dibayarkan sesuai dengan pengisian kembali kas kecil.

Contoh soal kas kecil metode imprest terjadi pada PT Kakraffi yang menetapkan jumlah kas kecil sebesar Rp 109.765.000. Akhir periode PT Masraffi telah mengeluarkan bukti transaksi untuk pembayaran pembelian perlengkapan sebesar Rp 53.000.000, membayar piutang karyawan Rp 5.000.000, membayar tagihan telepon dan air sebesar Rp 45.000.000. Buatlah jurnal pengisian kembali kas pada akhir periode.

Jurnal pengisian kembali kas kecil metode imprest hanya dibuatkan sekali dimana bukti transaksi akan dikumpulkan terlebih dahulu. Perusahaan hanya akan mencatat transaksi sesuai dengan kebijakan akuntansi yaitu menyesuaikan kas kecil yang telah ditetapkan. Adapun jurnal pengisian kembali kas kecil adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2020Kas Kecil Rp 109.765.000
Kas Bank Mandiri Rp 109.765.000
(Pembentukan Dana Kas Kecil)
31/12/2020Beban Telepon Rp 45.000.000
Perlengkapan Kantor Rp 53.000.000
Kas Bank Mandiri Rp 98.000.000
(Pengisian Kembali Kas Kecil)

Baca Juga: Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Demikian contoh soal mengelola kas kecil dan jawabannya semoga akuntan perusahaan dapat memahami penerapan dan perbedaan metode imprest dan metode fluktuatif.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Mengelola Kas Kecil dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel