Contoh Soal Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyusutan aktiva tetap metode garis lurus menjadi bagian kelompok deferal pos laporan keuangan. Akun-akun harta tetap yang perlu dilakukan penyesuaikan kecuali tanah. Tanah hanya dapat disusutkan ketika adanya pengurangan manfaat tanah seperti digunakan ambil tanahnya.

Jurnal depresiasi aktiva tetap metode garis lurus dan metode saldo menurun berganda menjadi metode penyusutan yang sering digunakan perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Pengertian depresiasi menurut para ahli adalah proses alokasi biaya perolehan selama masa manfaat aktiva tetap.

Faktor-faktor yang mempengaruhi depresiasi diantaranya biaya perolehan, nilai residu dan umur manfaat. Bagi perusahaan, depresiasi bukan sarana untuk menabung membeli aktiva sejenis pada akhir periode. Tetapi sebagai upaya mengalokasikan biaya yang telah dikeluarkan selama umur manfaat dan pengurang pajak penghasilan badan.

Contoh Soal Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus


Pengertian Aktiva Tetap dan Depresiasi Aset Tetap

Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah harta kekayaan perusahaan yang digunakan dalam rangka menjalankan kegiatan operasional yang memiliki umur manfaat lebih dari satu periode. Depresiasi adalah pengalokasikan biaya perolehan aktiva tetap selama umur manfaat yang telah ditentukan perusahaan.

Bagaimana cara menentukan umur manfaat aktiva tetap? perusahaan dapat menggunakan pengkategorian aset tetap menurut ketentuan umum perpajakan atau menyesuaikan pengalaman perusahaan menggunakan aktiva sejenis. Nilai residu dalam perpajakan tidak diakui sehingga ada baiknya perusahaan tidak menetapkan nilai sisa pada akhir periode.

Pengertian depresiasi menurut para ahli adalah upaya perusahaan membebankan biaya perolehan aktiva ketika sudah digunakan untuk produksi. Aktiva tetap adalah aset perusahaan yang dibeli dalam rangka membantu proses produksi dan memiliki harga lebih mahal dengan umur manfaat lebih dari satu tahun.

Contoh Soal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

Contoh soal penyusutan aktiva tetap metode garis lurus pada dasarnya mirip dengan konsep biaya dibayar dimuka. Perbedaan beban dibayar dimuka dan depresiasi aktiva tetap adalah jangka waktu pemakaian harta kekayaan perusahaan dimana biaya dibayar dimuka hanya berlaku beberapa bulan.

Penyusutan aset tetap metode garis lurus dipilih sebab pajak penghasilan badan yang harus disetorkan akan stabil. Biaya perolehan adalah seluruh pengeluaran perusahaan untuk mendapatkan aktiva tetap. Rumus biaya perolehan adalah harga beli + biaya setting peralatan + biaya kirim barang.

Contoh soal penyusutan aktiva tetap metode garis lurus terjadi pada PT Kakraffi yang membeli truk dengan biaya perolehan Rp 88.000.000 sudah termasuk ppn. Apabila pembelian truk terjadi pada bulan oktober dan masuk dalam kategori aktiva tetap kedua dalam pajak. Berapakah beban penyusutan yang ditanggung perusahaan?

Jurnal Penyusutan Aset Tetap Metode Garis Lurus

Jurnal penyusutan aset tetap metode garis lurus dapat dibuat perusahaan menyesuaikan periode yang dilalui untuk menggunakan aktiva tetap. Akun akumulasi depresiasi termasuk item laporan keuangan yang diakui sebagai akun kontra dari aktiva tetap tersebut.

Cara menghitung depresiasi aktiva tetap metode garis lurus terlebih dahulu menghitung jumlah periode penggunaan aset tersebut. Perbedaan umur manfaat dan umur ekonomis adalah umur ekonomis berkaitan dengan usia sebenarnya penggunaan aktiva tetap. Sedangkan, umur manfaat adalah usia penggunaan aktiva tetap yang ditetapkan perusahaan.

Rumus Depresiasi Aktiva Tetap= (Biaya Perolehan - Nilai Residu) : Umur Manfaat
Rumus Depresiasi Aktiva Tetap= (Rp 80.000.000 - 0) : 96 Bulan
Rumus Depresiasi Aktiva Tetap= Rp 8.333.333

Jurnal depresiasi aset tetap metode garis lurus yang dibuat pada periode tersebut hanya mengkalikan jumlah bulan yang telah digunakannya. Beban penyusutan aset tetap periode tersebut adalah 3 bulan x Rp 8.333.333 = Rp 2.500.000. Contoh soal jurnal penyusutan perusahaan dagang yang harus dibuat adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Beban Depresiasi Rp 2.500.000
Akumulasi Depresiasi Rp 2.500.000

Baca Juga: Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka dan Tahun

Demikian contoh soal jurnal penyusutan aktiva tetap metode saldo menurun berganda semoga dapat membantu membuat jurnal koreksi sewaktu audit pemeriksaan aset tetap berwujud dan tidak berwujud dilakukan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel