Contoh Soal Induk Perusahaan Menjual Barang Dagang Kepada Anak Perusahaan

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan konsolidasi dan penggabungan usaha. Laba yang belum direalisasi dari penjualan downstream harus dimasukan dalam laporan keuangan konsolidasi.

Transaksi penjualan barang dagang antara induk perusahaan dan anak perusahaan bergantung kepada kepemilikan saham anak perusahaan. Contoh soal transaksi hulu dan hilir menjelaskan materi akuntansi keuangan lanjutan 2 penggabungan usaha dan konsolidasi.

Contoh soal dan jawaban induk perusahaan menjual barang dagang kepada anak perusahaan berkaitan dengan hak kontrol. Hak kontrol akan berperan untuk membuat jurnal eliminasi entitas induk dan entitas anak persediaan dan aset tetap.

Contoh Soal Induk Perusahaan Menjual Barang Dagang Kepada Anak Perusahaan


Laba Yang Belum Direalisasi dari Penjualan Downstream

Laba yang belum direalisasi dari penjualan downstream berkaitan dengan laba antar perusahaan berafiliasi. Transaksi entitas induk dan entitas anak persediaan dapat digunakan untuk menentukan contoh transaksi hulu dan hilir.

Contoh transaksi hulu dan hilir berkaitan dengan transaksi upstream dan downstream induk perusahaan. Laba antar perusahaan adalah laba yang didapatkan oleh anak perusahaan yang dilaporkan oleh induk perusahaan. Laba atas transaksi antar perusahaan seharusnya disesuaikan berdasarkan hak kontrol induk perusahaan.

Laba yang belum direalisasi dari penjualan downstream dan upstream menjadikan dasar bagi induk perusahaan mengakui laba penjualan barang dagang kepada anak perusahaan. Makalah transaksi laba antar perusahaan akan menceritakan bagaimana induk perusahaan mendapatkan laba dari anak perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang Antar Cabang Diatas Harga Pokok

Transaksi Penjualan Barang Dagang Antara Induk dan Anak Perusahaan

Transaksi penjualan barang dagang antara induk dan anak perusahaan menjadi permasalahan dalam pengakuan laba antar perusahaan. Laba yang telah diakui oleh induk perusahaan atas penjualan barang dagang kepada anak perusahaan tidak perlu dibuatkan jurnal eliminasi.

Besar kecilnya hak kontrol akan berpengaruh terhadap jumlah harga pokok persediaan barang dagangan induk perusahaan. Laba rugi yang telah diakui pada dasarnya harus dihapuskan karena dianggap sebagai transaksi antar perusahaan sendiri.

Contoh soal transaksi penjualan barang dagang antara induk perusahaan dan anak perusahaan terjadi pada PT Mbahraffi yang telah berafiliasi dengan PT Iburaffi dengan kepemilikan saham sebesar 100%. Apabila PT Mbahraffi menjual barang dagang kepada PT Iburaffi sebesar Rp 150.000.000 dengan harga pokok sebesar Rp 80.000.000. Buatlah jurnal eliminasinya?

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pembatalan Penjualan Angsuran

Jurnal Eliminasi Entitas Induk dan Entitas Anak

Contoh yang menjelaskan transaksi persediaan barang dagang anak perusahaan akan menyebabkan diadakannya jurnal eliminasi entitas induk dan entitas anak. Laba dari transaksi penjualan barang dagang induk perusahaan dan anak perusahaan seharusnya tidak diperkenankan mengandung laba.

Jurnal eliminasi transaksi penjualan barang dagang induk perusahaan kepada anak perusahaan harus dibuat rincian sebagai berikut.

PT MbahraffiMelakukan pengurangan terhadap laba   penjualan barang dagang sebesar Rp 70.000.000
PT IburaffiMencatat pengurangan persediaan sesuai dengan harga pokok Rp 70.000.000

Jurnal eliminasi induk perusahaan yang memiliki kepemilikan 100% berbeda dengan anak perusahaan yang hanya dimiliki kurang dari 100%. Adapun jurnal eliminasi yang dibuat adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
01/07/2021Laba Ditahan PT MbahraffiRp70.000.000
Persediaan Barang Dagang PT   IburaffiRp70.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Saham Preferen Kumulatif dan Berpartisipasi

Demikian contoh soal induk perusahaan menjual barang dagang kepada anak perusahaan semoga dapat membantu menghitung laba antar perusahaan ya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Induk Perusahaan Menjual Barang Dagang Kepada Anak Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel