Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang Antar Cabang Diatas Harga Pokok

Konten [Tampil]

Contoh soal pengiriman barang dagang diatas harga pokok antar cabang berkaitan dengan transfer kas antar cabang yang diotorisasi oleh kantor pusat. Perbedaan kantor pusat dan kantor cabang tentunya dalam hal laporan keuangan gabungan yang dibuat setiap akhir periode.

Masalah lain pada kantor cabang seperti pengiriman barang antar kantor cabang akan menghasilkan biaya ongkos kirim. Contoh soal hubungan antara kantor cabang dan kantor pusat masalah khusus terjadi ketika pihak yang menanggung biaya pengiriman barang dagang dari cabang pengirim ke cabang penerima.

Contoh laporan keuangan gabungan kantor pusat dan cabang akan meningkatkan beban kantor cabang yang ditambahkan ke harga barang tersebut. Pengiriman barang dagang antar kantor cabang akan diperlakukan sebagai biaya tambahan oleh kantor pusat.



Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan cabang berkaitan dengan transfer kas antar cabang. Pengiriman dana yang dilakukan oleh cabang ke cabang lain harus mendapatkan persetujuan dari kantor pusat. 

Contoh soal masalah lain kantor cabang dan kantor pusat terjadi ketika pengiriman uang antar cabang yang dilakukan karena perintah kantor pusat atau kemauan dari cabang sendiri. Apabila pengiriman uang dari cabang ke cabang lain tidak perlu dibuatkan rekening khusus tetapi haruslah memberikan informasi kepada kantor pusat.

Contoh soal pengiriman uang antar cabang terjadi pada PT Kakraffi yang men-transfer kas dari cabang jakarta ke cabang semarang karena perintah kantor pusat. Pengiriman dana antar cabang sebesar Rp 8.600.00 telah mendapatkan otorisasi dari kantor pusat sehingga cabang harus menjalankanya.

Jurnal Penyesuaian Transfer Dana Antar Cabang

Jurnal penyesuaian transfer dana antar cabang harus dimasukkan kedalam transaksi harian dan dibuat buku besar. Adapun jurnal mencatat transaksi pengiriman uang antar cabang yakni.

TanggalKeteranganDebitKredit
- Cabang JakartaR/K Kantor PusatRp8.600.000
KasRp8.600.000
- Cabang SemarangKasRp8.600.000
R/K Kantor PusatRp8.600.000
- Kantor PusatR/K Kantor Cabang SemarangRp8.600.000
R/K Kantor Cabang JakartaRp8.600.000

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Biaya Bersama dan Sampingan

Pengiriman Barang Diatas Harga Pokok Antar Cabang

Pengiriman barang diatas harga pokok antar cabang seharusnya dilakukan ketika biaya kirim barang akan ditanggung terlebih dahulu oleh kantor cabang pengirim. Biaya ongkos kirim antar cabang akan ditanggung oleh kantor pusat pada akhir periode.

Contoh soal dan jawaban pengiriman barang diatas harga pokok antar cabang dimana cabang penerima akan dibebankan ongkos kirim sebesar pengiriman dari kantor pusat. Perbedaan kantor pusat dan kantor cabang akan memberikan selisih ongkir sehingga selisih ongkir kantor cabang pengirim ke cabang penerima dibebankan ke kantor pusat.

Contoh soal pengiriman barang diatas harga pokok antar cabang terjadi pada PT Kakraffi yang mengirimkan barang ke cabang semarang sebesar Rp 3.500.000 dengan biaya kirim Rp 100.000. Setelah barang diterima, kantor pusat memerintahkan untuk mengirimkannya ke cabang surabaya dengan biaya Rp 50.000. 

Jurnal Pengiriman Barang Dagang Oleh Kantor Pusat

Jurnal pengiriman barang dagang oleh kantor pusat harus dibuat untuk mencatat pengiriman ke cabang pertama dan selisih ongkos kirim antar cabang. Berikut jurnal pengiriman barang antar cabang oleh kantor pusat.

TanggalKeteranganDebitKredit
- Kantor PusatR/K Cabang SemarangRp3.600.000
KasRp100.000
Pengiriman Barang Cabang   SemarangRp3.500.000
- Kantor PusatPengiriman Barang Cabang SemarangRp3.500.000
Pengiriman Barang Cabang   SurabayaRp3.500.000
- Kantor PusatR/K Cabang SurabayaRp3.550.000
Selisih Biaya Kirim Antar CabangRp50.000
R/K Cabang SemarangRp3.600.000

Baca Juga: Contoh Soal Pembelian Saham Anak Perusahaan Oleh Induk Perusahaan

Demikian contoh soal pengiriman barang dagang antar cabang diatas harga pokok, semoga dapat membantu anda ya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang Antar Cabang Diatas Harga Pokok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel