Contoh Soal dan Jawaban Laba Antar Perusahaan Induk dan Anak

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban laba antar perusahaan induk dan anak berkaitan dengan penjualan barang dagang dan aset tetap dari anak perusahaan kepada induk perusahaan. Seberapa besar pengaruh penjualan upstream terhadap pembukuan terpisah perusahaan afiliasi bergantung kepada hak kontrol perusahaan.

Contoh soal penjualan barang dagang oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan akan menghadapi masalah laba yang akan diakui. Jurnal eliminasi laba antar perusahaan berkaitan dengan metode equity dan metode cost yang digunakan untuk mengakui perubahan modal anak perusahaan.

Mengapa penting untuk diketahui apakah suatu penjualan adalah penjualan upstream atau downstream berkaitan dengan laba yang akan diakui. Contoh transaksi hulu dan hilir akan mempengaruhi jurnal eliminasi yang dibuat karena prosentase pemilikan saham anak perusahaan oleh induk perusahaan.

Contoh Soal dan Jawaban Laba Antar Perusahaan Induk dan Anak


Contoh Soal dan Jawaban Laba Antar Perusahaan

Laba antar perusahaan adalah laba yang didapatkan oleh perusahaan induk dan anak perusahaan pada akhir periode akuntansi. Kertas kerja konsolidasi penjualan upstream dan downstream berkaitan dengan prosentase pemilikan saham anak perusahaan oleh induk perusahaan.

Contoh soal dan jawaban laba antar perusahaan berkaitan dengan transaksi persediaan barang dagang dan aset tetap. Perbedaan dampak laba antar perusahaan dari penjualan downstream dan upstream berkaitan dengan penggunaan metode equity dan metode cost dalam laporan keuangan konsolidasi.

Contoh soal laba antar perusahaan akan mengakui adanya keuntungan dan kerugian yang harus dibuatkan jurnal eliminasi oleh anak perusahaan. Perusahaan mana yang mempunyai laba belum terealiasasi pada pembukuan dalam penjualan upstream dan downstream adalah perusahaan dagang dan jasa.

Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Oleh Anak Perusahaan Kepada Induk Perusahaan

Contoh soal penjualan barang dagang oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan berkaitan dengan laba yang diakui oleh anak perusahaan yang akan mempengaruhi induk perusahaan. Kertas kerja konsolidasi penjualan upstream dan downstream akan membantu proses pembuatan laporan keuangan konsolidasi.

Contoh soal dan jawaban penjualan barang dagang oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan menggunakan metode equity dan metode cost dapat dilakukan. Besarnya hak kontrol bergantung pada prosentase pemilikan saham anak perusahaan oleh induk perusahaan.

Contoh soal penjualan barang dagang oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan terjadi pada PT Masraffi yang memiliki saldo persediaan sebanyak Rp 11.000.000 diantaranya termasuk pembelian dari anak perusahaan sebesar Rp 2.000.000. Anak perusahaan telah memperhitungkan laba sebesar 25% dimana Induk perusahaan memiliki 100% hak kontrol.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pembatalan Penjualan Angsuran Barang Dagang

Transaksi Penjualan Barang Dagang Antara Induk dan Anak Perusahaan

Transaksi penjualan barang dagang antara induk dan anak perusahaan harus mempertimbangkan seberapa besar pengaruh penjualan upstream terhadap pembukuan terpisah perusahaan afiliasi. Jurnal eliminasi konsolidasi bergantung metode equity dan metode cost yang digunakan.

Transaksi penjualan barang dagang antara induk dan anak perusahaan harus dilakukan penghapusan laba yang telah diakui perusahaan anak. Adapun cara menghitung laba yang dihapus dari penjualan barang dagang perusahaan anak adalah

Rp 2.000.000 (0,8 x Rp 2.000.000) = Rp 400.000

Persediaan barang dagang perusahaan induk dari hasil pembelian dari anak perusahaan harus dihapuskan. Cara menghitung harga pokok penjualan barang dagang perusahaan afiliasi sebagai berikut.

0,8 x Rp 2.000.000 = Rp 1.600.000 - Rp 2.000.000 = Rp 400.000

Baca Juga: Contoh Soal Kepemilikan Saham Utama Kumulatif dan Berpartisipasi

Jurnal Eliminasi Penjualan Barang Dagang Oleh Anak Perusahaan Kepada Induk Perusahaan

Jurnal eliminasi penjualan barang dagang oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan harus dibuat sebelum prosedur membuat laporan posisi keuangan. Mengapa penting untuk diketahui apakah suatu penjualan adalah penjualan upstream atau downstream sebab laba yang harus dieliminasi.

Jurnal eliminasi contoh soal dan jawaban laba antar perusahaan induk dan anak yang harus dibuat adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
09/09/2020Laba Ditahan PT AnakRp400.000
Laba Ditahan PT IndukRp400.000
Investasi Saham PT AnakRp400.000
Persediaan Barang Dagang PT   IndukRp400.000

Baca Juga: Jurnal Penyesuaian PPN Masukan dan PPN Keluaran

Demikianlah contoh soal dan jawaban laba antar perusahaan induk dan anak metode equity dan metode cost semoga dapat membantu anda membuat jurnal penyesuaian konsolidasi ya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Laba Antar Perusahaan Induk dan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel