Contoh Soal Pembatalan Penjualan Angsuran Barang Bergerak dan Barang Tak Bergerak

Konten [Tampil]

Contoh soal pembatalan penjualan angsuran barang bergerak dan barang tidak bergerak menjadi masalah kepemilikan kembali barang dagang. Adakalanya pembeli gagal menjalankan kewajiban melunasi pembayaran yang menjadikan barang dagang ditarik dan dimiliki oleh penjual.

Pengertian tukar tambah dalam penjualan angsuran berarti penjual menyerahkan barang dagang kepada pembeli dimana pembeli akan memberikan barang yang pernah dipakainya. Pengakuan laba kotor dalam penjualan angsuran bergantung metode akrual atau kas yang digunakan.

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran barang dagang dan barang tak bergerak dimaksudkan agar pertanyaan penjualan cicilan dimengerti. Contoh soal pilihan ganda penjualan angsuran berkaitan dengan pertanyaan wawancara dan soal essay untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester.

Contoh Soal Pembatalan Penjualan Angsuran Barang Bergerak dan Barang Tak Bergerak


Masalah Kepemilikan Kembali Barang Dagang dalam Penjualan Angsuran

Masalah kepemilikan kembali barang dagang dalam penjualan angsuran berkaitan dengan penjualan angsuran yang gagal. Pembatalan penjualan angsuran barang dagang dan barang tak bergerak menyebabkan penjual harus mengakui laba dan rugi dari transaksi tersebut.

Masalah pembatalan penjualan angsuran berarti penjual akan menerima barang hasil penjualan cicilan yang telah dilakukan pada periode terdahulu. Penyebab terjadinya kegagalan transaksi penjualan angsuran adalah pembeli yang tidak mampu melunasi hutang atas transaksi angsuran atau cicilan pada periodenya.

Pengakuan laba kotor pada penjualan angsuran adalah proses mengalokasikan keuntungan yang didapatkan dari penjualan cicilan. Pengakuan laba kotor dilakukan dengan metode akrual atau metode kas dimana perusahaan dapat memilih salah satu metode tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang Antar Cabang

Contoh Soal Pembatalan Penjualan Angsuran Metode Akrual dan Kas

Contoh soal pembatalan penjualan angsuran metode akrual dan kas bergantung kepada mekanisme buku penjual. Penjual harus melakukan pencatatan kepemilikan kembali barang dagang yang telah dijualnya karena kegagalan pembayaran konsumen.

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran barang dagang yang gagal dibayar pelanggan terjadi pada Firma Puspitasari yang memperoleh barang jualannya sebesar Rp 60.000.000 dimana telah diperhitungkan tingkat laba kotor sebesar 25%. 

Pembatalan penjualan angsuran terjadi ketika pelanggan hanya mampu mencicil sebanyak 3x dari 30 kali cicilan yang harus dilakukan. Pelanggan dinyatakan tidak mampu membayaran transaksi penjualan angsuran sebesar Rp 120.000.000.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Jurnal Transaksi Pembatalan Penjualan Angsuran Metode Akrual

Pembatalan penjualan angsuran menyebabkan diterimanya kembali barang yang telah dibeli sebab kegagalan pembayaran cicilan angsuran. Karakteristik penjualan angsuran menjadi pertanyaan penjualan cicilan sebab adanya resume penjualan angsuran.

Jurnal pembatalan penjualan angsuran dilakukan agar contoh soal penjualan angsuran barang tak bergerak dapat diselesaikan. Pengakuan laba kotor dalam penjualan angsuran dilakukan dengan membuat jurnal sebagai berikut

  • Menghitung sisa hutang yang tidak bisa dibayar
  • Sisa piutang angsuran yang belum dilunasi adalah Rp 120.000.000/30*27 = Rp 108.000.000
  • Menghitung laba kotor yang belum direalisasi
  • Laba kotor belum direalisasi adalah Rp 108.000.000 x 25% = Rp 27.000.000
  • Menghitung laba dan rugi kepemilikan kembali barang dagang
  • Laba kepemilikan kembali barang dagang merupakan penjumlahan barang dagang yang dimiliki kembali dengan laba kotor direalisasi. Piutang penjualan akan mengurangi angsuran yang dibatalkan.
    Laba pemilikan kembali = Rp 60.000.000 + Rp 27.000.000 - Rp 108.000.000 = (Rp 21.000.000)

Jurnal Pembatalan penjualan angsuran sebab kegagalan pembayaran transaksi yang harus dibuat adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
01 September 2020Barang Dagang DikembalikanRp60.000.000
Laba Kotor Belum DirealiasiRp27.000.000
Rugi Pemilikan KembaliRp21.000.000
Piutang Penjualan AngsuranRp108.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tak Bergerak

Demikianlah contoh soal pembatalan penjualan angsuran barang bergerak dan barang tak bergerak semoga dapat membantu mengetahui pengertian penjualan angsuran dan pertanyaan penjualan cicilan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pembatalan Penjualan Angsuran Barang Bergerak dan Barang Tak Bergerak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel