Contoh Soal dan Jawaban Laba Antar Perusahaan Persediaan dan Aset Tetap

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban laba antar perusahaan persediaan dan aset tetap menjadi pilihan bagi induk perusahaan untuk melaporkan laporan keuangan konsolidasi. Transaksi entitas induk dan entitas anak dapat terjadi ketika induk perusahaan membeli barang dagang dari anak perusahaan.

Contoh soal intercompany inventory transaction menjadi laba antar anak perusahaan yang wajib dilaporkan dalam laporan keuangan konsolidasi. Transaksi persediaan antar perusahaan dapat terjadi ketika anak perusahaan menjual barang dagang kepada anak perusahaan.

Contoh transaksi hulu dan hilir menjadi perbedaan upstream dan downsteram dalam akuntansi keuangan lanjutan. Induk perusahaan memiliki kewajiban melaporkan laporan keuangan konsolidasi pada akhir periode. Jurnal penyesuaian transaksi penggabungan usaha harus dibuat sebelum pembuatan laporan keuangan konsolidasi.

Contoh Soal dan Jawaban Laba Antar Perusahaan Persediaan dan Aset Tetap


Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Antar Anak Perusahaan

Contoh soal penjualan barang dagang antar anak perusahaan menjadi transaksi upstream dan downstream dalam akuntansi keuangan lanjutan. Transaksi entitas induk dan entitas anak aset tetap dan persediaan barang dagang dapat menjadi solusi mengakui laba antar perusahaan.

Contoh soal penjualan barang dagang antar anak perusahaan menjadi keharusan untuk mengakui adanya laba antar perusahaan. Intercompany inventory transaction dapat terjadi ketika induk perusahaan memiliki 2 anak perusahaan.

Transaksi penjualan barang dagang oleh induk perusahan kepada anak perusahaan atau oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan disebut laba antar perusahaan. Intercompany profit adalah laba yang didapatkan dari perusahaan lain dengan satu kepemilikan.

Baca Juga: Contoh Soal Kepemilikan Saham Utama Kumulasi dan Berpartisipasi

Perbedaan Upstream dan Downstream dalam Akuntansi dan Intercompany Transaction

Pengertian upstream dan downstream dalam akuntansi keuangan lanjutan merupakan transaksi entitas induk dan entitas anak aset tetap dan penjualan barang dagang. Laba yang dihasilkan dari transaksi antar perusahaan induk dan perusahaan anak harus dihapuskan berdasarkan prinsip akuntansi.

Intercompany transaction terjadi ketika induk perusahaan berusaha mendapatkan laba yang lebih banyak dengan membuat anak perusahaan lebih dari satu. Materi intercompany profit transaction menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan apabila saham dimiliki perusahaan lain.

Contoh transaksi entitas induk dan entitas anak aset tetap dan persediaan terjadi ketika PT Kakraffi memiliki saham PT Bapakraffi sebesar 60% dan PT Iburaffi sebesar 78%. Apabila nilai persediaan barang dagang yang dilaporan pada laporan keuangan konsolidasi sebesar Rp 66.000.000 dimana Rp 26.000.000 merupakan pembelian dari PT Iburaffi oleh PT Bapakraffi yang mengandung unsur laba sebesar 25%.

Baca Juga: Jurnal Penyesuaian PPN Keluaran dan PPN Masukan

Transaksi Penjualan Barang Dagang Antar Anak Perusahaan

Transaksi penjualan barang dagang antar anak perusahaan akan mengakibatkan laba yang dilaporkan induk harus dibuatkan jurnal penyesuaian. Induk perusahaan harus menyesuaikan laba antar perusahaan sebab adanya laba yang seharusnya tidak diakui sesuai prinsip akuntansi.

Cara menghitung harga pokok penjualan barang dagang antar anak perusahaan mempertimbangkan jumlah saham yang dimiliki induk perusahaan. Adapun perhitungan harga pokok penjualan barang dagang antar anak perusahaan sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
11 November 2021Laba Ditahan PT IburaffiRp1.625.000
Laba Ditahan PT BapakraffiRp5.200.000
Persediaan barang Dagang PT   KakraffiRp6.825.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Laba Antar Perusahaan Induk dan Anak

Demikian contoh soal dan jawaban laba antar perusahaan persediaan dan aset tetap semoga transaksi penjualan oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan dapat dibuatkan jurnal penyesuaian agar sesuai prinsip akuntansi berterima umum.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Laba Antar Perusahaan Persediaan dan Aset Tetap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel