Contoh Soal Essay Kas Kecil Metode Dana Tetap dan Fluktuasi

Contoh soal essay kas kecil metode dana tetap dan fluktuasi merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka menjalankan sistem pengendalian internal. Inte

Konten [Tampil]

Contoh soal essay kas kecil metode dana tetap dan fluktuasi merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka menjalankan sistem pengendalian internal. Internal control kas dan setara kas harus dijalankan menyesuaikan kebijakan antar departemen untuk mengurangi resiko bawaan, resiko pengendalian dan resiko bisnis lainnya.

Jurnal pembentukan dana kas kecil metode imprest dan fluktuasi dibuktikan dengan adanya memo yang disetujui pejabat perusahaan seperti manajer keuangan dan direktur finance. Kelebihan metode dana tetap daripada fluktuasi adalah karyawan dapat meminta sejumlah uang untuk mengisi kembali sesuai bukti transaksi yang didapatkannya.

Contoh soal dan jawaban akuntansi kas kecil dan rekonsiliasi bank telah diatur dalam materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan lanjutan. Setiap kebijakan keuangan harus dipublikasi sebab entitas tidak dapat berjalan tanpa adanya kas untuk membayarkan tagihan tunai dan tagihan yang telah jatuh tempo.

https://www.kakraffi.my.id/2023/02/contoh-soal-laporan-keuangan-konsolidasi.html

Sistem Pengendalian Internal Kas Kecil

Contoh sistem pengendalian internal kas kecil diawali dengan pemisahan tugas antara bagian otorisasi dengan kasir. Pemegang kas kecil disebut kasir. Kasir bertugas menjalankan perintah membayarkan tagihan yang disesuaikan kebutuhan perusahaan. Ketepatan pengambilan keputusan taktis berakibat pada performa perusahaan.

Contoh soal essay kas kecil metode dana tetap dan fluktuasi diharapkan mampu memaksimalkan potensi keuntungan perusahaan. Mengapa jumlah kas di perusahaan tidak boleh terlalu tinggi dan terlalu rendah sebab entitas harus mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan menyegerakan pembayaran liabilitas jangka pendek.

Sistem pengendalian internal kas kecil bertujuan agar resiko bisnis atau resiko audit dapat dihindari. Ruang lingkup pemeriksaan auditor harus diperkecil saat internal control perusahaan bagus. Mengapa kas merupakan aset yang memiliki resiko sebab aset yang mudah untuk diselewengkan dalam kegiatan pembayaran.

Baca Juga: Penyajian Kas dan Setara Kas di Laporan Keuangan

Kelebihan dan Kekurangan Metode Imprest dan Fluktuasi dalam Mengelola Dana Kas Kecil

Kelebihan dan kekurangan metode imprest dan fluktuasi dalam mengelola dana kas kecil dibuktikan dengan adanya perintah pembayaran tagihan. Setiap perusahaan diwajibkan memiliki dana kas kecil yang cukup untuk membayarkan tagihan jatuh tempo sesuai keberadaan invoice yang telah beredar.

Contoh soal essay dan pilihan ganda kas kecil metode imprest dan fluktuasi diharapkan mampu memberikan kebebasan pengolahan dana perusahaan. Penyajian kas di laporan posisi keuangan harus mampu mengaplikasikan setiap kebutuhan uang kas antar departemen agar tetap berjalan dalam bisnis.

Kekurangan dan kelebihan metode imprest dan fluktuasi dalam mengelola dana kas kecil telah diatur dalam akuntansi pengantar. Akuntansi keuangan lanjutan membatas perihal berbagai masalah keuangan yang dihadapi sebuah instansi pemerintah dan perkembangan usaha yang dihadapi perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Kas Kecil

Contoh soal essay dan pilihan ganda kas kecil terjadi saat perusahaan menetapkan saldo kas kecil di brankas senilai Rp 24.450.000. Pengeluaran kas kecil hanya diotorisasi untuk pembayaran dalam jumlah kecil. Bagaimana jurnal pembentukan dana kas kecil yang harus dicatat dan jurnal pengisian kembali apabila transaksi yang terjadi selama satu bulan adalah

  1. Membayar tagihan makan dan minum saat rapat sebesar Rp 80.000
  2. Membeli jasa layanan pengiriman dokumen senilai Rp 82.000
  3. Membayarkan tukang antar makanan senilai Rp 63.000

Jurnal Pembentukan Dana Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi

Jurnal pembentukan dana kas kecil metode imprest dan fluktuasi memiliki kesamaan. Perusahaan akan mencairkan cek atau bilyet giro sesuai jumlah yang diperintahkan pemegang saham. Kesepakatan antara pemegang saham dengan direktur keuangan memungkinkan entitas dapat dikontrol pengeluarannya.

Jurnal pembentukan dana kas kecil yang harus dicatat oleh perusahaan adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
26/02/2023Patty Cash Rp 24.450.000
Mandiri Bank Rp 24.450.000

Jurnal Pengisian Kembali Dana Kas Kecil yang Telah Digunakan

Contoh soal essay dan pilihan ganda kas kecil metode dana tetap dan fluktuasi diharapkan mampu memberikan kemampuan bisnis bagi perusahaan. Setara kas adalah investasi jangka pendek yang diberikan perusahaan untuk memaksimalkan potensi imbal balik. Kas harus dimanfaatkan secara maksimal setiap periodenya.

Jurnal pengisian kembali dana kas kecil yang telah digunakan adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
26/02/2023Consumsion Meeting Expance Rp80.000
Document Delivery Expance Rp82.000
Indirect Labour Expance Rp63.000
Mandiri Bank Rp225.000

Baca Juga: Ciri-Ciri Metode Fluktuasi

Demikian contoh soal essay kas kecil metode dana tetap dan fluktuasi dalam sistem pengendalian internal perusahaan. Setiap perusahaan diwajibkan memberikan kemampuan maksimal dalam rangka menggunakan dana perusahaan untuk kepentingan pribadi departemen sesuai kebutuhan kasnya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Essay Kas Kecil Metode Dana Tetap dan Fluktuasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel