Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi PPKD dan SKPD Pemerintah Daerah

Contoh soal dan jawaban akuntansi ppkd dan skpd pemerintah daerah dan pemerintah pusat bertujuan untuk mempertanggungjawabkan dana yang telah dimiliki

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban akuntansi ppkd dan skpd pemerintah daerah dan pemerintah pusat bertujuan untuk mempertanggungjawabkan dana yang telah dimiliki perusahaan. Bendaharawan pemerintah adalah karyawan yang bertugas membayarkan seluruh tagihan atas pemakaian barang dan jasa yang digunakan oleh kantor.

Contoh soal jurnal transaksi ppkd pejabat pengelola keuangan daerah atau satuan kerja perangkat daerah wajib mengoptimalkan anggaran yang ditetapkan. Apakah fungsi akuntansi PPKD dalam transaksi pembiayaan daerah adalah memberikan nota debit dan kredit atas transaksi yang dilaksanakan perusahaan.

Apa saja laporan keuangan yang dibuat oleh skpd dan ppkd wajib dilakukan pemeriksaan. Auditor bpk berfungsi sebagai tempat mempublikasikan laporan keuangan yang telah dikelola oleh bendaharawan pemerintah. Pendapatan dan belanja pemerintah daerah dapat disesuaikan dengan keseimbangan pasarnya.

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi PPKD dan SKPD Pemerintah Daerah

Laporan Keuangan Yang Dibuat oleh SKPD dan PPKD

Contoh soal dan jawaban akuntansi ppkd dan skpd pemerintah daerah wajib memberikan kepastian tentang jumlah penghasilan bagi perusahaan. Bagaimana prosedur penerimaan pendapatan asli daerah diawali dengan menerima bukti transaksi, mempersiapkan buku besar pembantu piutang dan menyimpan kas di brankas.

Laporan Realiasi Anggaran Pemerintah Daerah

Laporan realisasi anggaran pemerintah daerah adalah informasi keuangan yang didapatkan perusahaan untuk mengaplikasikan setiap pertumbuhan perusahaan. Penerimaan negara bukan pajak adalah pendapatan yang diterima atas aktivitas perusahaan dalam menyelenggarakan kegiatan pelayanan masyarakat.

Laporan Kegiatan Operasional

Laporan kegiatan operasional adalah informasi perihal apa saja yang diselenggarakan departemen di pemerintah daerah dan kabupaten. PPKD atau pejabat pengelola keuangan daerah harus mempertimbangkan perilaku konsumen dan aktivitas negosiasi sebelum memutuskan membeli barang tertentu.

Laporan Arus Kas Bulanan

Laporan arus kas bulanan adalah informasi perihal aliran pembayaran yang diselenggarakan perusahaan. Semakin besar arus kas pemerintah daerah menandakan pemerintah memiliki kemampuan membayarkan tagihan secara tepat waktu sesuai termin pembayaran yang disepakati saat menyelenggarakan negosiasi.

Baca Juga: Contoh Jurnal Pencatatan Rekening Koran Perusahaan

Contoh Soal Jurnal Transaksi Akuntansi PPKD dan SKPD

Contoh soal jurnal transaksi akuntansi ppkd dan skpd terdiri dari jurnal pendapatan, belanja dan pembiayaan. Setiap pemerintah daerah wajib mengatribusikan ketepatan waktu dalam prosedur pembayaran tagihan guna menyeimbangkan antara modal kerja yang telah dikeluarkannya.

Contoh Soal Jurnal Pendapatan PPKD

Jurnal pendapatan ppkd terdiri dari pendapatan dana alokasi umum, dana alokasi khusus dan hibah. Hibah adalah pemberian secara cuma-cuma dari wajib pajak badan usaha dan orang pribadi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemakmuran suatu bisnis. Hibah bukan menjadi subjek pajak penghasilan kena pajak.

Jurnal apa saja yang diperlukan dalam pejabat pengelola keuangan daerah dapat dibuat dengan menggunakan akrual basis dan cash basis. Jurnal pendapatan ppkd terjadi ketika pemerintah kabupaten mendapatkan dana alokasi umum sebesar Rp 9.000.000 dan dana alokasi khusus sebesar 8.500.000. Bagaimana jurnal pencatatan yang harus dibuat oleh pejabat pengelola keuangan daerah tersebut?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
20/02/2023Kas di Kasda Rp17.500.000
Pendapatan Dana Alokasi Umum Rp 9.000.000
Pendapatan Dana Alokasi Khusus Rp 8.500.000

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Pemerintah Daerah

Contoh Soal Jurnal Belanja Pemerintah Daerah SKPD

Contoh soal akuntansi sektor publik bertujuan agar mahasiswa dapat berorientasi mempertanggungjawabkan realiasi anggaran yang telah diajukan. Sumber pendapatan daerah meliputi apa saja yakni pajak daerah, retribusi dan pajak bea balik nama kendaraan bermotor yang akan beroperasional.

Contoh soal akuntansi ppkd terjadi ketika pemerintah berencana membayarkan tagihan atas pembelian peralatan kantor senilai Rp 10.000.000. Bendaharawan pemerintah akan memotongkan pph pasal 22 atas transaksi yang dijalankan guna mempermudah proses pelaporan spt masanya. Adapun jurnal yang harus dibuat adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
20/02/2023Belanja Subsidi ke Perusahaan Rp10.000.000
Hutang PPh Pasal 22 Rp150.000
Kas di KasDa Rp 9.850.000

Contoh Soal Jurnal Pembiayaan Pemerintah Daerah

Apa saja laporan yang dibuat oleh skpd dan ppkd diutamakan agar dapat mensejahterakan para karyawannya. Bagaimana prosedur penerimaan pendapatan asli daerah harus dapat dibuktikan adanya kewajaran transaksi bisnis yang diaplikasikan berdasarkan tingkat pertumbuhan perusahaan per periodenya.

Bagaimana upaya pemda dalam peningkatan pendapatan asli daerah jelaskan dapat mengajukan pinjaman pembiayaan bank atau lembaga keuangan lainnya. Jurnal yang dibuat ketika pemerintah daerah mendapatkan pinjaman bank senilai Rp 123.000.000 adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
20/02/2023Kas di Kasda Rp123.000.000
Pinjaman Pemda ke Lembaga Perbankan Rp123.000.000

Baca Juga: Contoh Penerapan Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Demikian contoh soal dan jawaban akuntansi ppkd dan skpd pemerintah daerah dan pemerintah pusat sesuai pertimbangan para direktur keuangannya. Bendaharawan pemerintah bertugas membayarkan tagihan sesuai yang tercantum pada surat hutang berdasarkan ketetapan para penguasa di wilayah tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi PPKD dan SKPD Pemerintah Daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel