Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi dan Jawabannya

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi dan jawabannya bertujuan agar kekayaan perusahaan diatribusikan pada perusahaan yang tepat. Semakin banyak ju

Konten [Tampil]

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi dan jawabannya bertujuan agar kekayaan perusahaan diatribusikan pada perusahaan yang tepat. Semakin banyak jumlah saham yang beredar menandakan perusahaan membutuhkan banyak investor agar dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para karyawannya.

Contoh soal hubungan induk perusahaan dan anak perusahaan dalam laporan keuangan konsolidasi akuntansi keuangan lanjutan 2 dipengaruhi oleh kesempatan memiliki hak kontrol perusahaan lain. Penggabungan usaha menjadikan entitas bertanggungjawab atas setiap arus kas yang dikeluarkannya.

Akuntansi keuangan lanjutan 2 laporan keuangan konsolidasi wajib dibuat oleh induk perusahaan. Induk perusahaan adalah entitas yang memiliki pengaruh terhadap perusahaan lain dan dapat mengatur sebagian besar harta kekayaannya untuk kepentingan pribadi pemilik atau usaha yang disesuaikan arah tujuan bisnis.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi dan Jawabannya

Cara Memperoleh Hak Kontrol Perusahaan Lain

Hak kontrol adalah kekuatan pemilik saham untuk memberikan keputusan berkaitan dengan jumlah saham yang dimiliki atas keseluruhan saham yang diterbitkan untuk entitas lain. Hak kontrol mengakibatkan entitas harus patuh dan taat menjalankan segala keputusan yang berakibat pada kondisi keuangan perusahaan tersebut.

Cara mendapatkan hak kontrol perusahaan lain adalah membeli sebagian besar saham yang beredar dengan nilai nominal yang besar. Kekayaan pemegang saham harus lebih tinggi daripada perusahaan yang hendak dibeli untuk menyesuaikan tingkatkan keseimbangan bisnis yang akan diselenggarakan pasca aktivitas merger, konsolidasi dan akuisisi.

Cara memperoleh hak kontrol perusahaan lain dilakukan berdasarkan beberapa hal sebagai berikut

  1. Memiliki kekuasaan atas 50% hak suara saat menyelenggarakan rapat umum pemegang saham
  2. Memiliki kebebasan mengatur kebijakan keuangan dan operasional yang akan dijalankan
  3. Mempunyai keahlian dalam mengangkat dan memberhentikan sebagian besar pengurus perusahaan
  4. Memiliki kesempatan untuk mendapatkan hak suara mayoritas dalam rapat direksi yang diselenggarakan

Baca Juga: Contoh Soal Return on Asset dari Laporan Posisi Keuangan

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi dan Jawabannya

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi dan jawabannya dapat mengakibatkan entitas harus mempertanggungjawabkan setiap arus kas masuk dan arus kas keluar. Keseluruhan pertanggungjawaban bisnis berakibat pada pengambilan keputusan yang hendak dijalankan para managernya.

Contoh soal pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan dapat diaplikasikan berdasarkan keseluruhan kondisi keuangannya. Pertumbuhan perusahaan harus dikerjakan untuk mengaplikasikan program komputer akuntansi yang hendak diselenggarakan bagi para pengambil keputusan taktisnya.

Investasi saham, reksadana dan obligasi tentu memiliki resiko yang harus dihargai. Apa saja kendala dalam penyusunan laporan konsolidasi mengakibatkan kesejahteraan para karyawan menurun. Penggabungan usaha saat perusahaan mengalami kerugian berakibat pada penurunan produktivitas para karyawannya.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Wawancara Staff Accounting dan Staff Finance

Kesalahan dalam Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi

Kesalahan dalam menyusun laporan keuangan konsolidasi berakibat pada ketidaksesuaian antara hasil observasi antara para pemegang saham. Mengapa perlu dibuat jurnal eliminasi? Pengertian jurnal eliminasi adalah jurnal untuk mengurangi pencatatan transaksi berganda yang dimiliki masing-masing perusahaan.

Mengapa perlu dibuat laporan konsolidasi antara perusahaan induk dengan perusahaan anak mengetahui kinerja masing-masing kantor cabang, kantor agen dan kantor pusat. Apa yang terjadi jika induk perusahaan kehilangan kendali atas anak perusahaan maka laba yang diperoleh anak perusahaan tidak diperkenankan untuk diakui.

Kesalahan apa yang sering dilakukan saat menyusun laporan keuangan konsolidasi yaitu ketidaksesuaian antara pencatatan bisnis dan penerapan sistem pengendalian internal. Bagaimana goodwill dihitung berdasarkan teori perusahaan induk dan anak didasarkan pada perbandingan nilai wajar dan nilai buku saat transaksi.

Baca Juga: Apa itu Fenomena Penelitian Kualitatif

Demikian contoh soal laporan keuangan konsolidasi dan jawabannya yang dapat digunakan untuk soal essay dan pilihan ganda saat mahasiswa menjalankan ulangan akhir semester. Akuntansi keuangan lanjutan 2 akan membantu prosedur pencatatan kegiatan administrasi keuangan sesuai arah tujuan perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel