Contoh Penerapan Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas di Kantor Akuntan Publik

Contoh penerapan audit pemeriksaan kas dan setara kas di kantor akuntan publik dapat dikerjakan setelah entitas memastikan ketepatan sistem pengendali

Konten [Tampil]

Contoh penerapan audit pemeriksaan kas dan setara kas di kantor akuntan publik dapat dikerjakan setelah entitas memastikan ketepatan sistem pengendalian internal. Internal control sebagai dasar pembuatan dokumen harus dijaga agar setiap transaksi yang melibatkan kondisi keuangan dipertanggungjawabkan secara jelas.

Contoh program audit kas dan setara kas dapat dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Laporan audit independen dapat digunakan perusahaan sebagai dasar perhitungan pembagian laba rugi. Prosedur pengisian e-spt badan usaha ditujukan agar entitas dapat membayarkan jumlah pajak penghasilannya.

Pertanyaan pilihan ganda dan soal essay audit kas dan setara kas ditujukan bagi kantor akuntan publik. Pemilihan kantor akuntan publik yang handal dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan. Apa yang terjadi jika jumlah kas dalam perusahaan terjadi kelebihan dan kekurangan jumlah kas berakibat pada penurunan performa modal kerja.

Contoh Penerapan Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas di Kantor Akuntan Publik

Bagaimana Penyajian Kas dan Setara Kas di Laporan Keuangan

Bagaimana penyajian kas dan setara kas di laporan keuangan dipengaruhi oleh informasi perpajakan perusahaan. Perusahaan manufaktur dijadikan dasar bagi lawan transaksi untuk melakukan promosi bahan baku agar entitas mengadakan pembelian. Pembelian diharapkan memakai faktur pajak agar dapat dikreditkan per bulannya.

Contoh penerapan audit pemeriksaan kas dan setara kas di kantor akuntan publik wajib mengutamakan standar auditing. Bagaimana cara perusahaan menghadapi terjadinya kekurangan kas pada perusahaan agar perusahaan tetap berjalan lancar adalah menunda segala pembayaran kepada supplier yang belum jatuh tempo.

Apakah jika laporan keuangan arus kas tidak dibuat akan berdampak pada laporan keuangan yang lain bergantung pada alokasi bisnis. Laporan arus kas bermanfaat bagi perusahaan untuk mengadakan evaluasi akhir tahun atas kinerjanya. Arus kas dipengaruh oleh kebijakan pembelian dan penjualan barang dagang.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Interview Staff Auditor Internal Perusahaan

Contoh Pertanyaan Pilihan Ganda dan Soal Essay Audit Kas dan Setara Kas

Contoh pertanyaan pilihan ganda dan soal essay audit kas dan setara kas berguna bagi entitas untuk menyeimbangkan keadaan pasar. Bagaimana jika kas perusahaan terlalu besar dan terlalu sedikit menandakan entitas harus berupaya mengalokasikan secara wajar atas invoice yang telah jatuh tempo.

Pertanyaan audit kas dan setara kas diawali dengan penerapan sistem pengendalian internal. Mengapa pengendalian kas sangatlah penting? Sebab kas adalah darah di perusahaan dimana tanpa adanya kas maka seluruh kegiatan perusahaan dapat berhenti walaupun terdapat karyawan yang masih bekerja disana.

Contoh penerapan audit pemeriksaan kas dan setara kas di kantor akuntan publik harus memakai subtantive test dan compliance test. Mengapa kas adalah aset yang paling rentan terhadap kecurangan dalam perusahaan sebab setiap karyawan bekerja untuk mendapatkan kas atau cek sesuai kemampuannya.

Baca Juga: Cara Menghitung Modal Kerja Perusahaan

Contoh Penerapan Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas di Kantor Akuntan Publik

Contoh penerapan audit pemeriksaan kas dan setara kas di kantor akuntan publik dapat menggunakan subtantive test dan complaince test. Apakah ada pembatasan dalam penggunaan kas dan setara kas bergantung pada kebijakan pemakaian dana kas kecil sesuai instruksi dari direktur keuangan di perusahaan tersebut.

Contoh soal audit kas dan setara kas bertujuan agar uang tunai dan cek direkening giro perusahaan dapat menunjukkan informasi yang sebenarnya terjadi. Prinsip dasar akuntansi yang mewajibkan entitas mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran perusahaan diperlukan sesuai dasar akuntansinya.

Penerapan audit kas terjadi ketika PT Kakraffi mengalami adanya ketidakcocokan pencatatan transaksi keuangan dimana terdapat catatan pengeluaran kas untuk membayarkan listrik sebesar Rp 80.000.000 yang seharusnya dicatat sebagai pengeluaran biaya gaji karyawan. Bagaimana jurnal pencatatan yang harus dibuat tersebut?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
19/02/2023Biaya Gaji Karyawan Rp 80.000.000
Biaya Listrik Rp 80.000.000

Baca Juga: Contoh Soal PPN Kurang Bayar dan Lebih Bayar

Demikian contoh penerapan audit pemeriksaan kas dan setara kas di kantor akuntan publik yang bermanfaat untuk menyelenggarakan kegiatan pengauditan berbasis komputer. Sebelum pemeriksaan kewajaran saldo laporan keuangan, auditor dapat menggunakan rasio keuangan untuk menilai keadaan sementara.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Penerapan Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas di Kantor Akuntan Publik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel