Contoh Soal Jurnal Pelunasan Kembali Piutang yang Sudah Dihapus

Contoh soal jurnal pelunasan kembali piutang yang sudah dihapus adalah dasar penagihan yang dilakukan perusahaan sesuai barang dan jasa yang diserahka

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal pelunasan kembali piutang yang sudah dihapus adalah dasar penagihan yang dilakukan perusahaan sesuai barang dan jasa yang diserahkan kepada pelanggan. Kesepakatan bisnis harus dijalankan menyesuaikan keseluruhan prosedur yang ditetapkan dalam program akuntansi berbasis website.

Contoh soal jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung harus diimbangi dengan upaya perusahaan mendatangkan modal kerja. Working capital adalah kas dan setara kas yang mampu mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan selama beberapa periode sesuai target yang ditetapkannya.

Cara membuat skedul umur piutang dagang bertujuan menentukan kualitas pembayaran dari pelanggan. Umur piutang adalah jangka waktu pengiriman barang pesanan dengan periode pembayaran yang dilakukan pelanggan. Umur piutang akan menentukan kebijakan penjualan kredit yang disetujui oleh departemen pemasaran.

Contoh Soal Jurnal Pelunasan Kembali Piutang yang Sudah Dihapus

Apa itu Skedul Umur Piutang Dagang?

Contoh soal jurnal pelunasan kembali piutang yang sudah dihapus berhubungan dengan sistem pengendalian internal perusahaan. Internal control piutang dagang diharapkan mampu memberikan kepastian perihal total kekayaan yang harus diapresiasi sesuai tingkatan bisnis selama beberapa periode akuntansinya.

Apa itu skedul umur piutang dagang adalah seluruh tagihan yang didapatkan perusahaan dari upaya mengatribusikan kesempatan berbisnis. Account recaivables adalah seluruh nilai barang dan jasa yang telah disetorkan perusahaan kepada pelanggan dan harus dibayarkan dalam termin pembayaran yang disepakati.

Pengertian skedul umur piutang tak tertagih adalah jangka waktu penerbitan invoice dan faktur pajak penjualan sampai proses pembayaran tagihan yang diselenggarakan pelanggan. Pelanggan akan membayarkan tagihan sesuai nilai nominal yang dibayarkan selama menyelenggarakan kegiatan berbisnis.

Baca Juga: Contoh Soal Pertanyaan Interview Staff Accounting

Cara Membuat Skedul Umur Piutang Tak Tertagih

Cara membuat skedul umur piutang tak tertagih menjadi rangkaian program yang dilalui perusahaan untuk mendatangkan arus kas di awal periode. Kesepakatan berbisnis dengan lawan transaksi mengakibatkan entitas mengalami lonjakan omzet penjualan atas rencana penjualan kredit yang disepakati.

Contoh soal jurnal pelunasan kembali piutang yang sudah dihapus berkaitan dengan adanya penilaian auditor internal perihal ketidakmampuan lawan transaksi membayarkan tagihan. Konsekuensi dari penghapusan piutang adalah entitas harus membayarkan pajak pertambahan nilai secara mandiri sesuai nominal tagihannya.

Contoh soal piutang tak tertagih terjadi ketika PT Kakraffi menerima order masuk dari pelanggannya senilai Rp 83.000.000. Termin pembayaran yang disepakati adalah 3/10 n/30. Bagaimana cara membuat jurnal penjualan kredit, langkah-langkah membuat skedul umur piutang dan jurnal penghapusan piutangnya?

Baca Juga: Cara Menginput Faktur Pajak Penjualan di Efaktur

Cara Membuat Jurnal Penjualan Kredit

Cara membuat jurnal penjualan kredit berawal dari keputusan meningkatkan omzet perusahaan dengan memberikan metode pembayaran cicilan kepada pelanggan. Resiko penjualan kredit akan terjadi saat pelanggan tidak memiliki etika berbisnis sesuai standar yang ditetapkan perusahaan yaitu pembayaran cash.

Jurnal penjualan kredit terjadi saat perusahaan telah menyerahkan barang dan jasa terlebih dahulu baru menerima pembayarannya. Konsekuensi penjualan cicilan adalah entitas harus membentuk departemen analisis kredit yang terpercaya untuk mengambil keputusan kelayakan pembayaran nasabah. Adapun jurnal penjualan kredit yang harus dibuat adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
10/03/2023 Piutang Dagang Rp 92.130.000
Penjualan Rp 83.000.000
PPN Keluaran Rp 9.130.000

Cara Membuat Skedul Umur Piutang Tak Tertagih

Cara membuat skedul umur piutang tak tertagih harus dapat menentukan tanggal pengiriman barang dengan termin pembayaran yang disepakati. Apabila PT Kakraffi mengirimkan barang ditanggal 10 maret 2023 dengan termin 3/10 n/30. Maka, piutang akan jatuh tempo pada tanggal 9 april 2023.

Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berhubungan dengan kesempatan berbisnis lawan transaksi. Konsekuensi informasi keuangan akan menghindari kerugian atas kerjasama yang telah ditetapkannya. Dokumen untuk mencatat penghapusan piutang adalah keputusan pengadilan negeri setempat

Tanggal Keterangan DebitKredit
11/05/2023 Beban Kerugian Piutang Rp 92.130.000
Piutang Dagang Rp 92.130.000

Jurnal Pelunasan Kembali Piutang yang Sudah Dihapus

Jurnal pelunasan kembali piutang yang sudah dihapus harus membalikkan transaksi penghapusan piutang yang telah dibuat. Auditor eksternal mengupayakan adanya pertimbangan konsekuensi informasi yang dilaporkan ke kantor pelayanan pajak. Adapun jurnal pelunasan kembali piutang yang sudah dihapus adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
09/08/2023 Piutang Dagang Rp 92.130.000
Beban Kerugian Piutang Rp 92.130.000
(Jurnal pembalik penghapusan piutang)
Kas Rp 92.130.000
Piutang Dagang Rp 92.130.000
(jurnal pelunasan tagihan)

Baca Juga: Contoh Program Audit Piutang Dagang

Demikian contoh soal jurnal pelunasan kembali piutang yang sudah dihapus dalam prosedur sistem pengendalian internal perusahaan. Bukti untuk mencatat transaksi penjualan kredit adalah surat jalan, surat pesanan, faktur pajak penjualan dan sinkronisasi data laporan keuangan yang dibutuhkan manajemen.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Pelunasan Kembali Piutang yang Sudah Dihapus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel