Langkah-Langkah Export Import Accurate ke E-Faktur PPN

Langkah-langkah export import accurate ke e-faktur ppn diperuntukkan bagi entitas yang akan melaporkan spt masa ppn bertujuan menghindari pencatatan

Konten [Tampil]

Langkah-langkah export import accurate ke e-faktur ppn diperuntukkan bagi entitas yang akan melaporkan spt masa ppn. Pajak pertambahan nilai adalah iuran yang dikenakan atas setiap pertambahan nilai dalam mata rantai distribusi barang kena pajak dan jasa kena pajak di dalam daerah pabean.

Cara mengaktifkan atau menggunakan e-faktur di accurate online bertujuan agar menghindari pencatatan kembali ketika input faktur pajak. Faktur pajak terdiri dari pajak masukan dan pajak keluaran dimana selisihnya akan dihitung sebagai ppn lebih bayar atau ppn kurang bayar yang disetorkan ke kas negara.

Cara export import ppn dari accurate ke e-faktur pajak pertambahan nilai merupakan aktivitas yang sering dilaksanakan. Contoh transaksi perusahaan dagang selama 1 bulan diantaranya pemungutan pajak penghasilan dan ppn atas pembelian, penjualan, penerimaan kas dan pengeluaran kas untuk kegiatan operasional perusahaan.

Langkah-Langkah Export Import Accurate ke E-Faktur PPN

Fungsi Menu E-Faktur di Accurate Online dan Dekstop

Fungsi menu e-faktur di accurate online dan dekstop bertujuan agar entitas dapat menghitung jumlah ppn lebih bayar atau ppn kurang bayar. Entitas wajib membayarkan pajak pertambahan nilai yang kurang bayar melalui web.efaktur-pajak.go.id dengan menyertakan kode billing dan nomor tanda penerimaan negara.

Penjelasan fungsi e-faktur pada aplikasi accurate adalah menu yang dipergunakan membantu kegiatan administrasi pelaporan spt masa ppn. E-faktur pajak menjadi aplikasi untuk input faktur pajak keluaran dan faktur pajak masukan sesuai kegiatan penjualan barang dan jasa kena pajak didalam daerah pabean.

Bagaimana cara mengaktifkan menu e-faktur pada accurate online dilaksanakan dengan mendownload terlebih dahulu sertifikat elektronik yang dikeluarkan. Error terjadi ketika proses import faktur keluaran ke dalam e-faktur akan terjadi ketika format file csv tidak menunjukkan adanya proses yang diinginkan oleh aplikasi perpajakan.

Baca Juga: Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Cara Isi Kode Barang dan Lawan Transaksi di E-Faktur dengan Menu Import

Cara isi kode barang dan lawan transaksi e-faktur dengan menu import dan export diperuntukkan agar menjadi referensi ketika melakukan input faktur pajak. Pajak keluaran adalah pemungutan pajak yang berasal dari transaksi penjualan barang dimana pelanggan akan membayarkan bersamaan dengan tagihannya.

Cara mengisi lawan transaksi dan barang di aplikasi e-faktur bertujuan agar akuntan perusahaan tidak perlu mencatat kembali informasi transaksi keuangan. Fitur yang digunakan untuk melihat barang dan jasa di software accurate adalah menu barang dan jasa kena pajak. Barang dapat mencantumkan nomor batch untuk setiap produknya.

Cara isi referensi lawan transaksi dan kode barang di e-faktur merupakan tindakan agar mengurangi kesalahan dalam mencatat jenis barang yang diperdagangkan. Kegunaan dari menu daftar barang adalah menginventarisasi seluruh barang milik perusahaan selama kegiatan operasional berjalan.

Baca Juga: Cara Menghitung Goodwill dari Penggabungan Usaha

Cara Export Import PPn di Accurate ke E-Faktur

Cara export import ppn di accurate ke e-faktur diawali dengan merangkum informasi detail tentang lawan transaksi. Entitas diwajibkan untuk mengisi informasi dalam faktur pajak secara benar berupa NPWP, alamat pelanggan, barang yang diperjualbelikan, harga barang yang disepakati dan uang muka penjualan.

Langkah-langkah export import accurate ke e-faktur ppn bertujuan agar entitas dapat menghitung jumlah ppn lebih bayar dan ppn kurang bayar. Contoh transaksi perusahaan dagang selama satu bulan akan dicatat ke dalam jurnal umum dan jurnal khusus sesuai bukti transaksi yang didapatkan dari pelanggan atau pemasok.

Cara export import ppn di accurate ke e-faktur merupakan aktivitas mencatat faktur pajak secara otomatis. Faktur pajak merupakan bukti transaksi atas pemungutan pajak pertambahan nilai. Adapun langkah-langkah export dan import accurate ke e-faktur / spt masa ppn dilaksanakan dengan cara:

  1. Buka aplikasi accurate online
  2. Pilih menu pelanggan untuk mengaktifkan e-faktur di accurate dekstop
  3. Isilah nomor seri faktur pajak yang dimiliki
  4. Input faktur penjaualan dan faktur pembelian selama satu periode
  5. Masuk ke menu e-faktur
  6. Centang faktur pajak yang ingin dilaporkan
  7. Akan nampak jumlah ppn lebih bayar dan ppn kurang bayar
  8. Buatlah kode billing dan laksanakan pembayaran untuk menerina NTPN

Baca Juga: Cara Rekonsiliasi Bank di Accurate Online

Demikian langkah-langkah export import accurate ke e-faktur ppn yang menjadi materi komputer akuntansi. Agar entitas dapat mempertanggungjawabkan proses pembelian dan penjualan barang kena pajak maka dapat menghindari adanya kecurangan ketika melakukan pemungutan pajak penghasilannya.

Belum ada Komentar untuk "Langkah-Langkah Export Import Accurate ke E-Faktur PPN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel