Contoh Soal Essay Persamaan Dasar Akuntansi dan Jawabannya

Contoh soal essay analisis transaksi pencatatan persamaan dasar akuntansi bertujuan agar modal perusahaan dapat dialokasikan secara tepat

Konten [Tampil]

Contoh soal essay persamaan dasar akuntansi dan jawabannya menjadi bagian dari materi akuntansi pengantar. Sistem pengendalian internal kas dan setara kas akan mengungkapkan bagaimana modal dan hutang dagang digunakan untuk pembelian aset lancar dan aset tetap dengan tujuan operasional perusahaan.

Contoh soal analisis transaksi pencatatan persamaan dasar akuntansi bertujuan agar modal perusahaan dapat dialokasikan secara tepat dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Unsur-unsur laporan posisi keuangan terdiri dari komponen neraca saldo, kinerja keuangan dan catatan atas laporan posisi keuangan.

Cara menganalisis transaksi perusahaan dagang akan mempublikasikan informasi keuangan sesuai tujuan pembuatannya. Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen terletak pada pengguna laporan dan format yang disesuaikan untuk keperluan para pengguna laporan dalam pengambilan keputusan taktis.

Contoh Soal Essay Persamaan Dasar Akuntansi dan Jawabannya

Pengaruh Transaksi Terhadap Laporan Keuangan

Pengaruh transaksi terhadap laporan keuangan adalah mencatat transaksi dengan penggunaan sistem pencatatan berganda atau double entry system. Fungsi persamaan dasar akuntansi adalah mengalokasikan ekuitas dan liabilitas berdasarkan tingkat penggunaan kas dan setara kas dalam membantu kegiatan operasional perusahaan.

Hubungan akun nominal dan akun riil akan dikaitankan dengan laporan perubahan modal. Perubahan modal akan terjadi setiap kali pendapatan dan pengeluaran perusahaan terjadi. Pemilik perusahaan dapat mengambil kembali modal yang telah disetorkan sesuai persentase hak kontrol yang dimilikinya dan akta pendirian.

Pengaruh transaksi terhadap laporan posisi keuangan nampak pada akun nominal. Akun nominal adalah akun yang dipergunakan untuk mengalokasikan informasi kinerja keuangan perusahaan. Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi menggunakan rumus aktiva harus sama dengan liabilitas dan ekuitas.

Baca Juga: Contoh Soal Laba Belum Terealisasi dan Pembahasannya

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jawabannya

Contoh soal persamaan akuntansi perusahaan dagang dirumuskan berdasarkan konsep sistem pembukuan berganda. Double entry system artinya perusahaan akan mencatat transaksi dengan menggunakan minimal dua akun yang terlibat sesuai jenis bukti transaksi yang didapatkannya.

Persamaan dasar akuntansi adalah sistem pengelolaan sumber daya keuangan perusahaan agar sesuai dengan hutang dan ekuitas. Tujuan persamaan akuntansi adalah mencaritahu sumber kekayaan perusahaan dialokasikan untuk membantu tujuan perusahaan tercapat sesuai akta pendirian yang disepakati.

Contoh soal essay dan pilihan ganda persamaan dasar akuntansi terjadi pada PT Kakraffi yang akan didirikan dengan kas sebesar Rp 58.200.000 dan bangunan senilai Rp 446.000.000. Setoran awal pemilik akan dicatat sebagai modal awal pada sistem pembukuan berganda sebagai berikut:

Keterangan Aktiva = Ekuitas
Akun Kas Bangunan Modal Raffi
- Setoran Awal Rp 58.200.000 Rp 446.000.000 Rp 504.200.000
- Pembelian Kredit Rp 22.000.000 Rp 22.000.000

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Perolehan Aktiva Tetap Berwujud

Rumus dan Konsep Persamaan Dasar Akuntansi

Rumus persamaan dasar akuntansi adalah aktiva sama dengan hutang dan modal. Aktiva bersih perusahaan adalah total aset yang dimiliki entitas setelah seluruh hutang jangka panjang dan jangka pendeknya dilunasi. Akun riil adalah akun yang digunakan untuk melaporkan total kekayaan perusahaan.

Konsep persamaan dasar akuntansi mewajibkan perusahaan melakukan publikasi laporan posisi keuangan berdasarkan kebijakan akuntansi. Contoh penerapan kebijakan akuntansi adalah sistem perpetual dan sistem periodik dalam menilai persediaan akhir dan penentuan harga pokok penjualan barang dagang.

Contoh soal persamaan akuntansi akan terjadi ketika transaksi pembelian perlengkapan perusahaan dilaksanakan. Setiap transaksi yang melibatkan aliran kas masuk dan keluar akan mempengaruhi jumlah modal. Apabila PT Kakraffi membeli alat kantor senilai Rp 5.000.000 secara tunai dan Rp 12.00.000 secara kredit, maka persamaan akuntansi yang dibuat adalah?

Keterangan Aktiva = Liabilitas
Akun Kas Peralatan
- Pembelian Tunai Rp (5.000.000) Rp 5.000.000
- Pembelian Kredit Rp (12.000.000) Rp (12.000.000)

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Umum Dari Bukti Transaksi

Demikian contoh soal essay dan pilihan ganda persamaan dasar akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Seluruh transaksi yang melibatkan aliran kas berubah harus dapat dialokasikan secara wajar karena mempengaruhi jumlah setoran modal yang dilakukan oleh pemegang saham perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Essay Persamaan Dasar Akuntansi dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel