Pengertian dan Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Pengertian dan Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun bertujuan agar pembebanan biaya perolehan dapat dilakukan selama umur manfaat aktiva

Konten [Tampil]

Pengertian dan contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun menjadi materi akuntansi keuangan menengah berkaitan dengan aktiva tetap. Perhitungan persentase depresiasi dapat ditentukan berdasarkan tingkat penggunaan aset untuk kegiatan operasional perusahaan selama mengikuti aturan perpajakan yang berlaku.

Contoh soal dan jawaban penyusutan metode saldo menurun berganda, garis lurus, unit produksi dan jumlah angka tahun diperkenankan untuk pengurang biaya operasional berdasarkan akuntansi. Perpajakan akan melakukan koreksi fiskal agar pembebanan yang dilakukan perusahaan sesuai aturan yang ditetapkan.

Kapan aset tetap diakui dan dihentikan dalam laporan keuangan? bagaimana prosedur penyusutan yang dibolehkan dalam aturan perpajakan? bagaimana penggolongan aktiva tetap dan aktiva lancar yang benar sesuai standar akuntansi keuangan yang diterapkan dapat berpengaruh tentang penilaian kewajaran laporan keuangan.

Pengertian dan Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Pengertian dan Penyebab Terjadinya Penyusutan Aktiva Tetap

Pengertian penyusutan menurut para ahli adalah tindakan perusahaan untuk membebankan pengeluaran pembelian aset ke periode penggunaannya untuk menghindari adanya koreksi fiskal. Penyusutan dalam akuntansi sering disebut depresiasi aktiva tetap berwujud. Aktiva tetap tak berwujud akan mengalami amortisasi.

Penyebab terjadinya penyusutan aktiva tetap adalah upaya perusahaan menghindari adanya koreksi fiskal. Aktiva pajak tangguhan dan kewajiban pajak tangguhan terjadi ketika entitas tidak mengikuti aturan perpajakan dalam menentukan umur manfaat dan penilaian terhadap nilai residu yang dihasilkan setiap periodenya.

Alasan perusahaan melakukan perhitungan depresiasi setiap periodenya adalah menentukan seberapa besar biaya penggunaan mesin dan kendaraan dalam membantu operasional. Tanah termasuk aktiva tetap yang memiliki substansi komersial sehingga akan cenderung merugikan ketika diperjualbelikan.

Baca Juga: Cara Menghitung Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Contoh Soal

Contoh Soal dan Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh soal dan jurnal penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun berfungsi untuk mempercepat proses pengakuan biaya fiskal. Taksiran harga jual yang ditetapkan perusahaan pada akhir masa penggunaan aktiva tetap disebut nilai residu. Nilai residu dalam perpajakan tidak diperkenankan.

Rumus depresiasi aset tetap metode jumlah angka tahun dapat menjadi pedoman untuk menentukan perbandingan antara jumlah digit tahun berdasarkan umur manfaat. Nilai residu tidak dipertimbangkan ketika memperhitungkan penyusutan menggunakan metode sum of year's digit method.

Contoh soal dan jawaban depresiasi aset tetap terjadi pada PT Kakraffi yang mengalokasikan biaya perolehan kendaraan seharga Rp 15.960.000 selama 4 tahun. Metode penyusutan jumlah angka tahun dipergunakan untuk memberikan biaya fiskal lebih besar diawal periode. Buatlah jurnal penyesuaian aktiva tetap?

Baca Juga: Contoh Perhitungan Laba Rugi Selisih Kurs Mata Uang Asing

Cara Menghitung dan Jurnal Penyesuaian Penyusutan Aktiva Tetap

Cara menghitung biaya penyusutan dan biaya perolehan harus berdasarkan pada pernyataan standar laporan keuangan atau PSAK. Prinsip akuntansi berterima umum mengharuskan aktiva diakui ketika sudah dapat menghasilkan manfaat ekonomis walaupun terjadi perbedaan antara tanggal pembelian dan tanggal penggunaan.

Aktiva tetap dimulai penyusutan ketika tanggal penggunaan pertama kali untuk memulai operasi bisnis. Jurnal kapitalisasi aset memerlukan bukti kas keluar seperti invoice dan faktur pajak masukan. Cara menentukan tarif penyusutan dapat dilihat dari metode yang dipergunakan untuk mencegah biaya yang tidak terduga.

Contoh perhitungan biaya penyusutan dan biaya perolehan serta akumulasi depresiasi aktiva tetap menggunakan metode jumlah angka tahun dilakukan sebagai berikut:

TahunFaktor Pembagi Biaya Perolehan Biaya Depresiasi Akumulasi Penyusutan
20214 Rp 15.960.000 Rp 6.384.000 Rp 6.384.000
20223 Rp 15.960.000 Rp 4.788.000 Rp 11.172.000
20232 Rp 15.960.000 Rp 3.192.000 Rp 14.364.000
20241 Rp 15.960.000 Rp 1.596.000 Rp 15.960.000

Ayat jurnal penyesuaian penyusutan aktiva tetap menggunakan metode jumlah angka tahun sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
08/02/2021Beban Depresiasi Rp 6.384.000
Akumulasi Depresiasi Rp 6.384.000
(Jurnal Depresiasi Tahun Pertama)

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap Setelah Digunakan

Demikian pengertian dan contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun dalam laporan posisi keuangan. Internal control asset berperan untuk memudahkan seseorang mempertanggungjawabkan penggunaan dana ketika melakukan pembelian aset dan perawatan rutin aset selama masa pakai aktiva.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel