Cara Menganalisis Transaksi dan Pencatatan Persamaan Dasar Akuntansi

Cara menganalisis transaksi dan pencatatan persamaan dasar akuntansi diawali dengen penggunaan akun riil dan akun nominal dalam laporan keuangan

Konten [Tampil]

Cara menganalisis transaksi dan pencatatan persamaan dasar akuntansi diawali dengen penggunaan akun riil dan akun nominal dalam laporan keuangan. Laporan keuangan terdiri dari laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan arus kas, laporan perubahan modal dan catatan atas kebijakan akuntansi yang diterapkan.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi sederhana pada perusahaan jasa, perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang akan melibatkan pencatatan siklus akuntansi. Hubungan antara aset dengan liabilitas dan ekuitas akan dicantumkan pada neraca saldo yang memuat informasi sumber daya keuangan perusahaan.

Pencatatan transaksi pada persamaan dasar akuntansi bertujuan agar setiap transaksi dicatat ke dalam dua akun. Sistem pembukuan berganda adalah mekanisme pencatatan akuntansi keuangan dimana entitas akan mencatat transaksi ke dalam minimal dua akun untuk setiap bukti transaksi yang didapatkan dari lawan transaksi.

Cara Menganalisis Transaksi dan Pencatatan Persamaan Dasar Akuntansi

Bagaimana Cara Menganalisis Transaksi di Akuntansi Keuangan

Cara melakukan analisis transaksi akuntansi bagi pemula mewajibkan perusahaan melaporkan kondisi keuangan selama satu periode secara akurat. Fungsi pencatatan transaksi bisnis adalah menyimpan segala aktivitas perusahaan dari pemakaian kas dan setara kas selama satu periode untuk pengukuran kinerja keuangan.

Bagaimana cara menganalisis transaksi di akuntansi keuangan harus dapat membuktikan adanya koreksi fiskal. Asumsi dalam menyusun laporan keuangan terdiri dari konsep entitas, konsep keberlangsungan usaha, konsep unit moneter yang stabil untuk pengukuran jumlah rupiah yang harus dicatat atas kejadikan ekonomis.

Hal-hal apa saja yang harus dianalisa dalam kegiatan analisa transaksi bisnis meliputi nama supplier, jumlah barang dan harga kesepakatan, pemotongan dan pemungutan pajak pertambahan nilai serta penjumlahan dari masing-masing kegiatan operasional. Langkah-langkah analisa transaksi keuangan sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Mencatat Retur Pembelian dan Penjualan di Myob Accounting

Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Persamaan Dasar Akuntansi

Contoh soal essay dan pilihan ganda persamaan dasar akuntansi bertujuan agar entitas dapat mengalokasikan seluruh sumber daya keuangan dalam mencapai tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan didirikan adalah meningkatkan manfaat ekonomis yang akan didapatkan oleh pemegang saham di perusahaan.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi terdiri dari 10 transaksi dan 14 transaksi akan diawali dengan penyetoran modal pemegang saham. Akta pendirian berisikan informasi tentang prosedur masuk dan keluarnya anggota sekutu terutama berapakah jumlah modal yang harus disetorkan ketika awal pendirian dilaksanakan.

Pengaruh transaksi terhadap laporan keuangan harus dapat menyusun neraca saldo sesuai keseimbangan antara debit dan kredit. Unsur-unsur laporan keuangan konvensional dan syariah terdiri dari aktiva, liabilitas, ekuitas, earning dan expance yang dicatat sesuai penerapan kebijakan akuntansi perusahaan.

Baca Juga: Cara Konfirmasi Pesanan Diterima Shopee COD

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jawabannya

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dan jawabannya harus dapat menyeimbangkan antara akun riil dan akun nominal. Akun riil adalah akun yang diperuntukkan sebagai pengukuran total kekayaan perusahaan dari aktivitas perdagangan barang atau jasa kena pajak.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi menjadi dasar bagi akuntan menilai informasi keuangan. Fungsi persamaan dasar akuntansi adalah mengalolasikan kekayaan perusahaan ke beberapa tahapan bisnis berdasarkan tingkat liabilitas dan ekuitas perusahaan sesuai jumlah rupiah yang didapatkan ketika bertransaksi.

Contoh tabel siklus akuntansi tentu akan diawali dengan penyetoran modal pemegang saham. Setoran awal berakibat pada penambahan modal berupa kas atau aktiva tetap sejenis. PT Kakraffi didirikan dengan setoran kas sebesar Rp 85.000.000 dan truk sebesar Rp 400.000.000. Bagaimana jurnal umum yang harus dibuat?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Truk Modal Kakraffi
- Setoran Awal Rp 85.000.000 Rp 400.000.000 Rp 485.000.000

Pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi dilanjutkan dengan adanya penjualan barang secara tunai sebesar Rp 51.000.000 dan kredit sebesar Rp 45.000.000. Apabila termin pembayaran n/30 bagaimana rumus persamaan akuntansi yang harus dibuat adalah

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Piutang Modal Kakraffi
- Penjualan Kredit Rp 45.000.000 Rp 45.000.000
- Penjualan Tunai Rp 51.000.000 Rp 51.000.000

Cara menganalisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi dapat melibatkan pencatatan bisnis. PT Kakraffi harus membayarkan hutang yang jatuh tempo senilai Rp 46.000.000 dan membayarkan sewa bangunan senilai Rp 31.500.000. Bagaimana rumus persamaan akuntansi yang harus dibuat?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Modal Kakraffi
- Pembayaran Tagihan Rp (46.000.000) Rp (46.000.000)
- Bayar Sewa Rp (31.500.000) Rp (31.500.000)

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Interview Staff Accounting dan Jawabannya

Demikian cara menganalisis transaksi dan pencatatan persamaan dasar akuntansi melalui penerapan prinsip akuntansi yang berterima umum. Mengapa perlu dilakukannya pencatatan bisnis? karena entitas harus mengukur kinerja keuangan dalam rangka pengambilan keputusan investasi jangka panjang.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menganalisis Transaksi dan Pencatatan Persamaan Dasar Akuntansi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel