Cara Menggunakan Fitur Aset Tetap di Accurate Online dan Dekstop

Cara menggunakan fitur aset tetap di accurate online dan dekstop menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana perusahaan

Konten [Tampil]

Cara menggunakan fitur aset tetap di accurate online dan dekstop menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana perusahaan. Akuntansi keuangan menengah bab aktiva tetap berisikan informasi tentang biaya perolehan, metode penyusutan dan revaluasi aktiva tetap.

Bagaimana cara input saldo awal aktiva tetap, piutang dan hutang, persediaan bahan baku dan barang jadi dalam software accurate dapat mengimpor dari program microsoft excel. Cara membeli software accurate online dan dekstop versi 5 diperuntukkan bagi entitas yang memiliki laporan keuangan untuk informasi perpajakan.

Langkah-langkah memasukkan saldo awal penyusutan aktiva tetap berwujud dan amortisasi aset tetap tak berwujud bertujuan untuk alokasi biaya perolehan. Pengertian biaya perolehan adalah biaya untuk pembelian atau pertukaran aset yang diakui berdasarkan nilai tukar, nilai beli dan biaya persiapannya.

Cara Menggunakan Fitur Aset Tetap di Accurate Online dan Dekstop

Cara Memasukkan Saldo Awal Penyusutan Aktiva Tetap pada Accurate Online

Cara memasukkan saldo awal penyusutan aktiva tetap pada accurate online merupakan tindakan entitas memperpanjang masa pakai aset untuk kegiatan produksi. Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya nilai penyusutan adalah biaya perolehan, umur manfaat dan nilai residu yang ditetapkan perusahaan.

Cara input saldo awal aset tetap di accurate dekstop harus melakukan inventarisasi aset seperti tanggal pembelian, biaya perolehan dan pemakaian aset, hasil kegiatan produksi dan sumber dana pembelian aset tersebut. Fitur aset tetap accurate bertujuan untuk memudahkan pembuatan kartu aktiva untuk pelaporan pajak.

Bagaimana cara memasukkan saldo awal penyusutan aktiva tetap dimulai dengan menentukan nilai akumulasi depresiasi setiap aset perusahaan. Akumulasi depresiasi adalah penambahan total penyusutan yang telah dijalankan perusahaan selama masa pakai aset sampai pembuatan database baru.

Baca Juga: Cara Menghitung Pajak Penghasilan Badan Omzet Diatas 4,8 Miliar

Cara Menggunakan Modul Aset Tetap pada Accurate Online

Cara menggunakan modul aset tetap pada accurate online terdiri dari menu tipe aktiva tetap pajak, menu aktiva tetap baru dan menu daftar aktiva tetap. Yang tidak termasuk menu pada modul aset tetap adalah modul penjualan, pembelian, kas dan persediaan barang dagang terutama pemakaian bahan baku.

Penyusutan aktiva tetap pada accurate bisa menggunakan metode depresiasi seperti metode garis lurus, metode saldo menurun berganda dan metode unit produksi. Contoh soal activity based costing akan membebankan seluruh biaya perusahaan selama kegiatan produksi sesuai jumlah unit yang mampu dihasilkan.

Cara menggunakan modul aset tetap di accurate dekstop versi 5 akan memudahkan proses pelaporan total kekayaan perusahaan. Di dalam accurate proses pencatatan penyesuaian aset tetap dapat dilakukan secara otomatis melalui fitur buku besar. Aktiva tetap diperoleh dengan cara pertukaran liabilitas dan ekuitas.

Baca Juga: Cara Setting Preference Accurate Online

Cara Mencatat Pembelian Aset Tetap Secara Tunai dan Kredit di Accurate Online

Cara mencatat pembelian aset tetap secara tunai dan kredit di accurate online dan dekstop perlu dilakukan agar entitas dapat mencatat seluruh aktivitas bisnis perusahaan. Proses akhir bulan di accurate bertujuan agar dapat dilakukan penyusutan aktiva tetap secara otomatis mengikuti tanggal pemakaian.

Pembelian aktiva tetap secara kredit dan tunai di accurate dapat dijadikan saldo awal dan akumulasi penyusutan dibebankan periode berjalan. Penjualan kredit adalah penjualan barang dimana barang kena pajak diserahkan terlebih dahulu kepada pembeli sebelum menerima kas dan setara kas periode berjalan.

Cara mencatat pembelian aktiva tetap pada accurate harus diselenggarakan secepatnya setelah entitas menggunakan aset pertama kali. Penyusutan aktiva tetap akan dimulai ketika aset sudah siap dipergunakan tanpa mempertimbangkan tanggal pembelian dan barang datang ke pabrik untuk operasionalnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul Pembelian dan Penjualan di Myob

Demikian cara menggunakan fitur aset tetap di accurate online dan dekstop melalui program komputer akuntansi seperti myob, zahir, accurate. Seluruh aktiva tetap harus dihitung sesuai nilai wajarnya pada saat pembelian atau pertukaran aset tetap sejenis. Menu aset tetap diprioritaskan untuk aset bernilai material.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Fitur Aset Tetap di Accurate Online dan Dekstop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel