Contoh Soal Metode Bonus Sekutu Bertahan dan Sekutu yang Mundur dari Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal metode bonus sekutu bertahan dan sekutu yang mundur dari persekutuan menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan tentang perubahan pemilikan firma. Persekutuan memiliki usia terbatas dimana akan dibubarkan ketika terjadi perubahan anggota sekutu dengan masuk atau keluar sekutu baru.

Pertanyaan tentang perubahan pemilikan persekutuan berkaitan dengan alokasi keuangan yang didapatkan oleh akuntan perusahaan. Akuntansi persekutuan adalah metode pencatatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk penyertaan modal dan memiliki tanggungjawab tidak berbatas terhadap hutang yang dilakukan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 dihubungkan dengan pendirian dan pembubaran persekutuan. Kapan persekutuan dinyatakan dibubarkan ketika sekutu meninggal dunia, sekutu menjual pemilikannya kepada sekutu lain atau pihak ketiga. Metode bonus dan metode goodwill harus diterapkan terdapat selisih nilai buku.

Contoh Soal Metode Bonus Sekutu Bertahan dan Sekutu yang Mundur dari Persekutuan

Pertanyaan tentang Perubahan Pemilikan Persekutuan

Pertanyaan tentang perubahan pemilikan persekutuan berkaitan dengan persentase pembagian laba rugi atas laba ditahan yang didapatkan firma. Pengunduran diri seorang sekutu diperkenankan dengan melunasi kewajiban kepada pihak eksternal dan pihak internal terlebih dahulu sebelum menginvestasikan dananya.

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan biasanya akan terjadi ketika pengunduran diri dikarenakan sekutu meninggal dunia, sekutu menjual haknya dan sekutu meminta pengembalian modal. Ketika sekutu meminta pengembalian modal maka akan mengakibatkan aktiva dan ekuitas firma berkurang.

Pertanyaan tentang perubahan pemilikan firma diakibatkan adanya prosedur keluar masuknya anggota sekutu. Ada tidaknya bonus dan goodwill yang diberikan kepada sekutu bergantung pada besarnya modal dan kas yang diterima. Modal berkurang disisi debit dan aktiva harus dibayarkan kepada sekutu yang keluar.

Baca Juga: Bentuk dan Format Laporan Keuangan Persekutuan

Contoh Soal Metode Bonus Bagi Sekutu yang Keluar dari Persekutuan

Cara menentukan goodwill dan bonus bagi sekutu yang mengundurkan diri dari persekutuan dapat ditentukan berdasarkan tingkat modal yang dikembalikan. Adanya beberapa situasi ketika sekutu mengajukan pengembalian ekuitas dan akan mengakibatkan perubahan persentase laba rugi yakni.

  1. Tanpa Membentuk Goodwill atau Bonus
  2. Membentuk Bonus dan Goodwill bagi Sekutu yang Keluar
  3. Membentuk Bonus dan Goodwill bagi Sekutu bertahan
  4. Melakukan penghapusan goodwill

Masuknya anggota sekutu baru dan keluarnya anggota sekutu lama berakibat pada tidak diakuinya akta pendirian perusahaan. Karakteristik firma yang mengakui tindakan seorang sekutu merupakan perwakilan para sekutu disebut mutual agency. Semua sekutu bertanggungjawab terhadap hutang yang telah terjadi di perusahaan.

Contoh soal metode bonus bagi sekutu yang keluar dan sekutu yang bertahan ketika terjadi pembubaran persekutuan terjadi pada Firma Kakraffi dimana anis mengundurkan diri dengan meminta kas sebesar Rp 48.000.000. Adapun laporan posisi keuangan bagian ekuitas yang dilaporkan firma sebelum terjadi perubahan pemilikan adalah

Modal Jumlah
Anis Rp 55.000.000
Tiya Rp 62.400.000
Saidah Rp 21.490.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Beban dan Pendapatan yang Harus Dibayar

Jurnal Keluarnya Anggota Sekutu Lama Metode Bonus

Contoh soal metode bonus dan goodwill persekutuan akan dilaksanakan ketika terjadi selisih antara jumlah kas yang diterima dan modal tercatat. Kekayaan yang telah disetorkan para sekutu bukan menjadi hak pribadi melainkan hak seluruh sekutu yang disebut ownership of an interest in a partnership.

Cara Menentukan ada tidaknya bonus dan goodwill yang diterima sekutu dapat dilaporkan berdasarkan kinerja keuangan yang terjadi. Penyebab pembubaran persekutuan adalah sekutu meninggal dunia, sekutu mengajukan modal kembali bahkan menjual hak sekutu kepada sekutu lain. Adapun contoh perhitungan bonus bagi sekutu bertahan adalah

KeteranganJumlah
Pengembalian Modal Anis Rp 45.000.000
Modal Tercatat Rp 55.000.000
Jumlah Selisih Rp (10.000.000)

Jurnal keluarnya anggota sekutu lama dengan membentuk goodwill atau bonus diperkenankan dengan melihat persentase pembagian laba. Didapatkan informasi bahwa PT Kakraffi akan membagikan laba dengan perbandingan 4:6. Maka, masing-masing sekutu akan memperoleh bonus sebesar Rp 4.000.000 dan Rp 6.000.000.

Jurnal keluarnya anggota sekutu lama dan pembagian bonus bagi sekutu yang bertahan harus dilakukan pencatatan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2021Modal Anis Rp 55.000.000
Modal Tiya Rp 6.000.000
Modal Saidah Rp 4.000.000
Kas Rp 45.000.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembalik pada Pendirian Persekutuan Melanjutkan Buku Lama

Demikian contoh soal metode bonus sekutu bertahan dan sekutu yang mundur dari persekutuan akuntansi keuangan lanjutan. Pertanyaan dan prosedur pengunduran diri sekutu harus dicantumkan pada akta pendirian untuk menunjukkan apa firma dilanjutkan atau dibubarkan ketika terjadi perubahan anggota.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Metode Bonus Sekutu Bertahan dan Sekutu yang Mundur dari Persekutuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel