Contoh Soal dan Pertanyaan tentang Pembubaran Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan pertanyaan tentang pembubaran persekutuan hendaknya menjadi pertimbangan bagi seorang akuntan dalam rangka memberikan persentase pembagian laba rugi firma yang baru. Adanya sekutu yang keluar dan sekutu yang masuk menyebabkan terjadinya perubahan akta pendirian sesuai karakteristik firma.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan menjadi salah satu sumber memperoleh penghasilan kena pajak. Objek pajak dan subyek pajak sebaiknya dilakukan pembayaran agar dapat merepresentasikan seluruh sumber daya keuangan yang ada di perusahaan baik berupa kas dan setara kas

Pertanyaan tentang pembubaran persekutuan dan likuidasi firma dapat menjadi pertimbangan seorang auditor dalam menentukan sistem pengendalian internal yang baik. Firma menjadi salah satu bentuk perusahaan perseorangan yang dilaksanakan merger dan konsolidasi untuk menerima sumber daya modal.

Pertanyaan tentang Likuidasi Pembubaran Persekutuan

Pertanyaan tentang likuidasi pembubaran persekutuan dapat menjadi pilihan bagi sekutu yang menginginkan pengembalian modal secara sukarela dengan menyerahkan hak pembagian laba rugi ke sekutu lain. Partisipation in interest on partnership bertujuan sekutu aktif akan menerima hasil lebih banyak.

Pertanyaan tentang perubahan pemilikan persekutuan dapat terjadi ketika adanya prosedur masuknya sekutu baru dan prosedur keluarnya sekutu lama. Pertimbangan seorang auditor dalam menentukan kelebihan sistem pengendalian internal yang diterapkan perusahaan dijadikan dasar untuk mengelola keuangannya.

Pertanyaan tentang pendirian persekutuan akan diawali dengan penandatangan kontrak kerjasama. Persekutuan memiliki izin yang cukup sederhana dibandingkan perseroan terbatas. Agar entitas dapat menerapkan sistem pengendalian internal yang baik maka harus terdapat pemisahan tugas antara pihak-pihak yang terlibat transaksi.

Baca Juga: Contoh Soal Deposito Berjangka dan Jurnal Pencatatannya

Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan dan Pembahasannya

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan dan jawabannya dapat didasarkan pada karakteristik firma dimana sekutu aktif akan menerima penghasilan lebih banyak. Setiap anggota sekutu merupakan perwakilan dari sekutu lain dalam perjanjian pembelian barang dagang atau penjualan barang jadi disebut mutual agency.

Perubahan pemilikan persekutuan akan merubah akta pendirian yang telah disepakati. Adanya ketentuan dimana bertambah dan berkurangnya anggota sekutu mengakibatkan perubahan pada akta pendirian. Oleh sebab itu, diupayakan dalam perjanjian kerjasama tercantum pasal tentang prosedur penerimaan dan pengunduran sekutu.

Contoh soal perubahan pemilikan firma terjadi pada Firma Kakraffi yang menyetujui pengembalian modal sebesar Rp 53.000.000 oleh kakraffi. Pengunduran diri sekutu diakibatkan kakraffi meninggal dunia. Adapun rincian jumlah modal sekutu dengan persentase pembagian 1:2:1 sebagai berikut:

Nama Anggota Jumlah Modal
Kakraffi Rp 58.000.000
Masraffi Rp 63.800.000
Dekraffi Rp 57.420.000

Baca Juga: Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Cara Menentukan Bonus untuk Sekutu Bertahan dan Sekutu Mengundurkan Diri

Cara menentukan bonus untuk sekutu bertahan dan sekutu mengundurkan diri dapat terjadi ketika pengembalian modal berupa kas dan setara kas tidak sama dengan jumlah modal tercatat. Bonus dan goodwill menjadi penilaian terhadap kualitas diri dari seorang sekutu ketika bergabung dalam kegiatan usaha.

Bedanya metode bonus dan metode goodwill dalam pendirian persekutuan adalah penilaian terhadap jumlah modal tercatat di perusahaan. Goodwill tidak akan merubah jumlah kas yang telah disetorkan. Metode bonus akan mengakui jumlah modal tidak sesuai setorannya karena adanya nilai lebih seorang sekutu.

Perhitungan bonus dan goodwill bagi sekutu bertahan dan sekutu mengundurkan diri dapat menjadi penyebab terjadinya kebangkutan dan pembubaran persekutuan. Firma dinyatakan dibubarkan ketika komposisi anggota sekutu tidak sesuai akta pendirian. Adapun bonus yang diterima anggota sekutu bertahan adalah

Keterangan Jumlah
Pengembalian Modal Rp 53.000.000
Modal Tercatat Rp 58.000.000
Bonus Rp 5.000.000
Pembagian Bonus bagi Sekutu
Masraffi Rp 3.333.333
Dekraffi Rp 1.666.667

Jurnal sekutu keluar dari persekutuan akuntansi keuangan lanjutan perlu dilakukan pencatatan karena terdapat arus kas masuk dan arus kas keluar. Laporan arus kas memberikan informasi tentang penggunaan kas untuk kegiatan operasional. investasi dan pendanaan. Adapun jurnal pembubaran persekutuan adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
04/08/2021Modal Kakraffi Rp 58.000.000
Kas Rp 53.000.000
Modal Masraffi Rp 3.333.333
Modal Dekraffi Rp 1.666.667

Baca Juga: Metode Bonus dan Metode Goodwill Pendirian Persekutuan

Demikian contoh soal dan pertanyaan tentang pembubaran persekutuan akuntansi keuangan lanjutan. Pembagian laba rugi persekutuan dapat didasarkan pada tingkat partisipasi anggota sekutu baik setelah pembayaran bonus dan gaji, dibagikan sesuai persentase tertentu terhadap modal awal dan modal rata-rata tersimpang.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Pertanyaan tentang Pembubaran Persekutuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel