Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka dan jawabannya menjadi pertimbangan seorang akuntan publik memeriksa kewajaran laporan laba rugi. Temuan audit tentang pemerikaan perkiraan laba rugi mempertimbangkan alokasi penghasilan tahun berjalan dan tahun selanjutnya.

Contoh jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka harus diselenggarakan sebelum melakukan pemotongan pajak penghasilan badan. Spt tahunan badan wajib dilaporkan perusahaan maksimal bulan ke empat dari tahun fiskal yang dipilih entitas ketika menjalankan kewajiban perpajakan yang disetorkan ke kas negara.

Pendapatan diterima dimuka diakui sebagai liabilitas jangka pendek karena entitas belum melakukan penyerahan barang kena pajak. Pajak pertambahan nilai tidak akan dikenakan bagi barang yang dimiliki untuk kepentingan umum, keagamaan bahkan kepentingan masyarakat banyak seperti makanan bahan pokok.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka dan Jawabannya

Cara Menghitung Pendapatan Diterima Dimuka dan Jatuh Temponya

Cara menghitung pendapatan diterima dimuka biasanya didasarkan pada termin pembayaran yang disetujui ketika kontrak kerjasama ditandatangani. 2/10, n/30 artinya pelanggan akan diberikan diskon ketika mampu membayarkan dalam waktu 10 hari dengan batas waktu pembayaran maksimal 30 hari dari faktur pajak diterbitkan.

Cara menentukan uang muka pembelian dan penjualan didasarkan pada jumlah total keseluruhan hutang yang mungkin timbul. Faktur pajak diterbitkan ketika barang diserahkan atau uang muka telah dibayarkan oleh pembeli. Tanggal faktur pajak harus sama dengan tanggal invoice penjualan barang dagang.

Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar bergantung pada konsep nilai waktu dari sebuah uang. Time value of money diberikan oleh akuntan dan manajer kredit dalam mempertimbangkan jangka waktu pelunasan hutang piutang perusahaan kepada pihak ketiga seperti supplier dan pelanggan.

Baca Juga: Akuntansi Pendirian Persekutuan Metode Buku Lama

Contoh Soal dan Jawaban Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh soal dan jawaban pendapatan diterima dimuka menjadi dasar dalam menentukan jumlah penghasilan yang boleh diakui periode berjalan atau tahun berikutnya. Dasar pengenaan pajak dijadikan dasar dalam menghitung ppn masukan dan ppn keluaran ketika akuntan menghitung pajak pertambahan nilai.

Pendapatan diterima dimuka berfungsi sebagai pengikat transaksi penjualan barang di masa depan. Penyerahan barang yang dilakukan di masa depan tetapi sudah menerima pembayaran kas akan diakui sebagai liabilitas dan perusahaan tidak diperkenankan mengakuinya sebagai laba atau omzet tahun berjalan.

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki kerjasama pembuatan produk senilai Rp 18.000.000. PT Kakraffi mensyaratkan pelanggan memberikan uang muka sebesar 40% dari total penjualan. Bagaimana cara membuat jurnal penerimaan kas dan pengakuan pendapatan tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Pencatatan Deposito Berjangka dan Jurnalnya

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Cara membuat jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka dapat dikelompokkan berdasarkan akrual basis. Perusahaan dapat menerapkan konsep peredaran bruto dan pembukuan transaksi ketika ingin melaporkan spt tahunan badan sebagai dasar pembayaran pajak penghasilan tahun berjalan.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo pada bagian pendapatan diterima dimuka sebagai dasar laporan posisi keuangan. Penyampaian aktiva, liabilitas dan ekuitas harus didasarkan pada informasi keuangan terutama kinerja keuangan dalam memproduksi omzet penjualan tahun berjalan.

Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka harus mengurangkan pembayaran uang muka yang sudah dilakukan pelanggan. Uang muka akan diakui sebagai pendapatan ketika telah terjadi penyerahan barang yang diminta pelanggan. Adapun, jurnal penyesuaian penghasilan yang masih harus diterima adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/09/2021Kas Rp 7.200.000
Uang Muka Penjualan Rp 7.200.000
(Penerimaan Uang Muka Penjualan)
19/11/2021Uang Muka Penjualan Rp 7.200.000
Kas Rp 10.800.000
Penjualan Rp 18.000.000
(Penerimaan Pelunasan Tagihan)

Baca Juga: Bedanya Kelompok Deferal dan Akrual

Demikian cara menentukan tanggal jatuh tempo pembayaran invoice dan faktur pajak semoga pelanggan dapat memberikan uang muka penjualan. Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka dijadikan dasar dalam mengelola arus kas masuk dan arus kas keluar untuk kegiatan operasional setiap hari.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel