Contoh Soal Jurnal Pembalik Beban dan Pendapatan yang Masih Harus Dibayar

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal pembalik beban dan pendapatan yang masih harus dibayar wajib diselenggarakan untuk memudahkan akuntan dalam mengakui kinerja keuangan periode berjalan. Pengertian jurnal menurut para ahli adalah alat yang dipergunakan untuk mencatat mutasi transaksi yang menunjukkan saldo debit dan saldo kredit.

Cara membuat jurnal pembalik perusahaan dagang bergantung pada sedikit dan banyaknya jurnal penyesuaian yang telah dibuat. Setiap transaksi yang terjadi akan dilakukan pembuatan jurnal umum dan jurnal khusus sebelum dilakukannya posting ke buku besar pembantu piutang, hutang dan persediaan barang dagang.

Fungsi dan tujuan jurnal pembalik dan jurnal penutup adalah memberikan gambaran secara kronologis atas transaksi. Penggunaan prinsip basis kas dan basis akrual diperlukan untuk beberapa jenis transaksi yang memerlukan metode untuk mengalokasikan seluruh dana atas arus kas masuk dan arus kas keluar.

Contoh Soal Jurnal Pembalik Beban dan Pendapatan yang Masih Harus Dibayar

Pengertian Jurnal Penyesuaian Kembali dan Kapan Jurnal Pembalik Dibuat

Pengertian jurnal penyesuaian kembali menurut para ahli adalah ayat jurnal umum yang dibuat dengan membalik saldo kredit atau saldo debit dalam rangka meng-nol-kan saldo buku besar. Jurnal pembalik dibuat setiap awal periode tetapi bersifat opsional boleh dibuat atau tidak bergantung kebijakan akuntansi.

Akun yang tidak memerlukan jurnal pembalik adalah rekening yang berkaitan dengan transaksi kas dan setara kas. Ayat jurnal penutup pada perusahaan disebut neraca saldo setelah penutupan. Kinerja keuangan perusahaan akan dipertimbangkan dengan alokasi keuangan yang berlangsung di perusahaan.

Sebuah jurnal yang dibuat setiap awal periode akuntansi tahun berikutnya disebut jurnal pembalik. Tujuan jurnal penyesuaian kembali dibuat adalah memanfaatkan penyederhanaan pencatatan agar transaksi menunjukkan kejadian perusahaan sesungguhnya atas analisis bukti transaksi yang terjadi.

Baca Juga: Cara Mencatat Transaksi Pembelian Barang Dagang dari Marketplace (Shopee atau Tokopedia)

Contoh Soal Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Jawabannya

Contoh soal jurnal pembalik perusahaan dagang dan jawabannya dilaksanakan untuk memudahkan pencatatan akuntansi diperiode mendatang. Akun yang memerlukan jurnal penyesuaian kembali adalah beban dan pendapatan yang masih harus dibayar dan sudah menjadi kewajiban perusahaan dimasa lampau.

Jurnal pembalik perusahaan dagang berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan mencatat transaksi. Acrual basis adalah dasar mencatat transaksi yang didasarkan pada terjadinya transaksi walaupun perusahaan tidak menerima kas dan setara kas diperiode berjalan seperti terjadinya utang dan piutang.

Contoh soal pilihan ganda jurnal pembalik perusahaan dagang terjadi pada PT Kakraffi yang mempunyai tabungan dibank sebesar Rp 40.000.000 dengan bunga 8% per tahun. Perusahaan telah mengakui pendapatan bunga selama 3 bulan dengan membuat jurnal penyesuaian tahun sebelumnya yakni.

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/03/2021Piutang Bunga Rp 800.000
Pendapatan Bunga Rp 800.000
(Jurnal penyesuaian pendapatan bunga)

Baca Juga: Manfaat Jurnal Penyesuaian Kembali dan Kapan Jurnal Pembalik di Buat

Cara Menyusun Jurnal Penyesuaian Kembali atau Jurnal Pembalik di Awal Periode

Cara menyusun jurnal penyesuaian kembali atau jurnal pembali di awal periode memerlukan pertimbangan dalam menentukan pendapatan dan beban yang masih harus dibayar. Tujuan pembuatan neraca saldo setelah penutupan buku dilakukan agar dilaporkan sebagai laporan posisi keuangan untuk tujuan pajak.

Pertanyaan tentang jurnal pembalik perusahaan dagang berkaitan dengan nama akun dan jumlah rupiah yang harus dicatat. Akun yang tidak memerlukan jurnal pembalik adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan kas dan setara kas sebagai metode pembayarannya. Adapun jurnal pembalik yang dibuat pada periode selanjutnya adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/04/2021Pendapatan Bunga Rp 800.000
Piutang Bunga Rp 800.000
(Jurnal pembalik pendapatan yang masih harus diterima)

Bagaimana cara membuat jurnal penyesuaian kembali atau jurnal pembalik pada perusahaan dagang dan jasa diwajibkan agar dapat mengalokasikan perbandingan antara pendapatan dan beban yang terjadi. Prinsip periode akuntansi artinya perusahaan harus menetapkan jangka waktu transaksi yang dicatatnya.

Langkah awal dalam membuat jurnal pembalik adalah mencari total dari keseluruhan jurnal penyesuaian yang telah dibuat. Ketika perusahaan telah menerbitkan jurnal penyesuaian kembali, maka status jurnal akan memiliki saldo kosong di buku besar dan dianggap belum terjadi pengakuan beban.

Adapun jurnal penerimaan pendapatan bunga selama 4 bulan yang harus dicatat pada akhir periode adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2021Kas Rp 1.066.667
Pendapatan Bunga Rp 1.066.667
(Jurnal mengakui pendapatan bunga yang diterima dari bank)

Baca Juga: Pengertian dan Tujuan Pembuatan Neraca Saldo Setelah Penutupan

Demikian contoh soal jurnal pembalik beban dan pendapatan yang masih harus dibayar pada perusahaan dagang dan jasa. Pertanyaan tentang jurnal penutup dan jurnal pembalik dikaitkan dengan siklus akuntansi yang berjalan agar didapatkan transaksi yang didasarkan pada kondisi sebenarnya di perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Pembalik Beban dan Pendapatan yang Masih Harus Dibayar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel