Contoh Soal Perhitungan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan bunga wesel dilakukan dalam rangka memperoleh pendapatan bunga dan biaya bunga. Wesel bunga dan wesel tidak berbunga diperuntukan agar akuntansi keuangan menengah untuk dilaporkan berdasarkan catatan atas laporan posisi keuangan.

Contoh perhitungan bunga wesel dilakukan karena adanya konsep nilai waktu dan uang. Pengertian wesel berbunga adalah surat yang ditujukan kepada pemberi hutang untuk memberikan kepastian tentang pembayaran tagihan yang dilaksanakan pada tanggal waktu dan bunga wesel yang diberikan oleh perusahaan/.

Penyelesaian dan pengalihan piutang wesel dilaksanakan agar dapat melangsungkan hidupnya untuk melaksanakan kegiatan operasional perusahaan. Suatu piutang timbul karena adanya transaksi penjualan kredit dan pemberian hutang piutang agar dapat memberikan kepastian tentang pembayaran tagihannya.

Contoh Soal Perhitungan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih

Pengertian Piutang Wesel dan Contohnya

Pengertian piutang wesel dan contohnya dilaksanakan agar dapat memberikan kepastian tentang pembayaran tagihan yang ditentukan. Perbedaan surat promes dan surat wesel berkaitan dengan pihak yang menerbitkan dan keperluan pembayaran tagihan yang ditentukan oleh pihak penandatanganan.

Transaksi yang menyebabkan adanya piutang wesel adalah transaksi penjualan kredit, pemberian pinjaman uang kepada nasabah dan berubahnya piutang usaha menjadi piutang wesel. Tujuan pemberiann piutang wesel adalah memperpanjang jangka waktu pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo perusahaan.

Masalah-masalah yang berkaitan dengan piutang wesel adalah pengakuan piutang, penilaian piutang wesel dan pelunasan piutang tak tertagih. Penentuan jangka waktu jatuh tempo piutang wesel didasarkan pada tanggal tertentu, penagihan piutang usaha dan akhir masa tertentu yang disepakati.

Baca Juga: Jurnal Pelunasan Penjualan Kredit dan Pembahasannya

Contoh Perhitungan Piutang Wesel Tagih dan Hutang Wesel Bayar

Contoh perhitungan piutang wesel tagih dan hutang wesel bayar akan dilaksanakan berdasarkan materi liabilitas jangka pendek. Pengertian liabilitas jangka pendek adalah kewajiban entitas untuk melaksanakan pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo dalam satu periode akuntansi.

Contoh soal utang wesel berbunga dan pembahasannya harus didasarkan pada pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK). Perlakuan akuntansi untuk wesel berbunga dan wesel tanpa bunga memiliki perbedaan karena adanya pengakuan pendapatan bunga yang terutang pajak penghasilan badan.

Rumus perhitungan bunga wesel didasarkan pada nilai nominal, jangka waktu perpanjangan masa pembayaran dan tingkat bunga tahunan. Tingkat bunga yang tercantum pada surat wesel adalah tingkat bunga per tahun yang ditawarkan oleh penandatangan wesel tagih dan wesel bayar sebelum ditandatangani.

Baca Juga: Contoh Kasus Perubahan Masa Manfaat Aktiva Tetap

Bagaimana Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel berbunga dan wesel tanpa bunga didasarkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Pengertian wesel berbunga adalah perintah pembayaran yang diterbitkan oleh pihak penghutang agar dapat diberikan perpanjangan waktu pembayaran tagihan.

Cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar dilangsungkan agar dapat menjalankan kegiatan operasionalnya. Pembayaran piutang wesel dapat dilakukan secara angsuran setiap bulan agar pada akhir periode perusahaan tidak mengalami kesulitan arus kas untuk bayar tagihan.

Contoh soal wesel bunga dan pembahasannya terjadi pada PT Kakraffi yang menerima pembayaran kredit seharga Rp 145.000.000. Tanggal penarikan wesel tagih yaitu 8 Maret 2021 dengan bunga 7% dan masa pembayaran 90 hari. Kapan waktu jatuh tempo wesel apabila dilakukan pembayaran secara tepat waktu?

Tanggal Penerbitan08/03/2021
Jatuh Tempo90 Hari
Bulan Juni31/03/202123 Hari
Bulan Juli30/04/202130 Hari
Bulan Agustus31/05/202131 Hari
Bulan September06/06/20216 Hari

Baca Juga: Rumus Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Demikian contoh soal perhitungan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar yang menjadi soal ulangan tengah semester akuntansi keuangan menengah. Liabilitas jangka pendek harus mampu diselesaikan perusahaan sebelum masa penutupan buku untuk pelaporan pajak penghasilan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Perhitungan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel