Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh jurnal penghapusan piutang tak tertagih dan jawabnnya akan dilaksanakan setelah memperoleh bukti bahwa pelanggan tidak mampu melaksanakan pembayaran hingga jatuh tempo. Cara memperpanjang jangka waktu penjualan kredit adalah memberikan wesel bunga sebagai pelunasannya.

Contoh soal jurnal dan metode penghapusan piutang harus menjadi dasar dalam pembayaran hutang yang telah jatuh tempo. Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih didasarkan pada surat wesel yang telah ditandatangani beserta bunga yang diberikan dan dijadikan jaminan kredit ke perbankan.

Contoh kasus penghapusan piutang dalam bahasa inggris memperlukan akun cadangan kerugian piutang. Jelaskan langkah-langkah membuat buku besar pembantu piutang akan melibatkan pencatatan tentang faktur penjulan dan tagihan yang seharusnya dibayar oleh pembeli. Tanggal jatuh tempo menjadi periode pembayarannya.

Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Metode Penghapusan Piutang Dagang

Metode penghapusan piutang dagang dilaksanakan setelah perusahaan menerima pemberitahuan ketidakmampuan pembeli membayarkan tagihan. Piutang dagang berasal dari transaksi penjualan kredit yang telah diotorisasi pejabat berwenang setelah melalui penilaian kualitas pembayaran terdahulu.

Metode penghapusan piutang terdiri dari metode langsung dan metode tidak langsung. Kelebihan metode langsung adalah perusahaan tidak perlu membuat jurnal untuk mengantisipasi kerugian ketika pembeli gagal melakukan pembayaran. Keuntungan penjualan kredit adalah meningkatkn omzet periode tersebut.

Metode yang diperbolehkan untuk menghapus piutang dagang menurut pajak adalah metode tidak langsung. Kelebihan metode tidak langsung adalah perusahaan telah mengalokasikan sumber daya modal untuk mengantisipasi apabila lawan transaksi tidak mampu membayarkan tagihan setelah jatuh tempo.

Baca Juga: Contoh Soal PPn Lebih Bayar dan Kurang Bayar

Contoh Kasus Metode Cadangan Kerugian Piutang

Metode cadangan kerugian piutang menjadi salah satu langkah agar perusahaan dapat mengalokasikan kerugian selama tahun berjalan. Laporan posisi keuangan harus mencantumkan nilai piutang sejumlah nilai bersih yang dapat direalisasi dengan menerapkan konsep perbandingan pendapatan dan biaya.

Piutang dagang diakui ketika perusahaan menerima adanya kemungkinan manfaat ekonomis dimasa depan sebagai akibat transaksi di masa lalu. Wesel tagih adalah cara pembayaran dimana pembeli dapat memperpanjang jangka waktu pembayaran setelah mengeluarkan surat wesel dan surat promes.

Contoh kasus metode tidak langsung dalam penghapusan piutang tak tertagih terjadi pada PT Kakraffi yang menyetujui penjualan kredit sebesar Rp 81.000.000. Perusahaan menyakini bahwa sebanyak 20% dari total penjualan kredit tidak mampu dibayarkan dan sudah membuat akun cadangan kerugian piutang sebesar Rp 1.200.000.

Baca Juga: Langkah-langkah Menghitung Persediaan Akhir Metode Fifo

Jurnal Penghapusan Piutang Menurut Peraturan Perpajakan

Jurnal penghapusan piutang menurut peraturan perpajakan tidak memperbolehkan biaya kerugian piutang sebagai biaya fiskal. Cara menghitung analisis umur piutang tak tertagih dapat dipergunakan sebagai acuan dalam memberikan penilaian terhadap kualitas kredit yang dilakukan pelanggan.

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan metode tidak langsung dapat diterapkan menyesuaikan kebijakan akuntansi di perusahaan. Pertanyaan tentang pengujian substantif saldo piutang usaha melibatkan sistem pengendalian internal untuk kebijakan pemberian penjualan kredit.

Jurnal penghapusan piutang dalam bahasa inggris menyesuaikan kebijakan akuntansi sesuai international financial report standard. Piutang merupakan aktiva perusahaan sehingga akan digunakan diperiode selanjutnya untuk menentukan keputusan ekonomis. Adapun jurnal penghapusan piutang karyawan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Biaya Kerugian Piutang Rp 15.000.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 1.200.000
Piutang Usaha Rp 16.200.000

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap

Demikian contoh jurnal penghapusan piutang tak tertagih dan jawabannya akuntansi keuangan menengah. Piutang tak tertagih adalah tagihan yang tidak mampu dilunasi pelanggan ketika jatuh tempo pembayaran. Daftar umur piutang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan kredit

Belum ada Komentar untuk "Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel