Contoh Soal dan Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel bayar dan wesel tagih menjadi materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar tentang bab hutang jangka pendek. Pengertian liabilitas jangka pendek adalah hutang yang wajib dilunasi perusahaan sebelum berakhirnya satu periode akuntansi.

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel bunga dan wesel tanpa bunga bergantung pada jumlah hari, bulan dan tahun berlakunya wesel tersebut. Wesel tagih disebut piutang wesel dan wesel bayar disebut hutang wesel. Penerbitan wesel akan mengakibatkan adanya bunga yang harus dibayarkan.

Contoh soal wesel bunga dan wesel tanpa bunga akan melibatkan nilai nominal wesel dan tingkat bunga per tahun. Perbedaan surat wesel dan surat promes terletak pada kepentingan pembuatan pernyataan kesanggupan pembayaran tagihan. Surat promes dibuat oleh pihak yang berhutang atau memiliki liabilitas.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel


Wesel Berbunga dan Wesel Tidak Berbunga

Wesel berbunga dan wesel tidak berbunga ditentukan berdasarkan nilai nominal yang tercantum pada wesel tersebut. Pengertian wesel berbunga adalah wesel yang mencantumkan bunga pertahun pada saat penerbitan wesel yang dapat menjadi pendapatan bunga dan beban bunga yang harus ditanggung perusahaan.

Contoh wesel berbunga dan wesel tidak berbunga memiliki prosedur pencatatan yang berbeda dalam akuntansi keuangan menengah. Piutang wesel timbul karena adanya transaksi peminjaman uang, penjualan kredit bahkan pertukaran sebuah piutang menjadi piutang sejenisnya kepada pihak ketiga.

Wesel tidak berbunga dan wesel berbunga perlu mempertimbangkan tanggal penarikan wesel dan tanggal jatuh tempo wesel. Tanggal penarikan wesel tidak perlu diperhitungkan dalam menentukan tingkat bunga yang harus dibayar. Tanggal jatuh tempo harus diperhitungkan sebagai pendapatan dan biaya bunga.

Baca Juga: Pengertian Liabilitas Jangka Pendek dan Contohnya

Contoh Soal Utang Wesel Berbunga dan Pembahasannya

Contoh soal utang wesel berbunga dan pembahasannya melibatkan informasi tentang nilai nominal wesel, tempat pembayaran, tanggal penagihan, pihak yang membayarkan wesel dan tandatangan pembayar hutang. Nilai nominal wesel adalah nilai yang tercantum pada sertifikat wesel yang diterbitkan.

Contoh soal dan jawaban piutang wesel terjadi ketika entitas mengadakan kerjasama penjualan kredit, pembayaran hutang dengan piutang bahkan adanya transaksi pinjam meminjam. Pengertian promes adalah surat janji untuk melunasi tagihan yang jatuh tempo dimana pembuatnya adalah pihak yang berhutang.

Contoh soal wesel berbunga dan pembahasannya terjadi pada PT Kakraffi yang menerima pembayaran penjualan kredit sebesar Rp 184.000.000. Pelanggan memberikan wesel dengan jatuh tempo 90 hari dan bunga 9% per tahun. Apabila penerbitan wesel tagih pada tanggal 8 agustus 2021. Kapan batas waktu jatuh tempo wesel?

Baca Juga: Contoh Kasus PPn Lebih Bayar dan Kurang Bayar

Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel berbunga dan wesel tanpa bunga perlu mempertimbangkan kesepakatan tentang pelunasan tagihan perusahaan. Apabila jangka waktu pembayaran wesel dinyatakan dalam satuan hari maka jumlah hari harus dihitung dengan tepat.

Apabila jangka waktu penagihan wesel dinyatakan dalam satuan bulan maka bagian dari satu bulan akan ditagihkan pada akhir periode. Contoh soal wesel berbunga dan pembahasannya dilakukan sesuai materi liabilitas jangka pendek yaitu hutang yang harus dilunasi perusahaan sebelum jatuh tempo.

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel dilakukan berdasarkan satuan hari. Tanggal penarikan wesel tidak diperhitungkan, tanggal jatuh wesel harus dihitungkan sesuai konsep nilai waktu dan uang. Adapun contoh perhitungan masa pembayaran wesel sesuai soal dan jawaban wesel tagih adalah:

Jatuh Tempo90 Hari
Tanggal Awal08/08/2021
Akhir Bulan Agustus31/08/202123 Hari
Akhir Bulan September30/09/202130 Hari
Akhir Bulan Oktober31/10/202131 Hari
Bulan November06/11/20216 Hari

Baca Juga: Contoh Kasus Perubahan Masa Manfaat Aktiva Tetap

Demikian contoh soal dan cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel tagih dan bayar. Hutang jangka pendek harus mampu dilunasi perusahaan sebelum masa berikutnya agar entitas dapat menerapkan sistem konsistensi dan keberlangsungan usaha atau prinsip going concern.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel