Penyebab Perbedaan Saldo Kas Menurut Perusahaan dan Bank

Konten [Tampil]

Penyebab perbedaan saldo kas menurut perusahaan dan bank terjadi karena adanya selisih waktu pencatatan yang dilakukan entitas dengan perbankan. Jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank hanya dilakukan pada catatan perusahaan tanpa mengubah rekening koran yang diterbitkan perbankan.

Contoh soal pemeriksaan kas dan setara kas melibatkan transaksi kas kecil dan rekening giro bank. Sistem pengendalian internal kas dan setara kas dapat dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan yang mungkin dilakukan karyawan perusahaan.

Faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan catatan di bank dan perusahaan adalah perbedaan waktu pencatatan dan kesalahan pencatatan yang dilakukan salah satu pihak. Saldo kas di laporan posisi keuangan adalah seluruh kas kecil dan rekening giro yang dimiliki perusahaan setiap periodenya.

Penyebab Perbedaan Saldo Kas Menurut Perusahaan dan Bank


Tujuan Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Tujuan pemeriksaan kas dan setara kas berguna untuk memastikan sistem pengendalian internal kas berjalan agar seluruh kas dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya. Pembatasan penggunaan saldo kas untuk membayarkan tagihan mengindikasikan perusahaan memiliki kesulitan keuangan.

Prosedur pemeriksaan kas dan setara kas adalah terlebih dahulu menentukan ruang lingkup pemeriksaan yang dilakukan. Akuntan publik dapat meminta konfirmasi jumlah kas yang ada di rekening bank yang dimiliki perusahaan baik bermata uang rupiah atau mata uang asing untuk transaksi perusahaan.

Tujuan dan prosedur pemeriksaan kas dan setara kas dapat dilakukan agar mencegah kecurangan yang dapat dilakukan oleh karyawan. Pemisahan tugas dan tanggungjawab antara pihak penerima dan pembayaran tagihan harus dilakukan agar didapatkan bukti transaksi yang akurat.

Baca Juga: Langkah-Langkah Proses Rekonsiliasi Bank

Prosedur Audit Pemeriksaan Rekonsiliasi Rekening Giro Bank

Prosedur audit pemeriksaan rekonsiliasi rekening giro bank dilakukan karena perusahaan memiliki saldo kas kecil dan tabungan di bank. Kas kecil berguna untuk membayarkan transaksi bernominal kecil. Rekening giro berguna untuk membayarkan dan menerima kas dari pelanggan dan supplier.

Prosedur audit pemeriksaan kas dan setara kas dimulai dengan melaksanakan kas opname. Cash opname bertujuan untuk memeriksa jumlah kas yang ada di perusahaan untuk menghindarkan dari adanya pembayaran tagihan yang tidak sesuai dengan tagihan yang sebenarnya dilaporkan.

Proses penyusunan laporan rekonsiliasi bank hendaknya dilakukan oleh manajer akuntan karena pihak kasir dapat melakukan manipulasi data keuangan. Tahapan penyusunan rekonsiliasi bank dimulai dari memeriksa setoran dalam perjalanan dan cek dalam perjalanan yang telah dikeluarkan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi

Contoh Soal Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan kas dan setara kas dilangsungkan karena perusahaan harus dapat menerapkan sistem pengendalian internal. Adanya biaya adminstrasi bank dan pendapatan bunga menjadi penghasilan dan biaya yang telah dikenakan bank tetapi perusahaan belum melakukan pencatatannya.

Hal-hal yang menyebabkan perbedaan saldo kas menurut bank dan catatan perusahan dikarenakan adanya proses pencatatan yang berbeda antara perbankan dan perusahaan. Cek dalam perjalanan dan setoran dalam perjalanan menjadikan adanya tambahan investasi yang belum dilakukan entitas.

Contoh soal pemeriksaan kas dan setara kas terjadi pada PT Kakraffi yang melaporkan jumlah saldo kas menurut perusahaan sebesar Rp 45.000.000. Temuan audit dalam kertas kerja pemeriksaan mengindikasikan bahwa terjadi salah catat untuk pembayaran tagihan sebesar Rp 1.200.000.

Jurnal penyesuaian yang dilakukan akuntan publik harus dapat menunjukkan jumlah yang sebenarnya terjadi diperusahaan. Adapun audit adjustment yang dibuat pada periode tersebut adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Kas Rp 1.200.000
Hutang Usaha Rp 1.200.000

Baca Juga: Contoh Pemeriksaan Persediaan Metode MPKP dan Average

Demikian penyebab perbedaan saldo kas menurut perusahaan dan bank yang dapat diatasi dengan proses rekonsiliasi bank. Kesalahan pencatatan dalam rekonsiliasi bank terjadi dan dapat ditentukan ruang lingkup pemeriksaan berdasarkan substantive test dan compliance test.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Perbedaan Saldo Kas Menurut Perusahaan dan Bank"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel