Contoh Penjualan Konsinyasi bagi Komisioner Metode Laba Terpisah

Konten [Tampil]

Contoh penjualan konsinyasi bagi komisioner metode laba terpisah berguna menentukan penghasilan komisi yang harus dibayarkan pengamanat. Akuntansi penjualan konsinyasi akan menimbulkan masalah persediaan barang akhir yang tidak mampu terjual oleh komisioner dalam laporan posisi keuangan.

Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari akan melibatkan pengamanat dan komisioner sebagai pemegang kendali harga dan syarat penjualan. Keuntungan penjualan konsinyasi adalah pengamanat tidak perlu melakukan jualbeli langsung kepada konsumen akhir sehingga tidak terutang ppn.

Apabila persediaan barang konsinyasi sampai akhir periode tidak laku terjual maka komisioner dapat melakukan koreksi atas penghasilan komisi yang diberikan kepada penjual. Penjualan konsinyasi dilakukan oleh wirausahawan pemula untuk menekan biaya sewa bangunan dan biaya promosi barang baru.

Contoh Penjualan Konsinyasi bagi Komisioner Metode Laba Terpisah


Cara Menentukan Penghasilan Komisi bagi Komisioner

Cara menghitung penghasilan komisi bagi komisioner bergantung pada perjanjian konsinyasi yang dilakukan dengan pengamanat. Komisioner adalah pihak yang menjual barang konsinyasi ke pelanggan akhir dan memperoleh penghasilan komisi atas barang konsinyasi yang mampu terjualnya.

Keuntungan penjualan konsinyasi bagi komisioner adalah tidak perlu melakukan stock persediaan barang dagang. Barang konsinyasi tidak diakui sebagai aktiva milik komisioner sehingga tidak perlu biaya untuk menyimpan dan merawatnya. Klaim biaya promosi dan biaya penjualan dilakukan setiap bulannya kepada pengamanat.

Apakah penjualan konsinyasi menguntungkan pengamanat dan komisioner tentunya akan terjadi peningkatkan manfaat ekonomis ketika perjanjian konsinyasi dilakukan. Tujuan konsinyasi adalah meningkatkan volume penjualan di daerah baru dan meningkatkan permintaan barang produsen.

Baca Juga: Contoh Pemeriksaan Piutang Usaha dan Piutang Lainnya

Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari terjadi pada wirausahawan muda bahkan mahasiswa yang merintis bisnis baru. Sistem konsinyasi akan membebankan biaya penjualan dan klaim komisi kepada pengamanat ketika terjadi penjualan ditahun berjalan.

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi komisioner metode laba terpisah dan laba tidak terpisah dimaksudkan untuk mempresentasikan penghasilan yang berasal dari berbagai macam penjualan perusahaan. Akuntansi penjualan konsinyasi menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan.

Pengertian penjualan konsinyasi menurut para ahli adalah jualbeli kepada konsumen akhir melalui perantara pihak ketiga dengan memberikan imbalan berupa komisi penjualan. Bagi pengamanat, penjualan konsinyasi berguna untuk menekan biaya pengenalan produk baru agar permintaan meningkat.

Baca Juga: Contoh Laporan Penjualan Konsinyasi

Keuntungan dan Kerugian Penjualan Konsinyasi

Keuntungan dan kerugian penjualan konsinyasi akan dirasakan oleh komisioner ketika tidak mampu menjual barang sampai akhir periode. Bagaimana akibatnya jika akhir periode barang konsinyasi tidak laku terjual maka pengamanat akan menarik barang konsinyasi sebab daerah pemasaran tidak cocok.

Kerugian penjualan konsinyasi adalah peningkatan biaya promosi yang harus digantikan oleh pengamanat. Perjanjian konsinyasi akan memberikan hak dan tanggungjawab komisioner ketika menjual barang konsinyasi dengan syarat dan harga yang ditentukan oleh pengamanat.

Keuntungan penjualan konsinyasi bagi komisioner adalah tidak perlu membeli persediaan barang dagang karena pengamanat akan mengirimkan barang konsinyasi. Konsinyasi dikenal dengan istilah dropshiper sehingga hanya memperoleh keuntungan dari selisih harga jualnya.

Baca Juga: Jurnal Penjualan Angsuran dan Pembahasannya

Demikian contoh penjualan konsinyasi bagi komisioner metode laba terpisah dan laba tak terpisah semoga dapat membantu mengalokasikan keuntungan per periode yang diklaim oleh komisioner. Komisioner bertugas menjual barang kepada konsumen akhir sampai batas periodenya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Penjualan Konsinyasi bagi Komisioner Metode Laba Terpisah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel