Contoh Soal Penjualan Angsuran Aktiva Tetap dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan angsuran aktiva tetap dan jawabannya akan mempertimbangan pendapatan bunga, tingkat suku bunga, laba penjualan angsuran yang dilaporkan periode tersebut. Tujuan penjualan angsuran adalah memudahkan pembeli memperoleh barang yang diinginkan walaupun tidak dapat membayar tunai.

Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari seperti angsuran motor, angsuran mobil bahkan angsuran persediaan barang bergerak. Pengertian penjualan angsuran menurut para ahli adalah penjualan yang dilakukan dengan menyerahkan barang kepada pelanggan dan menerima pembayarannya dimasa mendatang.

Konsep akuntansi penjualan angsuran menjadi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari seperti tukar menukar angsuran barang bergerak dan barang tidak bergerak. Makalah penjualan angsuran akuntansi keuangan lanjutan hendaknya berisikan materi pertanyaan wawancara atau pilihan ganda.

Contoh Soal Penjualan Angsuran Aktiva Tetap dan Jawabannya


Jenis-Jenis Penjualan Angsuran

Jenis-jenis penjualan angsuran terdiri dari penjualan angsuran barang bergerak dan penjualan angsuran barang tidak bergerak. Bedanya penjualan angsuran dan penjualan konsinyasi tentu melibatkan pembayaran bunga dan pembayaran komisi kepada pihak ketiga atas penjualan yang telah terjadi.

Penjualan angsuran barang bergerak meliputi persediaan barang jadi, persediaan barang setengah jadi dan persediaan bahan baku. Biasanya penjualan angsuran mengharuskan pembeli melakukan pembayaran uang muka pembelian dan sisanya akan dibayarkan secara kredit atau cicilan untuk beberapa periode mendatang.

Jenis-jenis penjualan kredit diantaranya penjualan barang tidak bergerak yang meliputi penjualan aktiva tetap atau penjualan aset tetap tak berwujud. Pertukaran aktiva tetap akan menghasilkan laba atau rugi yang menambah manfaat ekonomis bagi perusahaan yang terutang pajak penghasilan badan.

Baca Juga: Contoh Penjualan Angsuran Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Penjualan Angsuran Brainly

Contoh soal penjualan angsuran brainly terdiri dari pengakuan laba penjualan angsuran pada saat terjadinya penjualan atau laba diakui secara proporsional ketika pelunasan tagihan. Bedanya akrual basis dan kas basis akan diterapkan perusahaan menyesuaikan kebijakan akuntansi yang berlaku.

Contoh soal penjualan angsuran barang bergerak dan barang tidak bergerak brainly akan dicatat pada jurnal umum. Transaksi yang melibatkan penjualan angsuran hendaknya dicatat agar dapat diperhitungkan tingkat bunga dan pendapatan bunga yang dilaporkan setiap periode akuntansi.

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran aktiva tetap terjadi pada PT Kakraffi yang menjual mesin seharga Rp 70.000.00 dengan harga pokok Rp 28.750.000. Apabila penerimaan kas dilakukan secara kredit selama 2 semester dengan bunga 8% dari tagihan belum terbayarkan. Buatlah jurnal penjualan angsuran?

Baca Juga: Contoh Audit Pemeriksaan Penjualan Angsuran

Cara Menghitung Bunga Penjualan Angsuran

Cara menghitung bunga penjualan angsuran bergantung kesepakatan dengan pembeli. Pembeli diwajibkan membayarkan uang muka pembeli sebagai tanda bahwa terjadi kerjasama. Download makalah penjualan angsuran menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan.

Contoh perhitungan bunga dalam penjualan angsuran seharusnya menjadi dasar pengenaan pajak penghasilan. Sewa menyewa akan terutang pajak penghasilan pasal 23 untuk selain tanah dan bangunan. Penjualan angsuran disebut penjualan cicilan atau penjualan kredit di periode berjalan.

Jurnal penjualan angsuran barang tidak bergerak atau aktiva tetap memiliki perbedaan dengan penjuaan angsuran barang bergerak. Metode penjualan angsuran terdiri dari pengakuan laba ketika penjualan angsuran terjadi atau laba diakui pada saat penerimaan pelunasan tagihan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/01/2021Piutang Angsuran Rp 70.000.000
Persediaan Barang Tidak Bergerak Rp 28.750.000
Laba Penjualan Rp 41.250.000
01/07/2021Kas Rp 37.800.000
Piutang Angsuran Rp 35.000.000
Pendapatan Bunga Rp 2.800.000
31/12/2021Piutang Bunga Rp 1.400.000
Pendapatan Bunga Rp 1.400.000
Laba Penjualan Rp 41.250.000
Laba Ditahan Rp 41.250.000
02/01/2022Kas Rp 36.400.000
Piutang Bunga Rp 1.400.000
Piutang Angsuran Rp 35.000.000

Baca Juga: Perbedaan Penjualan Angsuran dan Penjualan Konsinyasi

Demikian contoh soal penjualan angsuran aktiva tetap dan jawabannya akuntansi keuangan lanjutan. Agar pertanyaan wawancara dan soal essay dapat dikerjakan alangkah baiknya membaca atau download makalah penjualan angsuran berformat pdf atau docx.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Penjualan Angsuran Aktiva Tetap dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel