Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan tidak terpisah bergantung kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan. Akuntansi keuangan lanjutan memberian kebebasan bagi entitas untuk melaporkan laporan laba rugi komprehensif per departemen yang ada di perusahaan tersebut.

Contoh soal penjualan konsinyasi dan jawabannya akan menjadikan entitas memperoleh keuntungan dan kerugian barang konsinyasi. Barang konsinyasi keluar (consigment out) adalah sejumlah barang yang diserahkan kepada pihak ketiga untuk dibantu melakukan penjualan agar dapat komisi dari penjualan konsinyasi.

Bagaimana akibat jika barang konsinyasi pada akhir periode tidak mampu terjual oleh komisioner tentu pengamanat akan memberikan pendapatan komisi sesuai jumlah penjualan yang terjadi. Pertanyaan wawancara dan soal essay menjadi pembahasan akuntansi keuangan lanjutan materi konsinyasi.

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah


Contoh Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari tentu berjalan menyesuaikan kebutuhan dari berbagai pihak. Pihak yang terlihat dalam transaksi penjualan konsinyasi adalah pengamanat dan komisioner. Buku konsinyasi keluar dan buku konsinyasi masuk perlu dilakukan mengingat transaksi memiliki nilai material.

Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari seperti seorang pembuat makanan ringan yang menitipkan barang dagangannya ke warung terdekat dengan harapan memperoleh penghasilan. Pihak yang dititipkan barang konsinyasi akan memperoleh penghasilan komisi dari jumlah yang dapat diperjualbelikan.

Penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari berdampak pada persediaan barang dagang di pihak komisioner. Pemeriksaan persediaan barang dagang tidak mewajibkan komisioner mengakui barang konsinyasi sebagai penambah item laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Kartu Piutang dan Kartu Hutang

Laporan Penjualan Konsinyasi

Contoh laporan penjualan konsinyasi sebagai bentuk pertanggungjawaban alokasi barang konsinyasi keluar dari perusahaan. Penjualan sistem konsinyasi akan memberlakukan ketentuan dimana entitas akan mengalokasikan biaya-biaya penjualan sebagai beban dan pendapatan pengamanat.

Contoh laporan penjualan konsinyasi harus dibuat oleh komisioner setiap periodenya dan dilaporkan ke pengamanat untuk memperoleh penghasilan komisi dan meminta pergantian biaya penjualan. Pertanyaan wawancara konsinyasi melibatkan materi akuntansi keuangan lanjutan bagi calon akuntan.

Laporan penjualan konsinyasi berisi informasi tentang barang yang dikirimkan pengamanat, biaya promosi dan biaya penyimpanan yang dikeluarkan komisioner serta pendapatan penjualan konsinyasi yang dilakukan klaim atas penghasilan komisi yang harus dibayarkan oleh pihak pengamanat.

Baca Juga: Cara Menghitung Liabilias Jangka Pendek

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Tidak Terpisah

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan tidak terpisah bergantung pada kebijakan akuntansi yang diterapkan akuntan publik. Metode tidak terpisah menjadikan perusahaan tidak perlu melakukan penutupan akun laba konsinyasi karena telah bergabung dengan penjualan reguler.

Contoh soal penjualan konsinyasi dan jawabannya telah terjadi kerjasama antara PT Kakraffi dengan PT Tugas Akuntan yang menerima barang konsinyasi sebanyak 84buah seharga Rp 70.000 dengan HPP Rp 12.000. Apabila pendapatan komisi diberikan sebesar 15% dan biaya kirimnya sebesar Rp 80.000, buatlah jurnal penjualan konsinyasi.

Jurnal penjualan konsinyasi perlu dilakukan dengan membentuk rekening buku konsinyasi keluar dan buku konsinyasi masuk. Perhitungan pendapatan komisi bagi komisioner bergantung seberapa banyak mampu menjual barang konsinyasi. Jurnal penjualan konsinyasi yang harus dibukukan perusahana adalah

PT Kakraffi
JURNAL UMUM
2021
TanggalKeterangan Debit Kredit
1KK-Pengiriman Barang Rp 840.000
Persediaan Barang Rp 840.000
2KK-Biaya Kirim Rp 80.000
Kas Rp 80.000
3Kas Rp 3.920.000
KK-Biaya Komisi Rp 980.000
KK-Penjualan Rp 4.900.000
4KK-Penjualan Rp 4.900.000
KK-Biaya Komisi Rp 980.000
KK-Biaya Kirim Rp 80.000
KK-Pengiriman Barang Rp 840.000
Laba Ditahan Rp 3.000.000

Baca Juga: Contoh Temuan Audit Persediaan Barang Konsinyasi

Demikian contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan laba tidak terpisah dalam kehidupan sehari-hari. Akuntansi keuangan lanjutan mempersiapkan pertanyaan wawancara dan soal essay guna membantu memahami mekanisme penjualan konsinyasi yang sebenarnya terjadi.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel