Contoh Soal Audit Piutang Usaha dan Penyelesaiannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit piutang usaha dan penyelesaiannya akan dilakukan konfirmasi kebenaran saldo hutang yang dimiliki pelanggan. Program pemeriksaan piutang dagang harus dapat memperbaiki sistem pengendalian internal yang diterapkan agar penerimaan kas atas penjualan kredit dilaporkan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya berlaku ketika adanya pengendalan internal harus dibuktikan dengan asersi manajemen. Pengertian asersi manajemen menurut para ahli adalah pendapatan akuntan perusahaan tentang pencatatan transaksi keuangan yang terjadi.

Audit pemeriksaan piutang dagang dan piutang usaha akan terjadi karena penjualan kredit yang telah diotorisasi pejabat berwenang. Penyajian piutang dalam laporan posisi keuangan harus menyesuaikan standar akuntansi keuangan yaitu disajikan sebesar nilai yang dapat ditagihkan ke pelanggan.

Contoh Soal Audit Piutang Usaha dan Penyelesaiannya


Tujuan dan Prosedur Pemeriksaan Piutang Dagang

Tujuan dan prosedur pemeriksaan piutang dagang akan menghasilkan catatan atas laporan keuangan tentang jumlah tagihan yang harus dibayarkan pelanggan. Piutang usaha terjadi ketika perusahaan menginginkan mendapatkan omzet atau mempertahankan langganan dengan pemberian kebijakan penjualan kredit.

Tujuan pemeriksaan piutang dagang adalah memastikan kebenaran saldo piutang yang dilaporkan perusahaan dalam surat pemberitahuan pajak badan. SPT Badan harus dilaporkan paling lambat bulan 4 tahun fiskal sehingga entitas sebaiknya menggunakan jasa akuntan publik untuk menilai kewajaran laporan keuangan.

Prosedur pemeriksaan piutang usaha dimulai dengan memeriksa pengendalian internal. Sistem pengendalian internal atas piutang adalah formulir penjualan kredit, faktur pajak, surat pengiriman barang dan penerimaan kas. Analisis umur piutang berguna untuk menentukan jumlah piutang tak tertagih.

Baca Juga: Top Schedule dan Supporting Schedule Piutang Dagang

Kertas Kerja Pemeriksaan dan Program Pemeriksaan Piutang Usaha

Kertas kerja pemeriksaan piutang usaha akan digunakan sebagai dasar perhitungan jumlah piutang tak tertagih atau piutang yang belum dikonfirmasi pelanggan. Retur penjualan dan penghapusan piutang harus mendapatkan persetujuan dari pejabat yang berwenang untuk menghindari koreksi fiskal entitas.

Program pemeriksaan piutang usaha berisi informasi tentnag nama pelanggan, saldo dan umur piutang serta pembayaran setelah tanggal neraca. Uang muka pembelian dan piutang pegawai tidak diperbolehkan sebagai kredit pajak. Kemungkinan piutang dapat ditagih dan pentingnya pembuatan cadangan kerugian piutang.

Contoh kertas kerja pemeriksaan piutang usaha berisikan informasi tentang top schedule dan supporting schedule per laporan posisi keuangan. Mengirimkan konfirmasi saldo piutang dan pembayaran setelah tanggal neraca berperan sebagai dasar piutang tak tertagih bagi perusahaan.

Baca Juga: Contoh Kasus Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Contoh Soal dan Jawaban Audit Piutang Usaha dan Lainnya

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan piutang usaha dan piutang lainnya berguna untuk menenetukan adanya pengendalian internal atas penerimaan kas atas penjualan kredit dan status piutang pelanggan. Pengendalian internal yang lemah langsung dapat dilakukan substantive test.

Contoh soal kasus pemeriksaan piutang usaha terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki saldo piutang sebesar Rp 583.000.000 dimana sebesar Rp 12.000.000 mendapatkan konfirmasi telah dibayarkan dan Rp 7.000.000 terjadi penghapusan piutang. Bagaimana jurnal penyesuaian audit piutang dagang?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Kas Rp 19.000.000
Piutang Usaha Rp 19.000.000

Contoh kasus audit pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya akan pasti akan dilakukan pembayaran setelah tanggal neraca. Penentuan cadangan kerugian piutang tak tertagih harus melihat bukti penerimaan kas serta tanggal penyelesaian pemeriksaan lapangan akuntan publik.

Baca Juga: Jurnal Penjualan Kredit dengan PPN Keluaran

Demikian contoh soal audit piutang usaha dan penyelesaiannya semoga dapat membantu program pemeriksaan akun piutang dagang. Contoh formulir penjualan kredit adalah sales invoice, surat pengiriman barang, tagihan ongkos kirim dan faktur pajaknya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Audit Piutang Usaha dan Penyelesaiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel