Contoh Soal Pajak Penjualan Saham Orang Pribadi di Bursa Efek

Konten [Tampil]

Contoh soal pajak penjualan saham orang pribadi baik pendiri perusahaan ataupun non pendiri entitas akan berpengaruh terhadap tarif pph pasal 4 ayat 2 yang terutang. Contoh perhitungan pajak atas transaksi saham mengakibatkan perubahan struktur organisasi di perseroan terbatas dan persekutuan firma.

Pajak atas penjualan saham pendiri tentunya akan melibatkan banyak investor guna meningkatkan kekayaan di perusahaan. Sistem pengendalian internal kas dan setara kas akan menentukan tingkat laba dan rugi yang akan diperoleh perusahaan ketika memperbesar kegiatan operasionalnya.

Contoh soal dan jawaban modal saham dan laba ditahan tentu akan membagikan dividen ketika perusahaan memperoleh keuntungan di tahun berjalan. Dividen adalah laba ditahan yang dibagikan sebagai imbal balik atas modal yang telah ditanamkan oleh investor dengan membeli saham entitas.

Contoh Soal Pajak Penjualan Saham Orang Pribadi di Bursa Efek


Karakteristik Perseroan Terbatas

Karakteristik perseroan terbatas harus dimengerti bagi akuntan sebelum memutuskan membuat akta pendirian. Modal disetorkan dan modal ditanam akan mengakibatkan jumlah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang harus disetujui oleh masing-masing pemegang saham dan disahkan oleh menteri hukum.

Modal saham perseroan terbatas akan membuat pemegang saham hanya bertanggungjawab terhadap persentase saham yang dimilikinya. Pemegang saham tidak bertanggungjawab terhadap seluruh harta yang dimiliki perusahaan untuk mempertanggungjawabkan seluruh harta kekayaan yang dimilikinya.

Perbedaan perseroan terbatas dan persekutuan firma mengakibatkan jumlah setoran modal yang harus diakui oleh pemegang saham. Pemilikan saham dapat dipindahtangankan kepada pihak lain tanpa mengganggu keberlangsungan usaha entitas sehingga seluruh mutasi kredit dan mutasi debit modal saham.

Baca Juga: Contoh Kasus Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Pajak Penjualan Saham Orang Pribadi (Pendiri dan Non Pendiri)

Pajak penjualan saham orang pirbadi pemilik saham biasa atau saham preferen tentu memiliki karakteristik saham tertentu. Saham biasa memiliki keuntungan seperti diikutsertakan dalam rapat umum pemegang saham dan memperoleh keuntungan ketika entitas membagikan laba ditahannya.

Pajak atas pemilikan saham baik penjualan saham atau pembelian saham hanya akan dikenakan ketika terjadi jualbeli. Pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 bersifat final sehingga orang pribadi tidak diperkenankan mengakui sebagai kredit pajak ketika melaporkan SPT Tahunan Orang Pribadi.

Pajak atas penjualam saham orang pribadi diperlukan karena adanya tambahan manfaat ekonomis yang diterima wajib pajak. Contoh soal dan jawaban jual beli saham di bursa efek indonesia tentu harus memperlukan akun pembeli dan broker. Pialang diperlukan untuk mempertemukan masing-masing pemegang saham.

Baca Juga: Contoh Kasus Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh Perhitungan Pajak atas Transaksi Saham

Contoh perhitungan pajak atas transaksi saham biasa dan saham preferen akan berkaitan dengan pembagian dividen bagi pemegang saham. Dividen saham adalah hasil dari investasi yang dilakukan dalam satu tahun pajak dimana pemegang saham preferen akan memperoleh dividen terlebih dahulu.

Contoh soal perhitungan pajak atas transaksi saham preferen akan dikenakan pajak penghasilan sebesar 0,15% dari dasar pengenaan pajaknya. Dividen saham kumulatif berarti perusahaan akan membagian tahan selama tahun yang tidak dibagikan oleh entitas sebelum membagikan ke pemegang saham biasa.

Contoh perhitungan pajak atas transaksi penjualan saham biasa dan saha preferen terjadi pada PT Kakraffi yang menjual saham sebanyak 700lot dengan harga Rp 600. Apabila penjualan saham biasa dilakukan secara tunai. Bagaiman jurnal penjualan saham preferen yang harus dicatat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Kas Rp 42.000.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 42.000
Modal Saham Biasa Rp 41.958.000

Baca Juga: Contoh Temuan Audit Persediaan Barang Dagang

Demikian contoh soal pajak penjualan saham orang pribadi di bursa efek semoga perusahaan dapat memotongkan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 yang terutang. Bedanya modal saham dan laba ditahan harus diketahui sebelum materi akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar diberikan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pajak Penjualan Saham Orang Pribadi di Bursa Efek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel