Contoh Jurnal Transaksi Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Konten [Tampil]

Contoh jurnal transaksi perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan melibatkan seluruh pengeluaran perusahaan dalam membuat kegiatan produksi. Macam-macam biaya produksi terdiri dari bahan baku, biaya overhead pabrik dan biaya tenaga kerja langsung yang dipotongkan pajak penghasilan.

Contoh soal job order costing dan jawabannya menjadi materi akuntansi biaya. Biaya pesanan dan biaya proses memilik perbedaan terutama berkaitan dengan alokasi biaya overhead pabrik departemen pembantu ke departemen produksi. BOP aktual harus menyesuaikan BOP dibebankan setiap periodenya.

Makalah sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan atau job order costing perlu dilakukan agar dapat tentukan harga jual barang jadi ke pelanggan. Apakah perusahaan dibidang jasa dapat melakukan perhitungan biaya pesanan pelanggan tentu harus mempertimbangkan penggunaan departemen jasa periode tersebut.

Contoh Jurnal Transaksi Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan


Contoh Perhitungan Biaya Berdasarkan Job Order Costing

Contoh perhitungan biaya berdasarkan job order costing perlu dilakukan agar dapat mempertimbangkan seluruh pengeluaran dalam rangka membuat pesanan pelanggan. Karakteristik biaya pesanan adalah perusahaan hanya melakukan kegiatan produksi untuk produk yang sesuai spesifikasi pelanggan.

Contoh soal dan jawaban perhitungan biaya berdasarkan pesanan harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan proses produksi. Sistem pembebanan biaya pesanan adalah alokasi perolehan biaya yang didapatkan dari adanya konsultasi terhadap pelaporan pajak penghasilan masa atau bulanan entitas.

Contoh sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan memproduksi produk yang berbeda dengan spesifikasi barang perusahaan. Kartu biaya produksi dibuat untuk mempertanggungjawabkan seluruh pengeluaran perusahaan terutama bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Baca Juga: Perbedaan BOP Dibebankan dan BOP Aktual

Contoh Soal Transaksi Job Order Costing

Contoh soal transaksi job order costing melibatkan pembebanan biaya bahan baku, pemakaian tenaga kerja langsung dan biaya departemen pembantu ke departemen produksi. Karakteristik biaya pesanan dan biaya produksi adalah pengeluaran perusahaan dalam rangka menciptakan penghasilan kena pajak.

Contoh Soal Transaksi Pemakaian Bahan Baku

Contoh soal transaksi pemakaian bahan baku menjadikan entitas melakukan kegiatan produksi barang jadi. Laporan biaya produksi harus disampaikan oleh manajer produksi guna mempertanggungjawabkan bahan baku yang digunakan agar diperoleh hasil produksi yang maksimal.

Contoh jurnal transaksi pemakaian bahan baku materi sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan terjadi ketika PT Masraffi membeli bahan baku sebesar Rp 52.000.000 dan telah dipakai sebesar 78%. Pembelian bahan baku dilakukan secara kredit. Bagaimana jurnal akuntansi yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/03/2021Persediaan Bahan Baku Rp 52.000.000
Hutang Usaha Rp 52.000.000
(Jurnal Pembelian Bahan Baku)
04/03/2021PDP - Bahan Baku Rp 31.356.000
BOP Aktual Rp 3.484.000
Persediaan Bahan Baku Rp 34.840.000
(Jurnal Pemakaian Bahan Baku)

Baca Juga: Contoh Kasus Rekonsiliasi Bank 2 dan 4 Kolom

Contoh Soal Transaksi Penentuan Besarnya Upah dan Gaji Karyawan

Contoh soal transaksi penentuan besarnya upah dan gaji karyawan akan berpengaruh terhadap biaya tenaga kerja langsung. Pengertian biaya tenaga kerja langsung menurut para ahli adalah pengeluaran perusahaan dalam rangka memperoleh jasa dari pekerja yang dapat ditelusuri langsung ke produknya.

Contoh perusahaan yang menggunakan metode harga pokok pesanan akan melibatkan pemakaian karyawan dalam proses produksi sebesar Rp 82.400.000. Ketentuan umum perpajakan mengharuskan perusahaan memotongkan pajak penghasilan sebesar 5% dari DPPnya. Jurnal transaksi biaya tenaga kerja langsung adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
12/03/2021Biaya Tenaga Kerja Langsung Rp 82.400.000
Hutang Gaji dan Upah Rp 78.280.000
Hutang PPh Pasal 21 Rp 4.120.000
(Jurnal Penentuan Upah dan Gaji Karyawan)
14/03/2021PDP - Biaya Tenaga Kerja Rp 74.160.000
BOP Aktual Rp 8.240.000
Biaya Tenaga Kerja Langsung Rp 82.400.000
(Jurnal Pendistribusian Upah dan Gaji)

Cara Menghitung BOP Dibebankan dan BOP Aktual

Cara menghitung bop dibebankan dan bop aktual harus dilakukan agar dapat ditentukan pengeluaran perusahaan yang tidak berkaitan langsung dengan produk pesanan. Biaya overhead pabrik adalah pengeluaran perusahaan untuk membantu diciptakannya produk sesuai pesanan atau spesifikasi pelanggan.

Contoh perhitungan biaya overhead pabrik dibebankan adalah menentukan tarif BOP sesuai kebijakan perusahaan. Apabila PT Kakraffi memberikan tarif BOP dibebankan sebesar 80% dari total biaya tenaga kerja langsung. Maka jurnal transaksi sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
22/03/2021PDP - Biaya Overhead Pabrik Rp 65.920.000
BOP Dibebankan Rp 65.920.000
(Jurnal Penentuan Upah dan Gaji Karyawan)
24/03/2021BOP Aktual Rp 48.000.000
Asuransi dibayar dimuka Rp 33.600.000
Penyusutan aktiva tetap Rp 14.400.000
(Jurnal Pencatatan biaya overhead pabrik aktual)
27/03/2021BOP Dibebankan Rp 65.920.000
BOP Aktual Rp 59.724.000
Laba BOP Rp 6.196.000
(Pencatatan selisih BOP aktual ke BOP dibebankan)

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung

Demikian contoh jurnal transaksi perhitungan biaya berdasarkan pesanan semoga dapat membantu alokasi biaya departemen pendukung ke departemen produksi. Perusahaan jasa yang dapat menggunakan perhitungan biaya pesanan menjadi pertanyaan job order costing.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Jurnal Transaksi Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel