Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung Akuntansi Biaya

Konten [Tampil]

Cara menghitung biaya tenaga kerja langsung akuntansi biaya berkaitan dengan proses penentuan beban gaji dan upah yang dibayarkan perusahaan kepada pekerja. Imbal balik atas jasa yang diberikan pekerja adalah gaji dan upah. Perusahaan akan memperoleh manfaat berupa peningkatan laba atau pengurangan biaya produk.

Contoh soal dan jawaban biaya tenaga kerja langsung akuntansi biaya menjadi dasar dalam pembentukan produktivitas karyawan. Perhitungan tingkat produktivitas tenaga kerja didapatkan dari perbandingan antara jumlah barang yang mampu dikerjakan dengan upah yang ditawarkan perusahaan kepada pekerja.

Pertanyaan tentang biaya tenaga kerja langsung per unit menjadi penentuan harga pokok penjualan. Produktivitas tenaga kerja adalah standar kinerja karyawan yang dipertimbangkan dengan output yang dihasilkan. Biaya gaji dan upah termasuk beban bulanan yang harus dibayarkan perusahaan setiap masanya.

Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung Akuntansi Biaya


Pengertian Produktivitas Tenaga Kerja dan Perhitungannya

Pengertian produktivitas tenaga kerja dan perhitungannya berkaitan dengan alokasi hasil produksi yang berhasil diciptakan oleh pekerja. Pekerja memiliki kewajiban memberikan tenaga atau jasa kepada perusahaan secara maksimal untuk memproduksi barang yang ditetapkan sesuai standar perusahaan.

Pengertian produktivitas tenaga kerja menurut para ahli adalah ukuran yang ditetapkan perusahaan dalam menilai kinerja karyawan untuk periode tertentu. Pencatatan gaji dan upah karyawan perlu mempertimbangkan output dan input yang diterima pekerja dalam waktu tertentu.

Produktivitas tenaga kerja adalah penentu tingkat laba perusahaan dalam menghasilkan harga pokok penjualan. Penetapan standar kinerja memerlukan persetujuan antara perusahaan dengan serikat kerja agar memperoleh produk berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif di pasar modal dan pasar barang jadi.

Baca Juga: Contoh Departementasi Biaya Overhead Pabrik

Pertanyaan Tentang Biaya Tenaga Kerja Langsung

Pertanyaan tentang biaya tenaga kerja langsung seharusnya menjadi dasar dalam pembuatan laporan laba rugi komprehensif. Laporan posisi keuangan berisikan informasi tentang total kekayaan perusahaan yang diperoleh dari pinjaman pihak ketiga dan setoran modal dari pemilik entitas.

Perbedaan biaya tenaga kerja langsung dan biaya tenaga kerja tidak langsung adalah ditelusurinya biaya kepada produk yang berhasil diciptakan oleh perusahaan. Jurnal pencatatan gaji dan upah karyawan akan dibukukan setelah perusahaan membagikan imbal balik kepada pekerja.

Pertanyaan tentang biaya tenaga kerja langsung menciptakan kompetisi karyawan untuk memberikan hasil maksimal kepada perusahaan. Komponen biaya tenaga kerja terdiri dari insentif, gaji pokok dan tunjangan yang diberikan perusahaan dalam rangka meningkatkan produktivitas pekerja.

Baca Juga: Sistem Akuntansi Tenaga Kerja

Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Jawabannya

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung dan jawabannya akan membebankan seluruh biaya yang ditimbulkan perusahaan dalam rangka memproduksi barang jadi. Persediaan barang jadi akan dianggap sebagai kekayaan perusahaan yang harus dilaporan pada laporan posisi keuangan akhir periode.

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung per unit terjadi pada PT Kakraffi yang menetapkan standar produksi bagi karyawan sebesar 60 unit. Apabila karyawan mampu menghasilkan produk lebih dari standar akan diberikan bonus sebesar Rp 900. Gaji pokok karyawan adalah Rp 15.000. Adapun karyawan perusahaan adalah:

Nama PekerjaUnit Per Jam Upah Pokok Tarif Per Upah
Sherly51 Rp 9.000 Tidak Tercapai
Tri60 Rp 9.000 Tidak Tercapai
Bella67 Rp 9.000 500

Cara menghitung biaya tenaga kerja langsung menjadi materi akuntansi biaya melalui program insentif individu. Metode program upah insentif yang diberikan kepada pekerja diantaranya:

  1. Rencana unit kerja langsung.
  2. Rencana bonus seratus persen.
  3. Program insentif kelompok
  4. Program insentif organisasi perusahaan.

Contoh perhitungan biaya tenaga kerja langsung akuntansi biaya harus mempertimbangkan komponen biaya tenaga kerja. Produktivitas tenaga kerja yang tinggi akan memperkecil beban tenaga kerja per unit yang dihasilkan perusahaan. Adapun cara menghitung biaya tenaga kerja sebagai berikut

Nama PekerjaUnit Per Jam Upah Pokok Tarif Per UpahUpah Yang DiterimaBiaya Tenaga Kerja Per Unit
Sherly51 Rp 9.000 Tidak Tercapai Rp 9.000 Rp 176
Tri60 Rp 9.000 Tidak Tercapai Rp 9.000 Rp 150
Bella67 Rp 9.000 900 Rp 15.300 Rp 228

Baca Juga: Contoh Kasus Teori Kurva Belajar (Learning Curve Theory)

Demikian cara menghitung biaya tenaga kerja langsung akuntansi biaya agar proses penentuan tingkat produktivitas dapat berjalan sebaiknya ditentukan program insentif individu dan kelompok. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan harus menyesuaikan kebijakan produksi perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung Akuntansi Biaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel