Contoh Soal dan Cara Menghitung BOP Sesungguhnya dan BOP Dibebankan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung bop sesungguhnya dan bop dibebankan akan menentukan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses. Akuntansi untuk kehilangan dalam proses produksi berlaku dalam penggunan laporan beban pokok produksi atas seluruh pengeluaran perusahaan periode tersebut.

Perbedaan BOP Applied dan BOP aktual berkaitan dengan proses penganggaran dan realisasi anggaran biaya overhead pabrik. Contoh soal departementalisasi biaya overhead pabrik akan digunakan sebagai dasasr penentukan biaya transfer antar departemen untuk memperoleh laba dan rugi segmen produksi.

Pertanyaan tentang anggaran selisih biaya overhead pabrik dilakukan sebagai dasar pengenaan tarif pajak penghasilan. Karakteristik biaya overhead pabrik adalah pengeluaran perusahaan yang dikeluarkan memiliki kapasitas yang berbeda-beda tiap schedule produksi dan pemanfaatan fasilitas perusahaan.

Contoh Soal dan Cara Menghitung BOP Sesungguhnya dan BOP Dibebankan


Perbedaan BOP Sesungguhnya dan BOP Dibebankan

Perbedaan bop sesungguhnya dan bop dibebankan berguna sebagai dasar penentuan tarif biaya overhead pabrik. Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam penentuan tarif BOP aktual dan BOP applied seharusnya didasarkan pada penggunaan sumber daya manusia dan sumber daya modal yang ada diperusahaan.

Bedanya BOP aktual dan BOP applied berperan sebagai dasar penambah harga pokok penjualan. Penentuan harga pokok penjualan didapatkan dari persediaan bahan penolong, persediaan barang jadi dan persediaan barang di akhir periode sebagai dasar perhitungan laba rugi per departemen produksi.

BOP sesungguhnya disebut BOP aktual. Bop dibebankan adalah anggaran biaya overhead pabrik yang ditentukan sebelum proses produksi. Penentuan tarif biaya overhead pabrik dapat didasarkan pada satuan hasil produksi, penggunaan tenaga karyawan dan penggunaan jam mesin atau aktiva tetap perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Penurunan Nilai Aset Tetap Tak Berwujud

Pertanyaan Tentang Selisih Anggaran Biaya Overhead Pabrik

Pertanyaan tentang selisih anggaran biaya overhead pabrik akan diperlakukan sebagai penambah harga pokok penjualan. Pengertian harga pokok penjualan adalah pengeluaran perusahaan dalam rangka memperoleh penghasilan. Harga pokok penjualan berperan menentukan penjualan kotor perusahaan.

Pertanyaan tentang anggaran biaya overhead pabrik harus didasarkan pada kapasitas produksi yang digunakan. Penyusunan anggaran BOP dibebankan terdiri dari BOP variabel dan BOP tetap. Kapasitas yang dapat digunakan untuk menentukan tarif bop adalah kapasitas teoritis dan kapasitas sesungguhnya yang diharapkan.

Pertanyaan tentang selisih anggaran biaya overhead pabrik akan diperlakukan sebagai penambah penghasilan tahun berjalan. Jika bop dibebankan lebih besar daripada bop aktual maka perusahaan akan memperoleh keuntungan. Jika bop aktual lebih besar daripada bop dibebankan maka harus ditambahkan anggaran tahun selanjutnya.

Baca Juga: Cara Menghitung Unit Ekuivalen dalam Laporan Harga Pokok Penjualan

Contoh Soal dan Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik Per Unit Produksi

Contoh soal dan cara menghitung biaya overhead pabrik per unit produksi akan menghasilkan nilai pertanggungjawaban biaya sesuai pengeluaran perusahaan. Adanya keusangan produk, kehilangan produk selama proses produksi dapat meningkatkan harga pokok penjualan barang yang ada.

Contoh soal biaya overhead pabrik terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki anggaran BOP variabel sebesar Rp 85.000.000 dan BOP aktual sebesar Rp 57.000.000 digunakan untuk memproduksi sebanyak 84.000 unit. Bagaimana cara menghitung bop dibebankan yang diperoleh perusahaan.

Tarif BOP Variabel=85000000:70000 Rp    1.011,90
Tarif BOP Tetap=57000000:60000 Rp 678,57
Penentuan Tarif BOP Rp 1.690,48

Cara menghitung bop yang dibebankan harus disesuaikan anggaran yang ditetapkan. Perusahaan dapat menentukan tarif bop berdasarkan unit yang berhasil dibuatnya selama proses produksi. Apabila PT Kakraffi sesuai anggaran mampu membuat 90.000 unit produk. Bagaimana contoh perhitungan bop applied?

Tarif BOP Applied=1.690,48*90000 Rp 152.142.857

Jurnal transaksi selisih bop dibebankan dan bop sesungguhnya akan terjadi pada akhir periode. Berdasasrkan contoh soal dan cara menghitung biaya overhead pabrik brainly maka dapat dianggap bahwa PT Kakraffi memiliki bop sesungguhnya sebesar Rp 160.000.000. Jurnal transaksi selisih bop aktual dan bop applied adalah

TanggalKeteranganDebit Kredit
03/03/2021BOP Applied Rp 152.142.857
Selisih BOP Rp 7.857.143
BOP Aktual Rp 160.000.000

Baca Juga: Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Demikian contoh soal dan cara menghitung bop sesungguhnya dan bop dibebankan semoga dapat membantu proses perhitungan alokasi biaya departemen pendukung ke departemen produksi. Departementalisasi biaya overhead pabrik menjadi materi akuntansi biaya buku agus purwaji.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Cara Menghitung BOP Sesungguhnya dan BOP Dibebankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel