Contoh Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap dan jawabannya berdampak pada pelaporan pajak penghasilan bulan tersebut. Jurnal dan makalah penilaian kembali aset tetap sebaiknya segera dilakukan agar entitas memperoleh keuntungan berupa surplus revaluasi ketika nilai buku lebih kecil daripada nilai pembeliannya.

Jurnal dan contoh soal revaluasi aktiva tetap dapat terjadi ketika perusahaan telah melaporkan laporan posisi keuangan dan kinerja keuangan. Kasus perencanaan pajak terhadap revaluasi aktiva tetap berdampak pada pembayaran pajak penghasilan karena akan dikenakan pajak final.

Metode-metode depresiasi aktiva tetap yang berlaku di perusahaan diantaranya metode garis lurus, metode saldo menurun berganda, metode satuan unit produksi. Contoh soal revaluasi aktiva tetap dan jawabannya harus menyesuaikan pengalaman perusahaan ketika merubah biaya perolehan yang dimilikinya.

Contoh Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya


Makalah dan Syarat Revaluasi Aktiva Tetap

Makalah dan syarat revaluasi aktiva tetap dapat digunakan agar perusahaan menyesuaikan kebijakan akuntansi dengan ketentuan perpajakan. PMK Revaluasi aktiva tetap berkaitan dengan penggunaan metode depresiasi dan masa manfaat yang boleh diakui sebagai umur ekonomis aset tetap tersebut.

Syarat dan makalah revaluasi aset tetap berguna sebagai dasar pencatatan transaksi akuntansi di perusahaan. Penyusutan aset tetap yang diukur dengan metode revaluasi berguna agar perusahaan memperoleh keuntungan dari selisih nilai buku dan nilai perolehan aktiva jika dibeli periode ini.

Pertanyaan tentang revaluasi aktiva tetap seperti masa manfaat dan prosedur revaluasi yang harus dilakukan agar menghindari koreksi fiskal positif. Contoh kasus perencanaan pajak terhadap revaluasi aktiva tetap berlangsung pada tahun pajak dimana perusahaan melakukan penilaian kembali aktiva tersebut.

Baca Juga: Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh Soal dan Jawaban Revaluasi Aset Tetap

Contoh soal dan jawaban revaluasi aset tetap harus segera dilakukan setelah perusahaan memperoleh informasi tentang nilai sekarang dari aktiva tetap tersebut. Jurnal revaluasi aktiva tetap akan dikenakan pajak penghasilan final yaitu PPh pasal 4 ayat 2 dengan tarif 10% dari dasar pengenaan pajaknya.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap dan jawabannya dimana perusahaan yang mempunyai akuntabilitas publik wajib melaporkan laporan posisi keuangan sesuai PSAK yang berlaku. Perusahaan dapat melakukan revaluasi ketika telah memiliki pedoman tentang masa manfaat aktiva baru dan biaya perolehannya.

Soal dan jawaban revaluasi aktiva tetap terjadi pada PT Kakraffi yang telah menggunakan aktiva tetap selama setahun dengan nilai Rp 18.450.000 dan biaya perolehan sebesar Rp 73.800.000. PT Kakraffi akan melakukan revaluasi yang dilakukan oleh appraiser sebesar Rp 65.900.000. Bagaiman jurnal akuntansi penurunan nilainya?

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Biaya Produksi

Cara Menghitung Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Cara menghitung revaluasi aktiva tetap dan jawabannya hanya dilakukan setelah perusahaan menghitung nilai buku. Pengertian revaluasi aktiva tetap menurut pajak adalah proses dimana perusahaan menyesuaikan nilai buku agar sesuai harga aset tetap pada masa sekarang ini.

Cara menghitung revaluasi aset tetap dan jawabannya hanya dapat dilakukan setelah perusahaan melakukan pengurangan biaya perolehan dan akumulasi aktiva tetap. Adapun perhitungan biaya perolehan untuk memperoleh nilai buku sebagai berikut:

Nilai Buku Akhir Periode Rp 55.350.000
Nilai Revaluasi Rp 65.900.000
Surplus Revaluasi Rp 10.550.000
PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 1.055.000

Jurnal revaluasi aktiva tetap menurut perpajakan akan dikenakan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2. Pajak final tidak dapat dijadikan kredit pajak ketika membayar pajak badan setiap tahunnya. Adapun, jurnal revaluasi aset tetap yang dibuat perusahaan adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 18.450.000
Aktiva Tetap Rp 7.900.000
Suplus Revaluasi Rp 10.550.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 1.055.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 1.055.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Rekonsiliasi Bank

Demikian contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap dan jawabannya agar perusahaan dapat mematuhi syarat dan pembuatan makalah revaluasi aset tetap. Maka, pedoman peraturan menteri keuangan atau PMK harus dijalankan perusahaan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel