Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Konten [Tampil]

Cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun digunakan sebagai metode untuk mengalokasikan biaya perolehan selama masa manfaat aset tetap. Rumus depresiasi metode garis lurus, metode satuan hasil produksi, metode saldo menurun berganda dan metode jumlah angka tahun akan menghasilkan beban depresiasi yang berbeda-beda.

Contoh soal dan cara menghitung depresiasi metode jumlah angka tahun dapat menyesuaikan ketentuan umum perpajakan untuk menghindari koreksi fiskal. Soal dan pembahasan depresiasi koreksi fiskal terjadi ketika adanya perbedaan temporer masa manfaat aktiva tetap berdasarkan satu periode akuntansi.

Bagaimana cara menghitung besarnya penyusuan metode jumlah angka tahun tentu harus mempertimbangkan faktor-faktor depresiasi diantaranya biaya perolehan, masa manfaat dan nilai residu. Nilai residu adalah jumlah yang diperkirakan didapatkan perusahaan dari penjualan aktiva tetap pada akhir masa pakainya.

Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun


Soal dan Pembahasan Metode Jumlah Angka Tahun

Soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun dipergunakan sebagai dasar pembebanan biaya perolehan selama satu periode akuntansi. Depresiasi menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mengalokasikan biaya perolehan aset tetap selama beberapa periode sesuai ketentuan umum perpajakan.

Soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun dipergunakan perusahaan untuk menentukan nilai residu dan masa manfaat aset tetap. Biaya perolehan adalah biaya membeli dan mempersiapkan aktiva sampai siap untuk digunakan produksi barang jadi di perusahaan manufaktur dan dagang.

Contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun dan pembahasannya terjadi pada PT Kakraffi yang membeli kendaraan seharga Rp 123.000.000 yang akan disusutkan selama 4 tahun. Nilai residu yang diharapkan sebesar Rp 13.000.000. Bagaimana cara menghitung besarnya penyusutan jumlah angka tahun?

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaiaan Rekonsiliasi Bank

Rumus Penyusutan Jumlah Angka Tahun Excel

Rumus penyusutan jumlah angka tahun excel bergantung pada kebijakan akuntansi dan ketentuan umum perpajakan yang digunakan perusahaan. Metode penyusutan aset tetap terdiri dari garis lurus, saldo menurun berganda dan satuan unit produksi tetapi harus dilakukan koreksi fiskal atas beban penyusutan tersebut.

Rumus penyusutan jumlah angka tahun excel akan melibatkan biaya perolehan. Pengertian biaya perolehan menurut para ahli adalah seluruh pengeluaran perusahaan untuk mempersiapkan aktiva tetap sampai siap dipergunakan. Nilai residu adalah taksiran nilai aset pada akhir periode akuntansi.

Rumus depresiasi jumlah angka tahun excel harus dilakukan koreksi fiskal karena perpajakan tidak mengakuinya sebagai metode penyusutan. Metode penyusutan yang diakui dalam perpajakan adalah metode garis lurus dan metode saldo menurun berganda. Akibatnya, perusahaan harus melakukan koreksi fiskal.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Pesanan Berdasarkan Harga Pokok Penjualan

Bagaimana Cara Menghitung Besarnya Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Bagaimana cara menghitung besarnya penyusutan metode jumlah angka tahun harus mempertimbangkan masa manfaat aktiva tetap. Masa manfaat aset tetap menurut para ahli adalah alokasi waktu yang diharapkan perusahaan atas pemakaian aset sampai terjadi kerusakan atau keausan.

Cara menghitung besarnya penyusuan metode jumlah angka tahun hanya mencari faktor pembagi. Faktor pembagi didapatkan dari hasil penjumlahan angka tahun selam periode tersebut. Contohnya, aktiva tetap memiliki masa manfaat 4 tahun dan umur ekonomis 6 tahun. Maka, faktor pembaginya adalah 1+2+3+4 = 10.

Bagaimana cara menghitung besarnya penyusutan metode jumlah angka tahun dapat dibuatkan tabel depresiasi untuk mempermudah alokasi beban depresiasi dan akumulasi depresiasi. Contoh tabel penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun adalah:

TahunBeban DepresiasiAmortisasi DepresiasiNilai Buku
0 Rp 110.000.000
1 Rp 44.000.000 Rp 44.000.000 Rp 66.000.000
2 Rp 33.000.000 Rp 77.000.000 Rp 33.000.000
3 Rp 22.000.000 Rp 99.000.000 Rp 11.000.000
4 Rp 11.000.000 Rp 110.000.000 Rp -

Jurnal depresiasi aktiva tetap metode jumlah angka tahun harus dipertimbangkan dalam rangka melaporkan beban penyusutan pada akhir periode akuntansi. Adapun jurnal penyusutan aset tetap jumlah angka tahun yang dibuat perusahaan adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Beban Depresiasi Rp 44.000.000
Akumulasi Depresiasi Rp 44.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Demikian cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun semoga perusahaan dapat mengalokasikan biaya penyusutan dan akumulasi depresiasi sehingga tidak perlu dilakukannya koreksi fiskal positif atau koreksi fiskal negatif.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel