Laporan Biaya Pokok Produksi : Pengertian, Karakteristik dan Contoh Soal

Konten [Tampil]

Laporan biaya pokok produksi menjadi materi dalam makalah akuntansi biaya. Pengertian dan karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan proses menjadi tujuan dalam mempertanggungjawabkan biaya yang digunakan departemen perusahaan manufaktur pada akhir periode.

Pengertian sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses menjadi pembebanan biaya produksi antar departemen di perusahaan selama satu periode. Contoh soal harga pokok pesanan 2 departemen dapat dibebani tambahan biaya walaupun tidak menambah jumlah unit ekuivalen yang dihasilkan.

Karakteristik sistem perhitungan biaya proses dan pesanan dapat dipergunakan dalam rangka melaporkan seluruh biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik yang digunakan di departemen. Biaya akan diakumulasikan ke setiap departemen dan dialokasikan pada departemen yang menggunakannya.

Pengertian Laporan Biaya Pokok Produksi Metode Fifo dan Average

Pengertian laporan biaya pokok produksi metode fifo dan average adalah informasi tentang penggunaan biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dalam rangka membuat sebuah produk secara homogen dengan karakteristik sama. Perhitungaan total biaya per unit harus disesuaikan dengan jumlah unit ekuivalen yang digunakan.

Pengertian sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses dapat menjadi tindakan mengalokasikan biaya produksi ke departemen yang digunakannya. Aliran produk secara berurutan mulai dari departemen pertama sampai departemen terakhir dapat terjadi proses kehilangan produk jadi.

Process costing dan job order costing merupakan metode pembebanan biaya dalam akuntansi biaya. Perbedaan departemen produksi dan departemen jasa adalah proses pembebanan biaya produksi atas barang yang dibentuk dan kelancaran departemen lainnya untuk mengalokasikan biaya barang.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 Kolom dan 4 Kolom

Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan dan Proses

Karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses adalah dibentuknya laporan biaya pokok produksi terutama antar departemen di perusahaan. Contoh soal harga pokok pesanan 2 departemen dan 3 departemen dapat membuktikan pertanggungjawaban biaya yang timbul selama proses produksi.

Karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan memudahkan akuntan biaya untuk mengalokasikan proses produksi barang dan jasa. Sebelum barang jadi diakui sebagai persediaan barang jadi, maka akuntan dapat mengkategorikan sebagai produk dalam proses dari biaya produksinya.

Laporan biaya pokok produksi dapat dibuat menggunakan metode fifo dan average. Biaya periodik adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan yang tidak termasuk bahan baku. Contoh biaya periodik adalah beban pemasaran dan beban administrasi umum karena biaya tersebut tidak termasuk proses produksi.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Pesanan Akuntansi Biaya

Contoh Soal Laporan Biaya Pokok Produksi 2 Departemen atau Lebih

Contoh soal laporan biaya pokok produksi 2 departemen atau lebih adalah alokasi biaya perolehan yang terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap adalah biaya yang tidak akan berubah walaupun terjadi peningkatan jumlah bahan baku atas produk yang dihasilkan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan terjadi pada PT Kakraffi dimana departemen produksi menghasilkan penggunaan biaya bahan baku sebesar 100% dan biaya konversi sebesar 60%. Adapun biaya selama produksi adalah:

Produk   dalam Proses Awal
- Dari departemen produksi
- Biaya Bahan Rp 144.500.000
- Biaya tenaga kerja Rp 170.000.000
- Biaya Overhead Pabrik Rp 110.500.000
Periode Berjalan
- Biaya Bahan Rp 225.250.000
- Biaya tenaga kerja Rp 93.500.000
- Biaya Overhead Pabrik Rp 106.250.000

Cara membuat laporan biaya produksi harus mempertimbangkan jumlah unit ekuivalen yang diinginkan. Adapun contoh perhitungan biaya produksi terhadap laporan biaya pokok produksi metode fifo sebagai berikut.

Laporan Biaya Pokok Produksi : Pengertian, Karakteristik dan Contoh Soal

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Berdasarkan Proses

Demikian pengertian, karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses semoga dapat membantu menjawab contoh soal laporan biaya pokok produksi 2 departemen atau lebih.

Belum ada Komentar untuk "Laporan Biaya Pokok Produksi : Pengertian, Karakteristik dan Contoh Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel