Contoh Pengujian Substantif dan Compliance Kas dan Setara Kas

Konten [Tampil]

Contoh pengujian substantif dan compliance kas dan setara kas dilakukan agar penerapan sistem pengendalian internal perusahaan dapat mencegah kecurangan atas penerimaan kas dan pengeluaran kas. Pertanyaan tentang audit kas dan setara kas berbentuk kuesioner, bagan alir bahkan pertanyaan wawancara.

Contoh soal audit pemeriksaan kas dan setara kas bertujuan untuk menguji asersi manajemen terhadap transaksi penerimaan dan pengeluaran kas melalui rekening giro atau kas kecil. Pembatasan penggunaan kas dan adanya kas dalam mata uang asing harus disesuaikan dan dilaporkan sebagai aktiva tak lancar.

Sifat dan tujuan audit kas dan setara kas dapat menyesuaikan rekening pos laporan posisi keuangan di perusahaan. Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas berguna agar setiap penerimaan dan pengeluaran kas diperiksa menggunakan asersi manajemen dan pertimbangan skeptisme akuntan publik.

Contoh Pengujian Substantif dan Compliance Kas dan Setara Kas


Pertanyaan dan Contoh Soal Perhitungan Audit Kas dan Setara Kas

Pertanyaan dan contoh soal perhitungan audit kas dan setara kas digunakan untuk membuktikan asersi manajemen yang telah dipergunakan. Pengertian asersi manajemen menurut para ahli adalah representasi akuntan perusahaan terhadap seluruh transaksi keuangan yang berlangsung selama satu periode.

Pertanyaan tentang pemeriksaan kas dan setara kas berguna agar seluruh penerapan sistem pengendalian internal perusahaan dapat mencegah terjadinya kecurangan. Fraud transaksi laporan keuangan akan berdampak pada pembayaran pajak tahunan dan pajak setiap bulannya. Koreksi fiskal positif dan koreksi fiskal negatif akan memperlihatkan beban yang tidak diperolehkan sebagai pengurang pajak.

Contoh perhitungan audit kas pada laporan posisi keuangan akan menentukan jumlah kas kecil dan rekonsiliasi bank setiap bulannya. Penyajian kas pada laporan posisi keuangan harus menerapkan standar akuntansi berterima umum. Kas dan setara kas yang dibatasi dimasukan sebagai aktiva tidak lancar.

Baca Juga: Sistem Pengendalian Internal Atas Kas dan Setara Kas

Tujuan dan Prosedur Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Tujuan dan prosedur audit pemeriksaan kas dan setara kas adalah melaporkan kondisi arus kas berdasarkan aktivitas operasional, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan. Prosedur audit atas rekonsiliasi bank akan dilakukan sebagai upaya mengetahui biaya administrasi bank dan pendapatan bunga.

Prosedur audit pemerikaan kas dan setara kas terdiri dari subtantif test dan compliance test. Tindakan kecurangan seperti windows dressing akan dilakukan dengan mentransfer dana pada bank lain yang dimiliki perusahaan. Kas opname dapat dilakukan agar memperoleh saldo kas akhir setiap bulannya.

Tujuan audit pemeriksaan kas dan setara kas berdampak pada saldo yang dilaporkan pada laporan arus kas. Laporan arus kas terdiri dari aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan. Pertanyaan tentang audit kas berhubungan dengan asersi manajemen yang telah dipergunakan.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Berdasarkan Proses dan Pesanan

Contoh Kasus Audit Kas dan Jawabannya

Contoh kasus audit kas dan jawabannya berlaku ketika perusahaan menerima pembayaran atau mengeluarkan kas dalam rangka membayarkan tagihan yang telah jatuh tempo. Perhitungan kas akan dimulai dari aktivitas operasional, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan perusahaan.

Contoh soal audit pemeriksaan kas dan setara kas berlangsung pada KAP Kakraffi yang memeriksa kas mata uang asing yang telah dicatat dengan nominal Rp 59.630.000 untuk $6.700. Apabila kurs beli dan kurs jual pada akhir periode adalah Rp 8900 dan Rp 9.100. Maka, cara menentukan laba rugi selisih kurs adalah:

Cara Hitung
- Akhir Periode Rp 60.300.000
- Pencatatan awal Rp 59.630.000
Laba Selisih kurs Rp 670.000

Jurnal penyesuaian pemeriksaan kas dan setara kas pada penguditan berbasis komputer akan dilaporkan sebagai transaksi pembetulan perusahaan. Pengujian subtantif dan pengujian compliance kas dan setara kas akan menghasilkan jurnal penyesuaian sebagai berikut.

Tanggal KeteranganDebitKredit
31/12/2021Kas di Bank Rp 670.000
Laba Selisih Kurs Rp 670.000

Baca Juga: Contoh Soal Audit Piutang dan Jawabannya

Demikian contoh pengujian substantif dan compliance kas dan setara kas semoga dapat membantu membuat kertas kerja pemeriksaan atas pos-pos laporan posisi keuangan. Rekonsiliasi rekening giro bank dan kas kecil harus dilakukan koreksi agar dapat menyesuaikan kegiatan operasional perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pengujian Substantif dan Compliance Kas dan Setara Kas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel