Contoh Jurnal Penjualan Kredit Dengan Uang Muka dan PPN

Konten [Tampil]

Contoh jurnal penjualan kredit dengan uang muka dan ppn menjadi pertimbangan bagi akuntan perusahaan untuk melaporkan pajak pertambahan nilai. Uang muka pembelian dan uang muka penjualan dianggap sebagai tanda kontrak kerjasama disetujui untuk pengerjaan sebuah kontrak jangka panjang.

Contoh soal penjualan kredit menggunakan metode cicilan akan dilakukan ketika entitas menyetujui untuk mengeluarkan kebijakan kredit ke pelanggan. Jurnal uang muka pembelian dan penjualan dengan ppn harus dilakukan karena batas pengakuan pajak pertambahan nilai pada saat uang diterima perusahaan.

Soal dan jawaban uang muka pembelian menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah dalam melaporkan kebijakan akuntansi perusahaan. Penjualan kredit adalah jualbeli dimana barang diserahkan terlebih dahulu kemudian akan diterima pembayarannya.

Contoh Jurnal Penjualan Kredit Dengan Uang Muka dan PPN


Contoh Soal Penjualan Kredit dengan Uang Muka dan PPN

Contoh soal penjualan kredit dengan uang muka dan ppn harus dilakukan perjurnalan untuk mengingat transaksi dimasa lalu. Prinsip matching revenue again cost berlaku dalam menghitung laba rugi komprehensif. Kredit berarti penambahan modal dan Debit berarti pengurangan modal perusahaan.

Soal dan jawaban penjualan kredit akuntansi keuangan lanjutan menjadi permasalahan ketika entitas memungut pajak pertambahan nilai. Uang muka pembelian dan uang muka penjualan menjadi dasar waktu dipungut dan dilaporkan alokasi pertambahan nilai perusahaan. PPn singkatan dari pajak pertambahan nilai.

Contoh soal dan jawaban penjualan kredit dengan uang muka dan ppn dilaporkan pada masa yang sama dengan diterimanya DP (down payment) kontrak kerja perusahaan. PT Kakraffi menerima pesanan dengan total penjualan Rp 4.900.000 sebelum PPn dan harus dibayarkan down payment apabila ingin cepat dilakukan produksi sebesar 35%.

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Jurnal Uang Muka Pembelian dan Penjualan Termasuk PPN

Jurnal uang muka pembelian dan penjualan termasuk ppn harus dilaporkan pada laporan posisi keuangan dalam kategori aktiva lancar perusahaan. Uang muka berarti pihak ketiga memiliki tanggungjawaban untuk memenuhi pesanan dalam batas waktu yang telah ditentukan sesuai kontrak kerjasama.

Jurnal uang muka dan pelunasan akan mempengaruhi jumlah pajak pertambahan nilai yang telah dipungut atas barang dan jasa kena pajak. Soal penjualan kredit dengan DP diberikan agar staff accounting dapat mempelajari pemberian diskon dan pelaksanaan kerjasama yang ditentukan.

Jurnal uang muka penjualan dan pajak pertambahan nilai akan dilaporkan sebagai aktiva perusahaan. Uang muka pembelian dalam laporan posisi keuangan diakui sebagai liabilitas jangka pendek karena entitas harus memenuhi pesanan sesuai kontrak yang diterbitkan. Adapun jurnal uang muka penjualan adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/02/2021Kas Rp 1.886.500
Uang Muka Pembelian Rp 1.715.000
PPN Rp 171.500

Baca Juga: Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Jurnal Pengembalian Uang Muka Pembelian dan Penjualan

Jurnal pengembalian uang muka pembelian dan penjualan akan terjadi ketika entitas tidak berhasil menyelesaikan masalah produksi atas kerjasama yang diterbitkan. Pengertian uang muka penjualan adalah kekayaan yang diberikan dalam rangka melaksakan kegiatan produksi sesuai kontrak kerjasamanya.

Jurnal pengembalian uang muka akan melibatkan pengembalian pajak pertambahan nilai (PPN) kepada pihak ketiga. Lawan transaksi harus membuat nota retur yang diambil dari aplikasi e-faktur dan diserahkan kepada perusahaan agar diakui pengembalian PPN sesuai peraturan perpajakan.

Jurnal pengembalian uang muka terjadi ketika PT Kakraffi tidak berhasil menyelesaikan kerjasama pembuatan produk dan dimintakan retur sebesar 10% dari uang muka pembelian yang telah dibayar. Berdasarkan contoh soal penjualan kredit maka jurnal nota retur adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
21/03/2021Uang Muka Pembelian Rp 171.500
PPN Rp 17.150
Kas Rp 188.650

Baca Juga: Bedanya Saldo Menurun dan Saldo Menurun Berganda dalam Penyusutan

Demikian contoh jurnal penjualan kredit dengan uang muka dan ppn semoga dapat membantu akuntan dalam mengerjakan akuntansi keuangan menengah dan pengauditan berbasis komputer. Uang muka penjualan termasuk liabilitas yang dilaporkan perusahaan setiap bulannya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Jurnal Penjualan Kredit Dengan Uang Muka dan PPN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel