Contoh Soal Penjualan Wesel Bayar dan Tagih Sebelum Jatuh Tempo

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan wesel bayar dan tagih sebelum tanggal jatuh tempo disebut transaksi pendiskontoan piutang wesel. Diskonto piutang wesel adalah transaksi dimana pemilik wesel akan menerima pembayaran lebih kecil daripada nilai wesel pada akhir jatuh tempo pembayaran sehingga mengakibatkan berkurangnya pendapatan bunga.

Contoh soal wesel berbunga dan wesel tanpa bunga pada dasarnya dapat dipindahtangankan kepada perusahaan lainnya. Perusahaan yang mengalihkan piutang wesel adalah perbankan. Pihak bank akan menerima pelunasan wesel sebesar nilai pada saat tanggal jatuh tempo wesel tersebut.

Penyelesaian transaksi piutang wesel dilakukan dengan menerima pembayaran atau dialihkan ke bentuk aktiva lainnya. Contoh soal wesel tidak diterbitkan pada nilai nominal disebut wesel tanpa bunga. Penerimaan kas lebih cepat daripada tanggal jatuh tempo wesel akan mengurangi jumlah pendapatan bunga.

Contoh Soal Penjualan Wesel Bayar dan Tagih Sebelum Jatuh Tempo


Pengertian Diskonto Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Pengertian diskonto wesel tagih dan wesel bayar adalah tindakan perusahaan dalam rangka memperoleh aliran kas sekarang dari aktiva yang dimilikinya. Penjualan piutang wesel sebelum tanggal jatuh tempo mengakibatkan perubahan terhadap pendapatan bunga yang diterima oleh perusahaan.

Penjualan wesel sebelum tanggal jatuh tempo mengakibatkan penerimaan kas yang lebih kecil daripada kas pada akhir periode. Harga jual wesel lebih rendah daripada pendapatan bunga yang akan diterima terjadi karena perusahaan akan memperoleh kas lebih cepat daripada menunggu sampai jatuh tempo.

Pengertian diskonto wesel bayar dan wesel tagih dilaksanakan dalam rangka memperoleh kas lebih cepat. Pemegang wesel akan menjual kepada lembaga keuangan seperti bank atau lembaga keuangan lainnya sesuai otoritas jasa keuangan. Selanjutnya, pembayaran piutang wesel akan berhubungan dengan perbankan tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Pilihan Ganda Tentang Piutang Wesel

Contoh Soal Wesel Tidak Diterbitkan Pada Nilai Nominal

Contoh soal wesel tidak diterbitkan pada nilai nominal akan menyakinkan perusahaan tentang pendapatan bunga pada akhir periode. Pengertian wesel menurut para ahli adalah surat yang berisi informasi tentang waktu pelunasan hutang piutang antara perusahaan yang dikenakan bunga berjalan.

Contoh soal dan jawaban wesel tidak diterbitkan pada nilai nominal berlangsung ketika perusahaan memperoleh penjualan kredit dan perubahan piutang dagang menjadi piutang wesel. Wesel yang tidak mencantumkan nilai nominal pada akhir pembayaran disebut wesel tidak berbunga.

Contoh soal piutang wesel akuntansi keuangan menengah terjadi pada PT Kakraffi yang menerbitkan wesel senilai Rp 12.310.000 dengan bunga 9% selama 90hari. Buatlah jurnal pengakuan piutang wesel dan pengakuan pendapatan bunga pada akhir periode pertama.

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/07/2021Piutang Wesel Rp 1.231.000
Penjualan Rp 1.231.000
31/07/2021Piutang Bunga Wesel Rp 7.892
Pendapatan Bunga Rp 7.892
31/08/2021Piutang Bunga Wesel Rp 9.410
Pendapatan Bunga Rp 9.410

Baca Juga: Cara Menghitung Rekonsiliasi Bank dan Jurnalnya

Contoh Soal Pendiskontoan Piutang Wesel

Contoh soal pendiskontoan piutang wesel dapat terjadi pada wesel bayar dan wesel tagih. Wesel bayar adalah hutang perusahaan kepada supplier. Wesel tagih adalah piutang perusahaan dari pelanggan. Piutang wesel merupakan aktiva perusahaan yang dapat dipindahtangankan sebelum masa jatuh tempo.

Contoh soal dan jawaban pendiskontoan piutang wesel berlangsung dengan mempertimbangkan kemungkinan pendapatan bunga yang lebih kecil. Penentuan tanggal wesel jatuh tempo harus mengetahui jumlah hari yang dilalui perusahaan. Persentase bunga wesel lebih kecil daripada diskonto harus disetujui penjual.

Soal dan jawaban wesel bunga dan wesel tanpa bunga terjadi ketika PT Kakraffi menjual wesel yang dimilikinya sebelum tanggal jatuh tempo. Pada tanggal 1 agustus, PT Kakraffi menjual wesel dengan bunga diskonto sebesar 7%. Buatlah ayat jurnal transaksi wesel bayar dan wesel tagih tersebut.

Nilai Nominal Wesel Rp 1.231.000
Bunga Ketika Jatuh Tempo Rp 27.318
Nilai Wesel Pada Saat Jatuh Tempo Rp 1.258.318
Bunga Diskonto Rp 15.445
Harga Jual Wesel Rp 1.242.874

Jurnal transaksi penjualan wesel bayar dan wesel tagih hanya akan mengakui pendapatan yang benar-benar terjadi di perusahaan. Perusahaan akan memperoleh keuntungan berupa pendapatan bunga. Penyerahan surat wesel kepada perbankan akan dibayarkan uang kas secara tunai. Adapun jurnal wesel bayar sebagai berikut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2021Kas Rp 1.242.874
Pendapatan Bunga Rp 11.874
Piutang Wesel Rp 1.231.000

Baca Juga: Contoh Laporan Biaya Produksi 2 Departemen

Demikian contoh soal penjualan wesel bayar dan tagih sebelum tanggal jatuh tempo semoga perusahaan segera memperoleh kas. Penyelesaian piutang wesel dapat dilakukan secara pelunasan wesel atau penjualan piutang wesel kepada pihak lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Penjualan Wesel Bayar dan Tagih Sebelum Jatuh Tempo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel