Langkah-Langkah Membuat Supplier Card dan Customer Card pada Myob Accounting

Konten [Tampil]

Langkah-langkah membuat supplier card dan customer card pada myob accounting berguna sebagai dasar pembuatan saldo hutang piutang yang dilaporan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Menu yang digunakan untuk membuat saldo awal pemasok dan pelanggan adalah customer balance.

Cara membuat daftar nama pemasok dan pelanggan pada program myob harus dibuat setelah proses memasukan saldo awal neraca. Saldo piutang dan hutang pada neraca harus sesuai dengan total saldo piutang yang dimiliki masing-masing pelanggan. Pelanggan adalah pihak yang membeli barang dagangan.

Dalam myob accounting, langkah-langkah untuk membuat supplier card dan customer card menjadi pedoman dalam mengirimkan tagihan dan faktur pajaknya. Fitur untuk memasukan nama pelanggan adalah list dan card. Buku besar pembantu piutang dan hutang perusahaan berguna membuat schedule pembayaran.

Langkah-Langkah Membuat Supplier Card dan Customer Card pada Myob Accounting


Perbedaan Supplier Card dan Customer Card

Bedanya supplier card, customer card dan individual card berperan sebagai alat untuk mencatat lawan transaksi yang bekerjasama dengan perusahaan. Supplier card adalah kartu nama pemasok yang terdiri dari nama pelanggan, alamat pelanggan, nomor telepon dan nomor seri faktur pajak yang diberikan.

Customer card disebut kartu pelanggan yang berguna sebagai dasar pengenaan pajak pertambahan nilai. Pelanggan adalah pihak yang bekerjasama dalam jualbeli barang hasil produksi atau distributor. Kebijakan penjualan kredit berakibat terjadi bertambahnya piutang pelanggan yang belum dibayar.

Supplier card disebut kartu pemasok yang berguna sebagai rincian tempat pembelian bahan baku atas produk yang diciptakan perusahaan. Fitur untuk memasukan nama pelanggan adalah list dan card. Pemasok yang memberikan kebijakan penjualan kredit akan menghasilkan hutang jangka pendek.

Baca Juga: Cara Remote Database Myob di Jaringan lokal LAN

Cara Menginput Daftar Nama Pemasok (Supplier Card)

Cara menginput daftar nama pemasok atau supplier card dapat dilakukan sebelum perusahaan melakukan transaksi penjualan atau pembelian bahan baku. Supplier card sebagai media kontrol atas hutang pembelian bahan baku yang belum dibayarkan perusahaan sampai tanggal jatuh tempo.

Cara membuat daftar supplier card berguna melaporkan rincian hutang perusahaan kepada pihak ketiga yang belum dibayarkan sampai akhir periode. Kebijakan pembayaran angsuran antar pemasok dapat memberikan termin pembayaran yang berbeda seperti 2/10 n/30, 3/10 n/30 dan 2/15 n/30.

Langkah-langkah membuat daftar nama pemasok atau supplier card harus segera dilakukan setelah proses memasukkan neraca saldo awal. Pengertian pemasok barang dagang adalah pihak yang membantu menyediakan bahan baku proses produksi. Adapun cara input supplier card adalah:

  • Pada Modul Myob, Pilih Card.
  • Pilih New.
  • Isikah Card Type dengan Supplier.
  • Masukan informasi pemasok seperti nama pelanggan, alamat, nomor telepon dan nomor seri faktur pajak yang digunakan.
  • Klik Ok untuk menyimpan data pemasok.

Baca Juga: Langkah-Langkah Input Pembelian di Myob

Cara Menginput Daftar Nama Pelanggan (Customer Card)

Cara menginput daftar nama pelanggan disebut customer card. Kartu pelanggan akan memberikan informasi tentang tagihan yang belum dibayarkan tetapi sudah jatuh tempo. Menu yang dipakai untuk membuat customer card adalah list dan pilih new. Memasukan nama pelanggan memerlukan informasi faktur pajaknya.

Cara membuat customer card pada program myob accounting berperan memberikan rincian tentang hutang yang tidak dapat dibayarkan. Beban yang dapat dijadikan kredit pajak akan mengurangi jumlah penghasilan kena pajak yang dilaporkan sebagai surat pemberitahun perpajakan tahunan badan.

Langkah-langkah membuat daftar nama pelanggan pada program myob accounting versi terbaru memiliki perbedaan terutama informasi yang diberikan. Faktur pajak masukan harus dicantumkan agar dapat dijadikan kredit pajak pada masa pembuatannya. Adapun cara input saldo awal hutang dagang adalah:

  • Pada Modul Myob, Pilih Card.
  • Pilih New.
  • Isikah Card Type dengan Customer.
  • Masukan informasi pelanggan seperti nama pelanggan, alamat, nomor telepon dan nomor seri faktur pajak yang digunakan.
  • Klik Ok untuk menyimpan data pelanggan.

Baca Juga: Langkah-Langkah Input Penjualan di Myob

Demikian langkah-langkah membuat supplier card dan customer card pada myob accounting berperan sebagai informasi tambahan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Contoh software akuntansi diantaranya myob accouting, accurate, efaktur, zahir accounting bahkan spt pajak masa dan tahunan.

Belum ada Komentar untuk "Langkah-Langkah Membuat Supplier Card dan Customer Card pada Myob Accounting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel